tips sukses pidato bahasa inggris

Apakah Kamu sedang menyiapkan pidato bahasa Inggris untuk lomba atau kontes? Berpidato bahasa Inggris memang bukan hal yang terlalu sulit. Syarat utama dalam pidato bahasa Inggris sebenarnya adalah Kamu harus lancar berbahasa Inggris. Jika Kamu sudah cukup yakin mampu berbahasa Inggris dengan lancar, berikut ini adalah beberapa tips sukses pidato bahasa Inggris yang sebaiknya Kamu perhatikan.

Isi Pidato

  • Struktur dan Penataan Isi Pidato

Bagian pertama yang tidak boleh dilupakan adalah pembukaan yang menarik bagi audience. Bagian kedua adalah isi pidato dan bagian terakhir adalah kesimpulan. Cobalah untuk memungkinkan reaksi dari audience seperti ragu – ragu atau tertawa dalam pidato Kamu.

  • Materi / Bahan Pendukung
  • Judul: Jelas, tajam, dan tidak ambigu atau membingungkan
  • Menggunakan alat keperluan pidato atau alat bantu visual: Jika Kamu menggunakan alat bantu visual atau alat bantu pidato, pastikan Kamu menggunakannya dengan benar dan tidak terlihat gugup.
  • Tidak ada salahnya untuk menggunakan sedikit humor dalam pidato untuk menciptakan emosi juri dan penonton

Efektivitas Pidato

  • Pencapaian Tujuan

Dalam berpidato, Kamu harus mempunyai tujuan atau maksud yang dapat dikenali atau diidentifikasi oleh audience seperti untuk motivasi, mendidik, membujuk, atau menginspirasi

  • Minat Audience

Jangan pernah berpidato yang berisi hal – hal negative. Berpidatolah dengan isi atau muatan pisitif. Pasalnya tujuan utama dari pidato adalah untuk menghibur, menginspirasi, atau menyampaikan informasi pada penonton. Hindari membahas tentang topik yang berpotensi menyinggung beberapa penonton atau topik yang kontroversial

Nilai Pidato

Dalam pidato, logika, ide, dan pemikiran aslimu menjadi hal yang penting. Jangan ragu untuk membahas topik – topik tentang materi terkini yang baru dan segar dalam pidatomu. Hindari pembahasan materi kuno yang sudah banyak diketahui publik.

Cara Penyampaian Pidato

  • Penampilan

Selain memperhatikan isi, penampilanmu juga menjadi faktor penting yang akan dipertimbangkan. Pastikan Kamu berpidato dengan penampilan fisik yang rapi mulai dari rambut sampai kaki.

  • Gestur

Pada saat berpidato, gesture atau bahasa tubuh juga perlu diperhatikan. Pastikan gerakan tubuh tertata rapi. Hindari berkeliling di sekitar panggung. Gestur tubuh sebaiknya disesuaikan dengan kalimat – kalimat pidato.

  • Vokal

Suara Kamu harus fleksibel pada saat pidato dengan bergerak dari nada satu ke nada lain supaya penonton memiliki reaksi positif dan terbawa dengan pidatomu. Selain itu, gunakan berbagai level volume suara untuk memberikan tekanan terhadap beberapa bagian pidato. Namun yang paling penting adalah suaramu harus selalu jelas bagi para audience agar isi pidatomu dapat dipahami dengan jelas.

Intinya Kamu harus professional dan percaya diri. Saat Kamu berbicara langsung di hadapan penonton, Kamu harus mengetahui isi pidato secara keseluruhan yaitu terus bicara walaupun ada bagian – bagian yang terlewat. Jangan sampai audience tahu bahwa ada bagian yang terlupa dari isi pidato. Intinya Kamu harus selalu terlihat percaya diri dan antusias.

Bahasa Pidato

Dalam pidato, akurasi bahasa sangatlah penting. Periksa isi pidatomu sebelum mengubah kata ganti dari orang ketiga ke orang pertama. Hal ini dapat mengurangi nilai bahasa dalam pidatomu. Perhatikan pula struktur bahasa yang baik. Jika ada kata – kata yang sulit, jangan memaksakan diri untuk mengucapkannya. Kamu cukup mengganti kata tersebut dengan kata padanan yang memiliki arti sama. Contohnya kata murderous dapat diganti dengan danger.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dari segi bahasa adalah pemilihan kata. Pilihlah kata – kata atau kalimat yang dapat dipahami oleh penonton dengan mudah. Walaupun demikian, Kamu harus tetap menggunakan kaidah pemilihan kata yang tepat. Hindari penggunaan kata yang tidak pas misalnya penggunaan bahasa non formal.

Latihan Sebelum Pidato

Salah satu tips sukses pidato bahasa Inggris adalah banyak berlatih. Ketika Kamu sudah menyiapkan materi dengan matang, cobalah untuk berlatih di hadapan cermin atau teman-temanmu. Semakin banyak Kamu berlatih, maka Kamu akan semakin lancar dan meminimalisir kemungkinan adanya bagian yang terlewat saat pidato.

Percaya Diri

Modal utama yang sangat penting untuk Kamu siapkan untuk pidato adalah Kamu harus percaya diri. Yakin dan percayalah pada dirimu sendiri bahwa Kamu mampu pidato bahasa Inggris. Ini sangat penting untuk menghindari rasa canggung, pesimis, atau malu. Seseorang yang tidak percaya diri biasanya akan memperlihatkan penampilan yang kurang maksimal. Saat Kamu sudah percaya diri, ini berarti Kamu sudah yakin pada dirimu bahwa Kamu dapat mengandalkan kemampuanmu.

Menguasai Materi

Jangan sampai Kamu berpidato tanpa memahami isi yang disampaikan. Ketidaktahuan mu akan berpengaruh terhadap gesture atau mimic yang muncul. Untuk itu, Kamu harus mempelajari isi pidato dengan baik. Dengan memahami isinya, Kamu tidak akan salah dalam menunjukkan ekspresi.

Itulah beberapa tips sukses pidato bahasa Inggris yang bisa kami berikan. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan presentasi bahasa inggris yuk baca tipsnya DI SINI. Semoga cara di atas dapat membantu !!!