tips mudah mengatasi confusing word

Jika kalian baru saja memasuki dunia Bahasa Inggris, mungkin kalian merasa seperti menjelajahi sebuah dunia baru dengan banyak tantangan yang menyenangkan. Kadang kalian merasa belajar Bahasa Indonesia atau Bahasa Daerah dengan baik dan benar aja udah susah, apalagi jika ditambah dengan Bahasa Inggris. Salah satu kendala yang dirasakan banyak orang ketika belajar Bahasa Inggris adalah jutaan vocabulary yang membuat kalian merasa kebingungan. Uniknya lagi, banyak vocabulary dalam Bahasa Inggris yang serupa tetapi mempunyai makna yang sangat berbeda. Ada juga pelafalan yang sama namun mempunyai arti yang berbeda. Kata-kata tersebut biasa dikenal sebagai confusing word.

Confusing dalam Bahasa Indonesia mempunyai makna memusingkan, sedangkan word artinya kata. Sehingga confusing word sendiri dapat diartikan kata-kata yang mempunyai persamaan bunyi dan bentuk tetapi mempunyai makna berbeda, sehingga seringkali menimbulkan kebingungan dan kesalahan. Tapi kalian tak perlu khawatir karena artikel di bawah ini akan menyediakan beberapa tips mudah menghadapi confusing word ini.

Tips Mudah Mengatasi Confusing Word

1. Buat daftar apa saja confusing word

Kata membingungkan tersebut tidak terhitung jumlahnya. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari tahu dan membuat daftar apa saya yang termasuk dalam confusing word dan membuat kalian kesulitan. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu, kenali dan pahami perbedaan makna tersebut. Anda bisa mencari artinya dari berbagai sumber, buku atau bahkan menjelajahi melalui internet. Berikut ini contoh confusing word yang sering kamu temui:

– A while, Awhile

– Few, A few

– Adapt, Adept

– Advice, Advise

– Color, Colour

– Like, As

– Quiet, Quite

– Rise, Raise

– See, Look at

–  And more

2. Pahami Maknanya

Jika anda sudah mencari tahu dan membuat daftar apa saja confusing word yang kalian rasa susah. Selanjutnya, kalian harus mengenali dan memahami sekaligus mengerti bagaimana penggunaannya. Biasanya, jika kalian mencari daftar confusing word melalui internet, maka sumber tersebut biasanya akan menjelaskan juga tentang arti, cara penggunaannya dan beberapa kesalahan umum yang terkait dengan confusing word tersebut. Jika kalian sudah mengerti perbedaannya, maknanya dan cara penggunaannya, kalian akan lebih mudah dalam memvisualisasikan ke dalam otak sehingga kalian bisa terus mengingatnya.

3. Gunakan Confusing Word secara Bertahap

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali confusing word dan membuat kalian kesulitan menghafalnya dalam sekejap. Mau tidak mau kalian memang dituntut untuk bisa mengingatnya, hingga kalian bisa menggunakannya secara otomatis tanpa merasa kebingungan. Menghafal satu persatu mungkin kurang efektif, kamu bisa mulai menggunakannya langsung. Jika kamu sudah mencari tau maknanya dan bagaimana penggunaannya, maka kalian bisa menggunakannya atau menerapkannya langsung menjadi kalimat demi kalimat. Setelah kalian sudah menulis kalimat tersebut, kalian sekalian bisa mengucapkannya. Dengan menggunakan semua indera, maka sesuatu dapat terekam dalam otak dalam jangka waktu lebih panjang. Lama kelamaan kamu bisa hafal confusing tersebut dengan sendirinya.

4. Budayakan Rajin Membaca

Kalian harus tahu bahwa membaca artikel berbahasa Inggris mempunyai banyak manfaat. Selain kamu bisa menambah banyak kosakata baru, membaca artikel berbahasa Inggris juga mampu menguji kemampuan kalian dalam memahami confusing words. Semakin banyak membaca maka kalian semakin tau banyak hal, tentu saja lebih jago. Sebaiknya kalian membaca artikel berbahasa formal secara gramatikal, seperti teks pidato, jurnal, koran, dll. Jika anda satu kosakata yang tidak kalian mengerti, kalian bisa langsung membuka kamus dan memahami maknanya dari konteks kalimat tersebut.

Nah itu guys tips mudah menghadapi confusing word yang bisa kamu gunakan agar tidak salah lagi dalam menganalisa suatu kata. Mulai sekarang jangan salah-salah lagi ya.

Materi lain yang bisa juga kamu pelajari: Agar Lebih Mengasikkan, Hindari 5 Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris Ini!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •