perbedaan kata will dan be going to

Kata Will dan Be Going to seringkali membingungkan banyak orang. Kedua kata ini memiliki arti yang hampir sama. Penggunaan auxiliary ini untuk menjelaskan subjek. Ada perbedaan kata will dan be going to yang bisa kamu pahami. Bila kamu sudah paham, maka kamu akan mudah menerapkan kedua kata tersebut untuk menulis suatu kalimat dengan benar.

WILL vs. BE GOING TO

a. Pengertian Will

Will adalah sebuah modal auxiliary verb yang sering digunakan untuk memberikan makna di dalam kalimat Present Future Tense. Kamu pasti pernah mendengar apa itu modal auxiliary. Modal ini disebut sebagai kata kerja bantu untuk membantu kata kerja.

Contoh:

Kalimat pertama: I eat a pear

Kalimat kedua: I will eat a pear.

Kamu pasti bisa melihat perbedaan kedua kalimat tersebut. Kalimat pertama adalah Saya makan buah pir (bisa dilakukan setiap hari secara teratur). Kalimat kedua berarti Saya akan makan buah pir (yang berarti akan dimakan di kemudian hari). Pemakaian modal Will ini untuk memberikan makna tentang suatu hal yang akan dilakukan nanti atau dimasa mendatang di dalam kalimat berbentuk Present Future Tense.

Will ini memiliki arti “Akan”. Bisa dibilang will ini untuk menyatakan suatu prediksi yang bisa jadi terjadi di masa yang akan datang. Ini juga digunakan untuk menyatakan aksi sukarela tanpa adanya rencana.

Contoh Kalimat

  • I will help that girl to bring her stuff

Saya akan membantu gadis itu untuk membawa barang – barangnya.

  • We will solve this problem together

Kita akan memecahkan masalah bersama – sama.

  • My aunt will make a birthday cake for me

Bibiku akan membuat kue ulang tahun untukku.

b. Pengertian Be Going To

Setelah paham tentang Will, saatnya tahu perbedaan kata will dan be going to. Ini termasuk auxiliary verb atau kata kerja bantu. Untuk bentuk simple future, kalian bisa memakai kata be di dalam bentuk present seperti Is, Am, dan Are sesuai dengan bentuk subjeknya. Banyak yang kebingungan dengan modal ini karena mengira bahwa ini sama dengan Present Continuous. Polanya sedikit mirip tetapi sebenarnya cukup berbeda.

Continuous: I am going to Bali

Be Going To: I am going to learn English here

Kalimat continuous berarti bahwa Aku sedang pergi ke Bali. Kalimat kedua menyatakan bahwa Saya akan melakukan hal disana yaitu belajar Bahasa Inggris. Be Going To ini sebenarnya sama dengan will. Modal ini dipakai untuk menyatakan prediksi peristiwa di masa depan. Tetapi, be going to berfungsi untuk menyatakan rencana ataupun ide di masa depan. Be going to adalah akan tapi bisa dibilang sudah pasti.

Contoh Kalimat:

  • They are going to take a bath in the sea together at 1.00 pm.

Mereka akan mandi di laut bersama pukul 1 siang

  • I am going to eat all these foods on the table.

Saya akan makan semua makanan diatas meja ini

  • She is going to be successful because she works hard.

Dia akan sukses karena dia bekerja keras

c. Perbedaan Will dan Be Going To

Setelah kamu paham mengenai will dan be going to, saatnya kamu mencari perbedaan will dan going to. Kamu bisa membedakannya dengan deskripsi berikut ini.

Situasi 1: Seekor anjir sedang tidur. Kemudian, ada anak dan ibu melintas dan melihatnya. Si anak mencoba mengelus anjing itu. Kemudian, si ibu bilang dan memperingatkan anaknya. Dia berkata “Don’t touch that sleeping dog. It will bite you”. Jangan menyentuh anjing yang sedang tidur itu. Dia akan menggigitmu.

Situasi 2: Tetapi, si anak terlanjur mengelus dan menyentuh anjing itu. Si anjing merasa terganggu dan terlihat marah. Kemudian, si ibu panik dan memperingatkan anaknya. “Look out! It is going to bite you”. Lihatlah, dia akan menggigitmu.

Perbedaannya di situasi pertama It will bite you hanyalah sebagai pendapat atau perkiraan saja dan bisa terjadi dan tidak. Sedangkan kata It is going to bite you adalah si ibu sangat yakin anjing itu akan menggigit si anak.

Nah itulah perbedaan kata Will dan Be Going To yang harus kamu ketahui. Harus sering-sering praktik ya LC’ers agar semakin memahami perbedaan keduanya. Selamat belajar, semoga bermanfaat !!!

Kamu bisa juga mendapatkan penjelasan perbedaan kata Will dan Be Going To melalui video TEATU dibawah ini:

(Baca juga: Perbedaan Defence dengan Defense Plus Contoh Kalimat)