tips belajar bahasa inggris

Apakah kamu sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik? Bila sudah menguasainya, pastinya kalian memperoleh efek positif akan bahasa Inggris sendiri. Bahasa Inggris akan membuat kalian lebih awet muda, bergaul, dan kinerja otak semakin baik. Menguasai bahasa Inggris memerlukan waktu dan strategi khusus. Terkadang banyak orang yang takut untuk mempelajari bahasa Inggris karena merasa sulit. Untuk mengatasi rasa takut itu, kalian bisa menerapkan beberapa tips belajar bahasa Inggris dibawah ini.

Mengenal Tentang Rasa Takut

Apa yang kalian tahu tentang rasa takut? Rasa takut adalah suatu perasaan yang tidak menyenangkan dimana kalian meyakini suatu hal berbahaya dan akan mengancam kalian. Kelihatannya sangat seram untuk dipahami. Banyak orang yang merasa takut untuk belajar bahasa Inggris. Terkadang kalian takut untuk berbicara bahasa Inggris, takut membuat suatu kesalahan saat berbahasa Inggris, dan takut gagal.

Hal ini membuat isi kepala kalian hanyalah “I can’t speak English”. Ini akan menjadi momok menakutkan bagi kalian saat belajar bahasa Inggris. Kalian akan merasa gagal dan sulit untuk berbicara dan menguasai bahasa Inggris. Untuk itu, perhatikan beberapa tips belajar bahasa Inggris seperti di bawah ini.

Tips Menghadapi Rasa Takut Saat Kalian Belajar Bahasa Inggris

Saat kalian ingin belajar bahasa Inggris, maka kalian harus yakin dan pantang menyerah. Jangan sekali – kali menyerah karena semuanya akan habis termasuk rasa ingin tahu dan belajar bahasa Inggris. Lakukan beberapa tips dibawah ini untuk menghadapi rasa takut saat belajar bahasa Inggris.

a. Mengenali Rasa Takut

Langkah yang pertama adalah menanyakan pada diri sendiri kenapa kalian takut. Apa yang membuat kalian takut dalam belajar bahasa Inggris? Apakah takut saat berbicara di depan banyak orang, takut salah, takut orang – orang tertawa, takut lupa tentang bahan yang ingin dibicarakan, takut lawan bicara tidak mengerti, takut kehabisan kosa kata, takut tentang grammar, dan takut yang lainnya. Kalian harus bisa memilih dan mengidentifikasi rasa takut saat belajar bahasa Inggris. Hal ini berguna untuk mengevaluasi diri sendiri dan kemudian memperbaiki semua kekurangan dan rasa takut yang ada.

Salah satu contoh ketakutan saat belajar bahasa Inggris adalah takut untuk berkomunikasi dengan native speaker. Kalian bisa memaksakan diri untuk ngobrol dan chatting dengan orang Amerika atau Inggris asli dengan memakai bahasa Inggris. Walaupun memulai dengan terpaksa, maka kalian akan terbiasa. Kalian juga bisa melihat bahasa yang digunakan oleh native speaker dan ekspresi mereka saat kalian berkomunikasi dengan vocabulary yang minim. Ini akan menjadi senjata ampuh untuk mengurangi rasa takut yang ada di kepala dan benak kalian. Rasa takut terjadi dari dalam diri sendiri. Kalian yang membuat rasa takut terhadap bahasa Inggris.

b. Mengontrol Diri Sendiri

Setelah kalian mengidentifikasi list tentang rasa takut, kalian bisa menanyakan pada diri sendiri. Apa yang akan terjadi saat kalian salah bicara dalam bahasa Inggris? Apa yang akan terjadi saat lawan bicara tidak paham bahasa Inggris kalian? Dengan mengontrol diri dan memberikan evaluasi terhadap cara berkomunikasi kalian dalam bahasa Inggris, maka kalian bisa meminimalkan kesalahan. Kalian harus meyakinkan diri sendiri hal terburuk bisa didapatkan saat kalian membuat kesalahan. Hal itu adalah kritikan. Walaupun terasa buruk, sebenarnya suatu kritikan bisa jadi menjadi semangat bagi kalian untuk memperbaiki diri sendiri.

Dengan kritikan, kalian akan semakin baik dan kuat. Jangan terlalu memperhatikan omongan orang lain. Kalian harus percaya diri dan yakin dengan kemampuan bahasa Inggris kalian. Kalian punya kemampuan bahasa Inggris yang sama dengan orang lain dan bisa berkomunikasi dengan baik.

c. Berpikiran Positif

Langkah selanjutnya adalah dengan berpikiran positif. Dengan selalu berpikiran positif, apapun hambatan dan rintangan akan bisa dihadapi dengan baik. Kalian bisa memasang tulisan – tulisan motivasi di kamar kalian agar bisa membangkitkan semangat saat belajar bahasa Inggris.

Tetaplah berpikiran positif untuk lebih menggali kemampuan bahasa Inggris kalian. Kamu juga bisa mencari tips dan informasi mengenai proses belajar mengajar bahasa Inggris agar pemikiran kalian lebih terbuka. Walaupun kalian melakukan kesalahan dalam bahasa Inggris dan proses belajar, selalu tanamkan pikiran positif di pikiran kalian.

d. Lebih Intensif dalam Berinteraksi

Langkah terakhir untuk melawan rasa takut saat belajar bahasa Inggris adalah dengan meningkatkan interaksi dengan orang lain. Kalian harus bisa mencoba berkomunikasi dan berinteraksi lebih sering untuk melawan rasa takut yang kalian hadapi saat belajar bahasa Inggris.

Dengan berinteraksi, kalian bisa mencoba melawan rasa takut itu sendiri. Kalian bisa ikut dalam komunitas bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris kalian.

Itulah tadi tips belajar bahasa Inggris yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi rasa takut dalam berbahasa Inggris. Kamu benar-benar harus menaklukkan rasa takut itu ya LC’ers jangan sampai karena takut kamu gak pernah bisa JAGO bahasa inggris.

Bersama Kampung Inggris LC kamu juga bisa menghilangkan rasa takut untuk belajar bahasa inggris, Kamu akan mendapatkan kelas belajar yang super FUN dan juga mendapatkan pengajar yang friendly sehingga bisa membuat belajar bahasa inggris jadi jauh lebih menyenangkan.

Bisa belajar bahasa inggris dalam waktu relatif singkat pun bukan lagi mimpi. Seperti kata alummni yang satu ini Ajeng, Maulina, Rina program English Master (12).

Langsung saja daftarkan dirimu SEKARANG JUGA dengan mengisi formulir online DI SINI.

Bisa juga melakukan konsultasi pendaftaran melalui nomor CS kami di:

0852 3111 1117 atau 0858 8888 1117

Sebelum berangkat ke Kampung Inggris LC pelajari materi lainnya yuk LC’ers, salah satu yang bisa kamu baca ada materi tentang Ini Dia 6 Cara Asik Untuk Belajar Bahasa Inggris.