belajar bahasa inggris untuk pemula

Siapa sih yang tidak ingin mahir bahasa inggris?. Apalagi di era global seperti saat ini kita benar-benar dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing yang satu ini. Memang tidak bisa dipungkiri untuk bisa mahir dalam berbahasa inggris bukanlah perkara yang mudah apalagi bagi para pemula. Tentu dibutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang bagi seorang pemula untuk bisa mahir berbahasa inggris. Meskipun sadar segala keberhasilan membutuhkan sebuah proses tetapi tidak sedikit orang yang akhirnya menyerah. Mahir berbahasa inggris pun hanya tinggal angan-angan.

Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Jika kamu termasuk seorang pemula tentunya kamu menginginkan hasil yang maksimal bukan?. Pastinya kamu tidak ingin proses belajar terlewati begitu saja tanpa ada perubahan. Nah untuk bisa sukses belajar bahasa inggris kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Mempelajari materi mulai dari dasar

Hal yang harus kamu lakukan sebagai pemula adalah mulai mempelajari bahasa inggris dari dasar. Kamu tidak perlu malu kembali mempelajari materi tingkat sekolah dasar karena memang kamu adalah pemula. Sebagai pemula kamu tidak bisa mengedepankan gengsi dengan berpura-pura memahami materi dasar. Tetapi pada kenyataannya kamu belum bisa menguasai materi yang sangat sederhana bahkan vocabulary mu pun masih sangat minim.

Pelajari kembali vocabulary mulai dari yang sederhana, jangan lupa juga dengan frasa. Mengulang mempelajari alphabet dan number dengan pengucapan yang tepat sangat perlu juga kamu lakukan. Dari segi grammar kembali pelajari tenses dasar dan juga verb, adverb, adjective, noun & pronoun, clause. Lakukan saja sesuai dengan tahapan nya dan jangan pernah malu selama menjalani proses belajar dari dasar ini. Hal yang harus kamu sadari seseorang yang sudah mahir pun pasti pernah melalui proses ini. Jadi selalu bersemangat untuk bisa melangkah ke level selanjutnya.

2. Merubah pola pikir tentang bahasa inggris

Meskipun untuk bisa mahir bahasa inggris bukanlah perkara yang mudah tapi nyatanya tidaklah sesulit apa yang kamu pikirkan. Hal yang membuat bahasa inggris semakin rumit adalah pola pikir yang tertanam pada dirimu. Sejak belum memulai belajar bahasa inggris kamu sudah berpikir bahwa mustahil untuk bisa menaklukkan bahasa yang satu ini. Hingga akhirnya segala tentang bahasa inggris menjadi hal yang super sulit. Merubah mindset atau pola pikir sangat lah penting dilakukan dalam belajar bahasa inggris untuk pemula. Tanamkan pada dirimu bahwa bahasa inggris itu mudah dan bisa kamu taklukkan. Untuk bisa membuat bahasa inggris lebih mudah kamu harus kamu harus rajin berlatih dan terus melakukan praktik.

3. Jangan menghafal tapi pahami

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah jangan sekedar menghafal tapi kamu harus memahami. Jika kamu hanya fokus pada proses menghafal kamu akan merasa cepat bosan dan lelah. Sementara banyak sekali materi bahasa inggris yang memang harus kamu ingat. Mulai dari vocabulary hingga materi-materi grammar. Jangan sampai hal ini membuat kamu cepat menyerah. Kamu hanya perlu memahami setiap materi yang didapatkan dan bukan hanya sekedar menghafal saja. Memahami adalah cara terbaik dalam menerima materi apa pun.  Untuk bisa mengetahui sejauh mana kamu memahami materi lagi-lagi praktik dan latihan harus sering-sering kamu lakukan.

4. Jangan pernah takut salah dan harus percaya diri

Tips belajar bahasa inggris untuk pemula selanjutnya adalah jangan pernah takut salah. Sebagai pemula kamu tidak perlu ambil pusing dengan kemampuan yang kamu keluarkan. Jika kamu merasa masih sangat kurang dari segi tatanan grammar, pengucapan bahasa inggris mu masih juga ala kadarnya jangan terlalu pikirkan itu. Justru kamu harus melakukannya untuk bisa mengetahui letak kesalahannya. Setelah kamu mengetahuinya hal yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah memperbaiki kesalahan tersebut. Jika kamu tidak pernah mencoba sedikitpun bagaimana kamu tau salah dan benarnya.

Selain itu kamu pun harus memiliki percaya diri yang sangat tinggi. Kamu tidak perlu menghiraukan apa kata orang. Kamu hanya perlu fokus pada tujuanmu yaitu mahir berbahasa inggris. Terus asah kemampuan mu dengan berani berinteraksi dengan orang, tampil di depan banyak orang dan terus berani belajar dari kesalahan.

5. Jangan mudah menyerah, selalu lakukan evaluasi

Merasa belum mengalami perubahan dan memutuskan untuk menyerah bukanlah pilihan yang tepat. Kamu harus mengingat bagaimana perjuangan yang telah kamu lakukan. Jika kamu merasa proses belajar jalan ditempat lakukan evaluasi pada dirimu. Mungkin saja ternyata usaha yang kamu lakukan kurang keras. Waktu belajar yang kamu lakukan kurang banyak. Metode belajar bahasa inggris yang kamu lakukan kurang tepat, atau kamu malah terlalu menganggap semua nya enteng. Kamu harus terus melakukan evaluasi selama proses belajar dilakukan. Temukan hambatan-hambatan yang membuat proses belajar jadi tidak efektif. Sayang banget kan jika harus menyerah berulang kali tanpa hasil apa pun.

6. Lakukan secara konsisten dan terus menerus

Tips selanjutnya adalah kamu harus belajar bahasa inggris secara konsisten dan terus menerus. Waktu belajar yang singkat tetapi dilakukan dengan konsisten akan membuat hasil jauh lebih maksimal. Misalkan saja dalam belajar bahasa inggris kamu meluangkan waktu 2 – 4 jam per hari dan kamu lakukan secara berulang setiap hari. Ini akan jauh lebih maksimal dibandingkan dengan menghabiskan 8 jam di akhir pekan saja.

Kemudian kamu tidak boleh merasa mudah puas sehingga memutuskan untuk berhenti belajar bahasa inggris. Kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki harus terus di asah. Ketika kamu sudah mahir sekalipun kamu tetap harus terus melatih nya terus menerus agar kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki tidak berkurang.

Semoga tips sukses belajar bahasa inggris untuk pemula yang kami sampaikan bisa membawa kamu semua untuk dapat mahir berbahasa inggris. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan juga tekad yang kuat dari diri kalian ya guys.

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Hal yang dibutuhkan dalam memulai belajar bahasa inggris.