meningkatkan keterampilan speaking

Memahami bahasa Inggris bisa dilakukan dengan mempelajarinya dengan baik terutama menguasai empat skill yaitu speaking, listening, writing, dan reading. Skill speaking menjadi yang paling krusial karena untuk bercakap – cakap dan berkomunikasi. Seringkali banyak orang yang bingung bagaimana cara menguasai skill ini. Ada beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris seperti berikut.

Jangan Malu untuk Berbicara Bahasa Inggris

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah hindari rasa malu. Jangan pernah malu untuk memulai berbicara bahasa Inggris. Kalian jangan pernah merasa takut salah saat berbicara bahasa Inggris. Kesalahan yang terjadi malah akan membuat kalian lebih berani dan baik lagi untuk berbicara bahasa Inggris. Kalian harus melatih diri untuk meningkatkan kemampuan speaking. Latihan adalah langkah tepat untuk mengasah kemampuan kalian.

Jangan Merasa Kecewa dengan Diri Sendiri

Setelah kalian melawan rasa malu, maka langkah preventif selanjutnya adalah jangan merasa kecewa dengan diri sendiri. Ketika kalian melakukan berbagai kesalahan dalam speaking, maka kalian jangan tiba – tiba merasa kecewa pada diri kalian. Kalian tetap harus percaya diri dengan kemampuan yang kalian miliki walaupun kalian melakukan suatu kesalahan dalam speaking.

Kalian juga harus percaya terhadap apa yang kalian ucapkan dan pelajari sehingga kemampuan kalian akan meningkat pesat. Kalianlah yang mengendalikan dan mengucapkan apa yang hendak kalian utarakan dalam komunikasi sehari – hari. Kalau kalian kecewa berlarut – larut, maka kalian malah tidak bisa maju dan tidak melakukan perubahan sama sekali. Kalian harus berlatih keras untuk mengasah kemampuan kalian dan menunjukkan bahwa kalian bisa melakukan hal terbaik.

Menentukan Target Yang Realistis

Tahap selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris adalah jangan menyusahkan dan membebani diri sendiri. Di dalam tahapan belajar, kalian ini bukanlah seorang native speaker. Kalian jangan berambisi untuk menunjukkan pada orang – orang bahwa kalian bisa berbicara bahasa Inggris yang sangat wow dan fantastis.

Ini akan menjadi ambisi yang salah karena kalian tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik tetapi malah fokus terhadap usaha yang terlampau keras tanpa mengindahkan orang – orang yang diajak komunikasi apakah mereka mengerti atau tidak. Kalian jangan terlalu memaksakan diri bila kemampuan kalian baru sebatas level menengah.

Yang terpenting kalian berusaha untuk memakai kosa kata yang tepat dan menyusunnya di dalam kalimat agar menjadi kalimat yang baik dan benar. Kalian Cuma butuh bicara dengan sederhana dan kosa kata sederhana pula agar orang lain mengerti. Jangan terlalu memaksakan memakai kosa kata yang susah karena orang lain pastinya akan bingung dengan maksud kalian. Berbicaralah sealami mungkin agar tercipta komunikasi dua arah yang menyenangkan.

Jangan Membandingkan Diri dengan Seorang Native Speaker

Kalian bukan di kelas yang sama dengan seorang native speaker karena kalian berada di negara dimana bahasa Inggris menjadi bahasa asing. Hal ini berbeda dengan native speaker yang mana bahasa Inggris sudah mendarah daging sejak mereka lahir. Jadi, jangan sekali – kali membandingkan diri kalian dengan native speaker.

Kalian hanya perlu mencoba menghargai hasil dan jerih payah usaha kalian hingga mencapai level terbaik kalian. Hal ini berguna agar kalian tak merasa terbebani karena kalian membandingkan kemampuan dengan seorang native speaker yang jelas bukan tandingan kalian.

Tetap Rendah Hati dan Berusaha

Langkah selanjutnya adalah menghindari rasa sombong yang berlebihan karena kalian sudah mahir dan fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Kesombongan akan membawa petaka dalam setiap usaha dan langkah kalian. Kamu harus tetap rendah hati atas hasil dari usaha yang kalian lakukan. Selain itu, kalian harus tetap berusaha dan berlatih lagi untuk meningkatkan kemampuan speaking kalian agar jauh lebih baik dari hari ini dan kemarin. Kalian bisa berbagi ilmu dengan lingkungan sekitar saat kalian sudah mahir. Jangan lupa untuk tetap mencari ilmu pada orang yang jauh lebih mahir dibandingkan kalian. Ingat, diatas langit masih ada langit. Jadi, jangan sombong dan takabur.

Berbicara dengan Dirimu Sendiri dalam Bahasa Inggris

Langkah terakhir ini sepertinya sedikit nyeleneh. Kalian harus berlatih dengan diri kalian sendiri yaitu berlatih berbicara dengan bahasa Inggris. Cara ini terlihat unik karena akan membuat kalian seperti orang gila karena berbicara sendiri. Tetapi, sebenarnya cara ini akan membantu kalian untuk melafalkan pronunciation, stress, sentence intonation, dan bahkan vocabulary.

Dengan cara ini, kalian akan menjadi terbiasa untuk berbicara dengan bahasa Inggris. Kalian bisa memulai berbicara dengan diri sendiri dengan topik sederhana dan diaplikasikan sehari – hari. Kalian juga bisa memulainya di lingkungan keluarga, sekolah, dan komunitas bila kalian merasa sudah cukup mahir untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian.

Tips untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di atas jangan hanya kamu baca dan pahami ya tapi harus langsung di praktikkan juga. Keterampilan berbicara bahasa inggris pun bisa meningkat dengan signifikan. Semoga bermanfaat !!!

Baca juga: Common Mistakes in Speaking English.