talk about worry

Dalam bercakap-cakap menggunakan Bahasa Inggris, tentu diperlukan penguasaan kosakata yang bagus agar apa yang ingin diucapkan bisa disampaikan dengan baik sehingga pendengar pun nantinya akan dapat menarik kesimpulan makna yang sama. Satu hal yang mungkin bisa dibilang cukup sulit untuk dilakukan dalam percakapan sehari-hari atau dalam menulis adalah bagaimana caranya mengungkapkan kehawatiran, atau dalam istilah Bahasa Inggrisnya juga sering dikenal dengan istilah talk about worry. Berikut adalah beberapa ungkapan yang dapat kamu gunakan.

Talk about worry

a. Ungkapan secara langsung

Tanpa basa-basi, kamu bisa saja langsung menyatakan kalimat seperti, I’m afraid that you might get trouble from your new friend. He seems dangerous. (Aku khawatir jika kamu mungkin mendapat masalah dari teman barumu. Dia terlihat berbahaya). Kata afraid memang sebenarnya berarti takut. Namun, kata ini juga dapat diartikan sebgaai perasaan yang teramat takut sehingga menimbulkan rasa khawatir. Oleh karena itu, ungkapanI’m afraid …’ dapat digunakan untuk memunjukkan kekhawatiran. Selain itu, ungkapan ‘I’m worry about …’ juga dapat digunakan sebagai pilihan lain untuk menyampaikan kekhawatiran.

b. Ungkapan secara tidak langsung

Yang dimaksud dengan ungkapan secara tidak langsung di sini adalah penggunaan perumpaan seperti dalam Bahasa Indonesia. Misalnya, untuk mengatakan bahwa seseorang dapat mengontrol emosi dalam situasi apapun, dapat digunakan ungkapan ‘kepala dingin’. Dalam Bahasa Inggris, juga terdapat beberapa ungkapan yang dapat menggambarkan kekhawatiran meski tidak secara langsung. Beberapa contohnya adalah:

  1. I dread to think/ I dread to think about ….

Ungkapan ini digunakan ketika kamu ingin mengungkapkan bahwa kamu khawatir akan situasi tertentu.

  1. If anything happens to someone

Ungkapan ini digunakan ketika kamu ingin mengungkapkan bahwa kamu tidak ingin secara langsung membicarakan tentang situasi yang bisa dibilang buruk, yang mungkin akan terjadi.

  1. What has become of …/ What will become of …

Ungkapan ini digunakan ketika kamu ingin bertanya mengenai apa yang telah terjadi pada seseorang atau pada hal tertentu karena kamu sudah lama tidak mendengar kabar tentang orang atau hal tersebut. Sementara itu, ungkapan satunya dapat kamu gunakan apabila kamu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi kepada seseorang atau kepada hal tertentu.

  1. Someone’s (worst) fears were realized

Ungkapan ini digunakan ketika apa yang kamu atau orang lain khawatirkan telah benar-benar terjadi.

  1. I’d hate (for) someone/ something to do something

Ungkapan ini digunakan ketika kamu ingin mengungkapkan bahwa kamu sedang khawatir akan terjadinya sebuah situasi atau akan dilakukannya sebuah aksi dari seseorang yang mana akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

  1. Someone’s heart sinks

Ungkapan ini digunakan ketika kamu mengetahui kekhawatiran orang lain dan ingin mewakilkan dirinya untuk mengungkapkan kekhawatiran tersebut. Namun tidak hanya perasaan khawatir, ungkapan ini juga bisa digunakan untuk perasaan semacam kemarahan atau bahkan kekecewaan.

  1. You had me worried

Ungkapan ini digunakan ketika kamu merasa bahwa sebelumnya kamu merasa khawatir karena perbuatan atau perkataan orang lain. Namun, kini kamu tidak merasa khawatir lagi.

  1. Heaven help us

Ungkapan ini bermakna hampir seperti doa, karena ungkapan ini berarti bahwa kamu berharap agar sesuatu yang buruk tidak akan terjadi.

  1. My knees knock

Ungkapan ini digunakan ketika kamu ingin mengungkapkan bahwa kamu merasa khawatir, ketakutan, atau bahkan gugup.

Itulah beberapa ungkapan to talk about worry yang bisa anda gunakan dalam berbagai macam situasi. Semoga bisa menambah pengetahuan seputar English untuk kamu semua ya guys. Semangat terus belajar bahasa inggrisnya.

Baca juga: Talk About Feeling and Emotions dalam Bahasa Inggris.