perbedaan what can I do for you dan what can i do you for

Terdapat beberapa kata dan frasa dalam bahasa Inggris yang kadang membingungkan penggunaannya. Beberapa di antaranya lazim ditemui pada sebuah percakapan karena berkaitan dengan ekspresi yang lazim muncul pada percakapan sehari – hari. Kemiripan dua kalimat, dua frasa atau dua kata bisa menimbulkan kebingungan bagi kalian yang belum memahaminya. Kesalahan bisa saja terjadi jika kalian keliru dalam menggunakan kalimat, frasa atau kata yang membingungkan tersebut dalam sebuah kalimat tertulis atau pun lisan.

Salah satu frasa yang bisa jadi membingungkan dan perlu dipelajari adalah frasa what can i do for dengan what can i do you for; keduanya merupakan kalimat yang bersifat offering atau menawarkan sesuatu dengan cara yang sopan. Kesalahan memilih bisa menghasilkan kalimat yang ganjil ketika kalian tengah berusaha bersikap sopan pada seseorang saat menawarkan bantuan. Pemaparan singkat berikut ini akan membahas tentang perbedaan what can I do for you dan what can i do you for dan penggunaannya dalam kalimat yang baik dan benar.

Perbedaan What Can I Do For You dan What Can I Do You For

a. What can I do for you

Frasa what can i do for you merupakan frasa yang umum digunakan pada percakapan sehari – hari. Frasa tersebut dapat menjadi bagian dari kalimat menawarkan bantuan dengan fungsi serupa dengan howa may i help you. Ekspresi tersebut merupakan sebuah ungkapan yang sopan dan bisa ditujukan pada lawan bicara yang terlihat membutuhkan bantuan.

Contoh :

“You look so busy with your work; what can i do for you? I probably can help a little.”

Artinya; Kamu terlihat sangat sibuk dengan pekerjaanmu; apa yang bisa saya bantu? Saya mungkin bisa sedikit membantu.

“I suppose you bag is very heavy; what can i do for you? I can help you to carry the bag.”

Artinya; Saya lihat tas milikmu sangat bera; apa yang bisa saya bantu? Saya bisa membantumu membawa tas.

Ekspresi what can i do for you merupakan sebuah ekspresi menawarkan bantuan pada seseorang dengan kesopanan. Bagian selanjutnya dalam mempelajari perbedaan what can I do for you dan what can i do you for adalah tentang frasa what can i do you for. Keduanya sangat mirip; tetapi ternyata makna dan penggunaannya sangat berbeda.

b. What can I do you for

Kedua frasa atau ekspresi yang kalian pelajari kali ini terlihat serupa; tetapi ternyata sangat berbeda. Jika ekspresi what can i do for you merupakan ekspresi untuk menawarkan bantuan; what can i do you for merupakan sebuah idiom yang lebih umum digunakan dalam percakapan informal. Idiom tersebut umumnya digunakan pada percakapan antara pihak – pihak yang telah akrab.

Kedua ekspresi yang dipelajari kali ini sama – sama menggunakan kata kerja atau verb dalam bentuk to do. To do memiliki kesamaan makna dengan to perform atau to carry out yang dapat dimaknai dalam bahasa Indonesia sebagai melakukan sesuatu.

Contoh :

“You should know what to do to solve that kind of problem.”

Artinya; Kamu seharusnya tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tetapi pada frasa ekspresi what can i do you for; kata kerja do memiliki makna dengan sifat yang negatif. Idiom what can i do you for merupakan sebuah permainan kata yang merupakan sebuah bentuk candaan. Verb to do dalam idiom tersebut memiliki makna to trick atau mengerjai seseorang. Ekspresi tersebut cukup umum digunakan dalam percakapan informal British English dan tercatat pula muncul pada buku Slang American Style.

Setelah membaca pemaparan mengenai perbedaan what can I do for you dan what can i do you for di atas; kalian seharusnya telah dapat memahami makna kedua ekspresi dan tahu kapan bisa menggunakannya. Ekspresi what can i do for you merupakan ekspresi kesopanan yang digunakan untuk menawarkan bantuan. Sedangkan ekspresi what can i do you for merupakan sebuah idiom dalam percakapan informal atau slang yang merupakan bentuk candaan. Semoga bermanfaat !!!

Baca juga: Cara Praktis Memperkaya Perbendaharaan Vocabulary Bahasa Inggris.