tips writing bahasa inggris

Apakah kamu sering bingung saat menulis dalam bahasa Inggris? Hal ini banyak dialami banyak orang, bahkan orang dengan bahasa asli Inggris pun terkadang salah saat menulis kata – kata dalam bahasa ini. Bagi kamu yang punya masalah ini pasti banyak mencari tips writing bahasa Inggris untuk mengurangi masalah typo.

Masalah typo dan spelling dalam bahasa Inggris sering muncul karena saat mendengar sebuah kata penulisannya bisa ternyata berbeda atau mirip dengan kata lainnya. Contoh yang sering menunjukkan masalah ini adalah kata seperti knight (kesatria) dengan night (malam) atau right (kanan) dengan write (menulis).

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris, masalah spelling dan typo ini perlu diperbaiki. Kamu mungkin berpikir masalah penulisan tidak begitu dibutuhkan saat berkomunikasi sehari – hari, pemikiran ini sudah tidak berlaku lagi sekarang. Sekarang sosial media sudah mulai mempermudah hubungan orang – orang yang berbeda bahasa, dan kebanyakan interaksi di media sosial ini berbentuk tulisan menggunakan bahasa Inggris.

Coba kamu lihat media sosial seperti Facebook atau pun Twitter, penggunaan bahasa Inggris makin lama makin banyak menyebar. Pembicaraan dengan orang asing, mulai dari India, Jepang dan bahkan Eropa hampir semuanya menggunakan bahasa Inggris tertulis. Penulisan dengan bahasa Inggris makin penting di sini. Jika komunikasi salah karena masalah spelling dan typo terjadi, ini bisa saja memicu salah paham atau malah tulisan kamu jadi bahan tertawaan. Daripada malu dan memicu masalah, lebih baik belajar dengan mencari tips writing bahasa Inggris yang mudah dipahami dan dilakukan.

Tips seperti ini ada yang berlaku jangka pendek dan ada pula yang berlaku jangka panjang. Jangka pendek adalah tips yang biasanya digunakan untuk keperluan segera dan tips jangka panjang adalah tips yang membantu kamu menjadi lebih baik dalam menulis bahasa Inggris tapi biasanya effeknya lama dan perlu banyak latihan.

Tips Mengurangi Kesalahan Menulis dalam Bahasa Inggris

A. Tips Jangka Pendek

Berikut adalah tips writing bahasa Inggris jangka pendek yang dapat membantu kamu dalam masalah spelling dan typo. Tips ini biasanya akan membantu memperbaiki penulisan bahasa Inggris dengan segera namun jika terlalu menggantungkan pada tips ini, biasanya kamu akan terlalu tergantung malah tidak belajar dari kesalahan.

  • Menggunakan kamus

Menggunakan kamus kamu bisa mengecek tulisan yang masih kamu ragukan spellingnya untuk menghindari typo. Misal saat menulis essay dengan menggunakan istilah Inggris atau dalam menulis sesuatu kata dalam bahasa Inggris tapi kamu tidak yakin dengan tulisan kamu, kamu bisa mengeceknya di kamus.

  • Minta pendapat orang lain

Seperti pepatah malu bertanya sesat di jalan, kamu bisa minta tolong teman atau orang lain yang lebih ahli dalam bahasa Inggris untuk memastikan tulisanmu sudah benar. Makin banyak kamu diskusi dan mendapatkan input dari orang lain juga memungkinkan kamu untuk belajar.

  • Menggunakan spellcheck

Banyak program, website dan app sudah menggunakan spellcheck fitur. Jadi dengan menggunakan ini tulisan bahasa Inggris kamu yang salah akan ditunjukkan tulisan yang benarnya. Bahkan banyak yang langsung mengoreksi tulisan secara otomatis tanpa memberi tahu kamu terlebih dahulu.

Banyak orang yang terkadang menggunakan alat – alat ini saat mengetik essay bahasa Inggris (di Word) atau saat mengetik di smartphone. Jika terlalu tergantung dengan bantuan ini, kamu malah tidak belajar memperbaiki tulisan bahasa Inggris.

B. Tips Jangka Panjang

Tips – tips writing bahasa Inggris berikut lebih bertujuan untuk membantu kamu belajar dan memperbaiki masalah spelling bahasa Inggris secara perlahan dan belum tentu membantu jika kamu membutuhkan pengecekan tulisan bahasa Inggris yang cepat. Walaupun begitu jika kamu sering menggunakan tips ini dijamin kemampuan spelling bahasa Inggris-mu akan meningkat. Tips ini lebih memiliki efek jika diulang berkali – kali dan dilakukan secara rutin.

  • Matikan alat bantu mengecek spelling otomatis

Saat mematikan fitur pengecekan spelling otomatis ini kamu diharapkan agar tidak terlalu tergantung. Kamu diharapkan untuk belajar dan mengecek setiap tulisanmu secara manual. Saat kamu merasa bahwa pengecekan manual akan memakan waktu banyak dan lebih sulit, kamu akan selalu ingat untuk menghindari kesalahan dan belajar daripada membuat proses penulisanmu makin memakan waktu.

  • Jangan mengecek setelah selesai menulis

Memberi waktu jeda sebelum mengecek tulisan bahasa Inggris akan membantu kamu melihat kesalahan. Alasanya pertama kamu mungkin lelah setelah menulis dan ini membuat kamu tidak jeli melihat kesalahan. Alasan kedua adalah saat baru saja selesai menulis kamu masih hafal apa yang kamu tulis dan terkadang menganggap tulisan yang mau buat sudah seperti apa yang kamu pikirkan. Padahal dengan membanyakan di kepala isi tulisan kamu, kamu menjadi tidak objektif melihat ejaan. Kamu akan lebih fokus pada isi tulisan kamu daripada spelling-nya.

  • Mengecek tulisan dari bawah ke atas

Agar lebih fokus pada pengecekan penulisan spell daripada isi tulisan yang kamu buat, cek hasil tulisan kamu dari belakang dan perkata. Dengan begini kamu akan mengecek tulisan tanpa konteks dan biasanya lebih efektif daripada mengecek secara urut penulisan.

Nah yuk mulai terapkan tips menulis yang sudah dijabarkan agar kesalahan dalam menulis bahasa inggris bisa berkurang dan bahkan hilang sama sekali. Selamat mencoba !!!

Baca juga: Mengapa Kamu Perlu Belajar Tenses?