vocab tentang pernikahan

Belajar bahasa Inggris sepertinya terlihat sulit karena kamu harus belajar tentang semuanya. Terlebih lagi ada banyak sekali vocabulary atau kosa kata dalam bahasa Inggris yang harus kamu ketahui. Salah satu tema vocabulary adalah vocab tentang pernikahan. Dalam bahasa Inggris, mungkin kamu hanya mengenal wedding atau marriage saja. Tetapi sebenarnya ada beberapa kata lainnya yang berhubungan dengan pernikahan.

a. Married

Vocab tentang pernikahan lainnya adalah married. Married merupakan kata sifat ( adjective ) yang menerangkan sebuah kata benda ( noun ). Contohnya : married couple atau married person. Married ini berasal dari kata marry ( verb ) yang berarti menikah. Kamu bisa memakai marry sebagai V1 dan married V2 dalam suatu kalimat bahasa Inggris.

Contoh :

  1. I will get married soon

( Saya akan menikah segera )

  1. I am married

( Sayu sudah menikah )

b. Marriage

Kosa kata bahasa Inggris yang pertama ini sangat familiar ditemukan dalam suatu acara pernikahan. Marriage ini berbeda dengan wedding. Bila dalam bahasa Inggris, marriage ini didefinisikan dengan the state of being married. Tetapi, lebih sederhananya dalam bahasa Indonesia, marriage ini berarti kehidupan pernikahan. Kehidupan setelah pernikahan inilah yang dinamakan marriage.

Contoh :

  1. They have a happy marriage

( Mereka mempunyai kehidupan pernikahan yang bahagia )

  1. The couple divorce because they have an unhappy marriage

( Pasangan tersebut bercerai karena mereka memiliki kehidupan pernikahan yang tak bahagia )

c. Wedding

Sementara itu, ada kosa kata lain dalam suatu pernikahan yaitu wedding. Wedding dan marriage merupakan dua kosa kata yang berbeda arti. Wedding adalah ritual officially celebrating the beginning of marriage atau upacara pernikahan yang berlangsung meliputi ijab kobul, resepsi, dan kegiatan pernikahan lainnya. Wedding ini merupakan kata benda (noun) sama seperti dengan marriage.

Contoh :

  1. A wedding is very sacred

( Prosesi pernikahan tersebut sangat sakral )

  1. When does your wedding hold ?

( Kapan pernikahanmu diselenggarakan ? )

d. Bride and Groom

Ada kosa kata lainnya mengenai pernikahan yaitu bride dan groom. Pengantin wanita disebut dengan bride dan pengantin pria disebut groom.

Contoh :

It makes me envy so much. The bride and groom are so enchanting

( Pernikahan ini membuatku iri. Pengantin wanita dan pengantin pria sangat mengagumkan )

e. Engaged

Sebelum pernikahan berlangsung, biasanya orang – orang akan melakukan pertunangan. Tunangan ini dilakukan untuk mengikat janji untuk menikah. Bila kamu sudah bertunangan dengan pasanganmu,maka kamu bisa bilang I’m engaged yang artinya saya sudah bertunangan. Setelah kamu melakukan tunangan, biasanya kamu akan memakai cincin tunangan di jari manismu.

Contoh :

I’m engaged. He gave me a beautiful ring in the engagement party.

( Saya sudah bertunangan. Dia memberiku sebuah cincin indah di pesta pertunangan itu )

f. Divorce

Setelah kamu menikah, pastinya kehidupan rumah tangga ada yang berjalan baik dan tak harmonis. Ketika kamu sudah melakukan banyak usaha dan mencari solusi tetapi tak ada jalan keluar. Perceraian menjadi solusi terbaik untuk kedua belah pihak. Divorce merupakan kata kerja dan kata benda sekaligus tergantung penggunaan dalam suatu kalimat. Divorce ( kata benda ) berarti perceraian sedangkan divorce ( kata kerja ) berarti bercerai.

Contoh :

  1. My divorce was decided legally last year

( Perceraianku diputuskan secara legal tahun lalu )

  1. I will divorce with my husband

( Saya akan bercerai dengan suamiku )

Itulah tadi beberapa vocab tentang pernikahan dalam bahasa Inggris yang bisa kamu ketahui. Semoga bisa memperkaya vocabulary yang kalian miliki ya guys.

Materi lain yang bisa juga kamu pelajari adalah Penjelasan Tentang Bucket List.