belajar IELTS gratis

Menguasai bahasa asing merupakan harapan bagi kebanyakan orang, khususnya bagi kalian yang ingin mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi ke luar negeri. Terlebih jika Bahasa Inggris bahasa Internasional yang banyak digunakan oleh negara di dunia ini.

Kegunaan dari bahasa inggris ini bukan hanya digunakan sebagai formalitas belaka saat pelajaran di sekolah. Hari ini, bahasa inggris juga sudah menjadi tren dan kebutuhan sehari-hari. Banyak bahasa gaul yang diadaptasi dari bahasa asing, seperti envy, omg (oh my god), btw (by the way), bff (best friend forever), otw (on the way), dan masih banyak lainnya.

Lebih jauh lagi, bahasa inggris memang dibutuhkan dalam berbagai bidang seperti dunia akademik. Jika kamu ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, bahasa Inggris adalah syarat mutlak untuk mendaftar kuliah. Biasanya mereka akan meminta syarat sertifikat IELTS atau TOEFL. Ketika kalian harus membuat jurnal ilmiah, skripsi atau tesis, kalian juga dituntut untuk membuat abstrak menggunakan bahasa Inggris. Jika sudah begini, tak heran bahasa Inggris memang sudah seharusnya kita kuasai.

Menguasai Bahasa Inggris memang bisa dibuktikan dengan mengikuti tes profisiensi Bahasa Inggris. Dengan kalian mengikuti tes tersebut, berarti kalian adalah pengguna bahasa Inggris yang sudah tersertifikasi oleh lembaga resmi secara internasional. Salah satu tes untuk profisiensi Bahasa Inggris yang sangat populer adalah IELTS (Internasional English Language Test Service) yang sudah diselenggarakan oleh tiga lembaga, yaitu: British Council, University of Cambridge dan IDP. Seperti apa dan bagaimana tes IELTS tersebut, kamu bisa membaca ulasannya di bawah ini.

Banyak yang mengutarakan bahwa betapa sulit dan mahalnya mengikuti tes IELTS. Maklum saja, sekali tes kamu harus membayar biaya yang tidak sedikit sekitar 3 juta rupiah untuk sekali tes, berapa pun skornya. Ditambah lagi dengan biaya IELTS, buku, transportasi, dll. Wah, jika kamu hanya mempunyai anggaran mepet padahal ada kesempatan kuliahke luar negeri di depan mata. Berikut ini beberapa tips belajar IELTS gratis yang akan artikel bagikan, atau minimal lebih murah dibanding harus membayar kursus berjuta-juta. Untuk itu, kamu akan membutuhkan usaha lebih besar, karena memang gratis. Semuanya bisa dipelajari secara mandiri tak heran jika membutuhkan kedisiplinan yang sangat tinggi.

Berikut beberapa Tips Belajar IELTS gratis yang bisa kamu lakukan:

a. Men-download E-Book gratis

Jika kamu mempunyai anggaran yang minim untuk membeli buku persiapan IELTS, kamu bisa memanfaatkan laptop dan wifi untuk men-download e-book gratis. Kamu bisa men-download e-boo mulai dari Cambridge, beberapa textbook dari penyelenggara resmi ILETS hingga beberapa pengarang lainnya. Bukan hanya men-download textbook IELTS, sebaiknya kamu juga bisa mempelajari dari sumber e-book lainnya yang berisi materi seputar Bahasa Inggris. Sekali lagi, IELTS adalah tes untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan bahasa inggris kalian secara alami. Jadi, kalin harus belajar bahasa inggris sebanyak-banyaknya.

b. Belajar menggunakan video gratis

Belajar dari video oleh para native speaker memang terbukti cukup efektif. Selain kamu bisa mendapatkan materi baru, kamu juga seperti sedang berkomunikasi langsung dengan native speaker, dan mempelajari langsung bagaimana cara mereka berbicara. Tentu saja hal ini sangat berguna pada saat memasuki sesi listening tes IELTS. Banyak video gratis yang bisa kalian dapatkan di YouTube. Salah satu video dari native speaker yang sering diapakai untuk belajar Bahasa Inggris adalah ieltsliz dan engvid.

c. Mengikuti kursus online gratis

Beberapa website seperti edX dan British Council menyediakan kursus online gratis, misalnya kalian bisa menggunakan kursus online dari British Council dan Futurelearn. Selama kurang lebih 6 minggu, kalian bisa mengikuti pelajaran IELTS lewat video yang disediakan oleh tutor Futurelearn, dan tersedia juga forum diskusi untuk sesi tanya jawab. Selain kalian bisa mengikuti kursus belajar bahasa inggris online, kalian juga bisa belajar dari beberapa website yang menyediakan materi seputar IELTS. Beberapa website yang populer digunakan untuk belajar IELTS adalah dcielts.com dan ieltliz.com.

d. Bergabung dengan komunitas IELTS preparation

Dengan bergabung dengan komunitas yang berisi orang-orang yang sedang belajar IELTS, maka kalian bisa saling bertukar infomasi seputar tips dan materi IELTS. Bahkan sudah ada grup whatsapp untuk IELTS preparation, mereka akan saling berbagai seputar soal yang baru saja didapat dan membahasnya bersama-sama. Kalian juga bisa memanfaatkan fitur video call untuk latihan speaking, dan pastinya semua komunikasi tersebut menggunakan bahasa Inggris.

e. Latihan secara mandiri

Setelah kamu mengumpulkan semua materi IELTS, hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah berlatih dan terus berlatih. Berlatih setiap hari dapat membuat kalian terbiasa dengan bahasa Inggris tersebut. Berlatih setiap hari membuat kalian akan lebih terbiasa dengan bahasa Inggris dan memperbaiki kesalahan yang kalian buat. Seiring dengan berjalannya waktu, kesalahan tersebut bisa semakin berkurang dan membuat kalian bisa mengevaluasi kesalahan tersebut lebih mudah.

Bukan tidak mungkin dengan usaha yang keras tips belajar IELTS secara gratis diatas bisa membuat kamu mencapai score IELTS sesuai target. Atau paling tidak memberikan bekal agar ketika sudah memiliki dana untuk mengikuti IELTS preparation nanti kamu tidak akan menghabiskan waktu lebih lama yang berarti dana pun akan lebih minim.

Semangat terus ya LC’ers, tidak ada yang tidak mungkin terus berusaha dan jangan menyerah. Semoga bermanfaat 🙂

Baca Tips IELTS lainnya kuy: Tips Sukses Menghadapi Tes IELTS.