tips menghadapi soal reading

Untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik dan fasih dalam menggunakannya, keempat skills dalam bahasa Inggris haruslah dipelajari dan dilatih secara berimbang. Keempat skills tersebut adalah listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca) dan writing (menulis). Kali ini, kita akan membahas tentang skill reading.

Aktivitas reading, terutama bagi yang kurang memiliki minat membaca, akan menjadi aktivitas yang membosankan. Terlebih lagi ketika harus mengerjakan soal reading. Padahal, kini beberapa tes penguasaan bahasa seperti TOEFL dan IELTS, serta tes ujian selalu tak ketinggalan menyertakan soal reading dan pemahaman bacaan di dalamnya. Dalam artikel ini, kita akan mengulas mengenai permasalahan yang sering dijumpai siswa ketika mengerjakan soal reading serta tips menghadapi soal reading. Simak informasinya.

Permasalahan yang sering dijumpai

Ada bermacam-macam permasalahan yang membuat siswa kurang sukses dalam mengerjakan soal bahasa Inggris khususnya reading. Beberapa yang paling umum adalah:

  1. Merasa bosan

Masalah yang pertama adalah merasa malas untuk mengerjakan soal reading, terlebih lagi jika melihat bacaan yang cukup panjang. Belum sampai mengerjakan, rasa malas dan frustrasi sudah menghinggapi. Setelah mencoba mengerjakan pun, tak jarang siswa atau peserta tes yang akhirnya mengantuk karena mengerjakan soal reading. Hal ini tentu saja mengakibatkan konsentrasi menjadi menurun, sehingga kesulitan untuk memahami isi bacaan.

  1. Tidak paham isi bacaan

Tidak paham akan isi bacaan yang disajikan bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah karena topik yang dibahas adalah yang tidak familiar dengan bidangnya, atau karena keterbatasan kosakata bahasa Inggris yang dimiliki. Jika isi bacaan saja tidak paham, maka akan semakin sulit untuk menjawab pertanyaan seputar isi bacaan tersebut.

  1. Kehabisan waktu

Permasalahan yang ketiga juga merupakan hal yang paling umum dihadapi peserta tes reading, terkadang, banyak yang lupa untuk memperhitungkan waktu sehingga terkejut ketika tahu waktu hampir habis sementara soal yang belum dijawab masih cukup banyak. “Lupa waktu” semacam ini bisa disebabkan karena terlalu fokus untuk membaca kata per kata dalam tiap bacaan dan mengartikannya, atau bisa juga karena “stuck” pada soal yang sulit, dan terus memikirkan jawabannya bukannya melewatinya saja.

Permasalahan tersebut tentunya akan menghambat kesuksesan dalam mengerjakan soal reading, bukan? Lantas, bagaimana tips menghadapi soal reading agar sukses? Simak tips-tips berikut ini.

Tips menghadapi soal reading

  1. Baca soal terlebih dahulu

Kesalahan yang sering dilakukan siswa atau peserta tes ketika mengerjakan soal reading adalah membaca bacaannya terlebih dahulu dan mencoba memahaminya, baru kemudian membaca soalnya. Hal itu tentu baik jika kalian sedang iseng mengerjakan soal reading di waktu luang dan tidak dibatasi waktu. Namun, apabila waktu yang disediakan terbatas, alangkah baiknya jika kalian membaca soal terlebih dahulu. Mengapa demikian? Karena dengan membaca soal terlebih dahulu, kalian akan diarahkan untuk mencari informasi yang perlu untuk kalian ketahui saja. Maksudnya, kalian tidak perlu repot memahami detail informasi yang tidak ditanyakan dalam soal. Dengan begitu, kalian akan lebih fokus dalam mencari informasi yang penting dan bisa digunakan untuk menjawab soal saja, tidak perlu semua.

  1. Cari kata kunci yang ditanyakan

Lantas, bagaimana caranya menemukan informasi/jawaban yang diperlukan dengan cepat? Caranya adalah menentukan kata kunci tentang informasi yang dicari. Misal, jika yang ditanyakan soal adalah “How fast can a butterfly flap its wings?” maka kata kuncinya adalah “butterfly” dan “flap”, sehingga kalian hanya perlu mencari dengan cepat kalimat yang mengandung kata tersebut dalam bacaan. Jika pertanyaannya adalah “the word ‘tiniest’ is closest in meaning to…” maka kalian hanya perlu fokus mencari di mana kata tiniest berada. Teknik yang digunakan adalah teknik membaca scanning.

  1. Baca dengan skimming dan scanning

Skimming merupakan teknik membaca cepat untuk memahami isi pokok bacaan. Sedangkan scanning adalah teknik membaca cepat untuk mencari informasi spesifik. Kedua keterampilan membaca cepat ini harus terus dilatih dan diterapkan agar sukses dalam mengerjakan soal reading.

  1. Lewati soal yang dirasa sulit

Jangan sampai kalian kehabisan waktu hanya karena terpaku memikirkan jawaban untuk soal yang sulit dan belum tentu bisa kalian jawab dengan benar. Lebih baik lewati dulu dan kerjakan dulu soal yang kalian dapat kerjakan dengan mudah dan kalian yakin akan jawabannya.

Mulai sekarang kamu bisa menerapkan tips menghadapi soal reading seperti yang dijelaskan di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya guys !!!!

Baca juga: Ini Pentingnya Kursus Bahasa Inggris Untuk Anak yang Wajib Kamu Tahu.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •