WH question

WH Question adalah pertanyaan untuk meminta informasi. informasi yang diminta bisa berupa tempat, nama orang, benda atau cara dan pastinya selalu diakhiri dengan tanda tanya. Tapi disini kita tidak akan membahas tentang penggunaan WH question ya guys, melainkan mendiskusikan WH question yang sangat membantu dalam percakapan Bahasa Inggris.

Eits, emang bisa gitu ya?? Bisa Banget. Tapi sebelum itu, kita harus tau dulu, apa aja sih WH Question itu?? Inilah contoh-contoh WH Question, Who (siapa) What (apa) Where (dimana) When (Kapan) Why (kenapa) Which ( yang mana) Whose ( milik siapa) How ( Bagaimana).

Terus apa dong hubungannya WH Question dengan speaking?? Terkadang kendala utama saat belajar speaking, kita bingung apa yang harus kita bicarakan, temanya apa, setelah dapat tema, apa aja yang harus dibicarakan, belum lagi kadang yang kita bicarakan muter-muter nggak jelas, yang sudah kita bicarakan, bakal disebut-sebut lagi. Akhirnya ini yang akan membuat speaking kita kelihatan hancur. Selain tidak sistematis, didengar pun tidak enak.

Oke well, disini kita akan membahas bagaimana caranya mengaplikasikan WH Question dalam speaking. Kita mengambil tema nwespaper. Untuk pemula kadang bingung, apa dulu yang harus dijelaskan. So, untuk mempermudah tema kita munculkan WH Question, What jika kita bertanya What is newspaper? Berarti kita akan membahas pengertian Newspaper itu sendiri. Kemudian dimunculkan lagi When, saat kita bertanya kapan? Kita bisa menjelaskan tentang kapan waktu yang tepat saat untuk membaca koran.

Hold on teman-teman, masih fokus dengan memunculkan WH question dulu ya, baru kita kita akan menyusun kalimatnya. Setelah itu kita juga bisa menggunakan Who berarti siapa biasanya yang suka membaca koran. Kemudian gunakan why, disini kita bisa menjelaskan manfaat-manfaat membaca koran, dan yang terakhir kita bisa menggunakan How, bagaimana cara dapetin koran itu sendiri.

Tema sudah kita dapatkan, yaitu koran. Bagian-bagian yang akan kita jelaskan juga sudah kita susun, setelah itu, kita tinggal mengembangkannya menjadi sebuah kalimat-kalimat yang tersusun.

  1. What is news paper? News paper publication consisting of a number of large sheet of folded paper, on which news, advertisement, and other information is printed. – dictionary.com
  2. When is the perfect time to read news paper? In the morning with a cup of coffee
  3. Who is reading newspaper in your family? My father
  4. Why is he reading newspaper? To enlarge our knowledge
  5. How’s your father to get newspaper?? The seller of newspaper comes to my home

Nah, itu adalah contoh WH Question yang kita aplikasikan dalam sebuah pertanyaan yang sekaligus dengan jawaban singkat. Jika kita sudah punya point-point seperti ini, akan mempermudah untuk membicarakan tema tentang newspaper. Okey, sekarang kita coba jabarkan lagi sehingga menjadi pembahasan yang sempurna.

Well here, I want to talk about newspaper. Anybody knows, what is newspaper?? News paper is publication consisting of a number of large sheet of folded paper, on which news, advertisement, and other information is printed. I am sure that you ever looked someone who rally like reading newspaper. (who) my father is one of people who like reading. (why) my father told me that reading newspaper can enlarge my knowledge, we can get the update news. (when) for him the perfect time to raed newspaper is in the morning before going to work while drinking a cup of coffee.. (How) Every morning the seller of newspaper comes to my home and….

Bisa diteruskan sendiri ya guys kalimatnya. Jadi dengan penggunaan WH Question akan mempermudah kita saat berbicara Bahasa Inggris, tidak hanya saat presentasi, tapi juga saat ngobrol dengan seseorang, jika kalian kebingungan apa yang harus diobrolkan dengan orang baru, munculka WH Question, contohnya What is your name? where are you from? Why do you study in this place? Dan seterusnya. Ini sangat membantu agar kita tidak perlu malu-malu untuk memulai berbicara bahasa Inggris. Dengan hal yang simpel kita akan terpacu untuk memulai praktek Bahasa Inggris. So tunggu apa lagi?? 🙂

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Tips Presentasi yang Baik Menggunakan Bahasa Inggris.