belajar bahasa inggris lewat lagu

Bukan cuma untuk orang dewasa, belajar bahasa Inggris lewat lagu pun dapat kalian aplikasikan buat anak-anak. Mengapa lagu? Mengapa bukan media lain? Seperti yang kamu tahu, lagu selalu mengulang bagian-bagian tertentu (terutama chorus) dan mempunyai ritme khas yang mudah diingat. Karakteristik seperti ini yang memudahkan anak-anak menangkap dan menghafal kosakata. Mereka juga akan lebih termotivasti dan tidak terbebani saat mempelajari bahasa Inggris.

Kemudian, tembang-tembang easy listening dianggap mampu membangun konsentrasi dan memori pada anak-anak. Apalagi kalau lagu-lagu yang diperdengarkan diiringi gerakan atau permainan yang tak hanya melatih telinga untuk menangkap informasi, tetapi juga membuat tubuh berkoordinasi dalam memahami bahasa Inggris. Manfaat pun akan terasa pula oleh kalian yang mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak lewat lagu. Kesan pertama yang bagus akan mendorongmu buat memulai pelajaran dan menghubungkannya dengan materi-materi lain.

Selain itu, lagu-lagu bahasa Inggris akan memompa semangat dan rasa percaya diri anak-anak pemalu. Kenyamanan yang diberikan dari tembang-tembang yang disenangi akan membuat mereka tak ragu lagi mengekspresikan diri.

Tips mempelajari bahasa Inggris untuk anak lewat lagu

Tentu saja kamu harus memperhatikan hal-hal tertentu sebelum mengajarkan bahasa Inggris melalui lagu kepada anak-anak. Supaya praktik kalian lancar, di bawah ini ada empat tips belajar bahasa Inggris lewat lagu yang dapat dijadikan pegangan.

1. Menyampaikan materi grammar lewat lagu

Jika bagi orang dewasa saja grammar masih dianggap sulit, bagaimana cara menyampaikan materi ini kepada anak-anak? Kalian dapat mencari tembang anak-anak yang memiliki grammar simpel, tetapi bisa cepat dicerna anak-anak atau menyusun lagu sendiri dengan lirik yang fokus terhadap tata bahasa. Hal ini akan sangat memudahkan anak-anak yang belum memahami konsep grammar bahasa Inggris. Ada sejumlah judul yang bisa kamu gunakan sebagai bahan ajar, antara lain Quiet, Please! yang mempunyai konten struktur can I have…? atau Over the Mountain dengan materi present continous tense. Kalian juga bisa mencarinya dengan membeli buku kumpulan lagu anak berbahasa Inggris.

2. Menghafalkan kosakata dari lirik tembang

Faktanya, ada jutaan kosakata atau vocabulary dalam bahasa Inggris dan jumlah tersebut akan terus bertambah. Nah, bagaimana caranya agar anak-anak mampu menghafalkan kumpulan kata tadi tanpa mengalami kendala berat? Seperti cara belajar bahasa Inggris untuk orang dewasa, ajak mereka untuk mengumpulkan kata-kata dari lirik tembang yang diperdengarkan. Setelah itu, catat, cari artinya, dan hafalkan. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris secara berulang pun akan membantu mereka dalam mengingat kumpulan kosakata tersebut. Lagu Pizza and Chips bisa dipakai untuk mengenalkan nama-nama hari dan Old Macdonald Had a Farm yang mengandung kata-kata bertopik binatang.

(Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini untuk Memudahkan Belajar Bahasa Inggris dari Lirik Lagu!)

3. Meningkatkan kemampuan mendengar

Belajar bahasa Inggris lewat lagu secara rutin akan meningkatkan kemampuan mendengar pada anak. Kalian dapat menggunakan sejumlah tembang anak berdurasi panjang yang akan melatih telinga mereka agar terbiasa menangkap kosakata bahasa Inggris. Contohnya lagu The Ballad of Lisa the Lemur yang menceritakan tentang hutan hujan tropis, binatang-binatang yang hampir punah, hingga pengetahuan lingkungan secara umum. Kamu juga bisa memanfaatkan tembang-tembang yang mengisahkan legenda untuk anak-anak. Walau durasinya panjang, lagu-lagu bersifat story telling akan membuat telinga mereka cepat terbiasa dengan kosakata maupun gramar bahasa Inggris.

4. Menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris

Tips terakhir dan yang pasti bakal disenangi anak-anak ialah menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Melibatkan mereka secara langsung akan memaksimalkan tiga metode di atas. Begitu mereka suka dan menikmatinya, mereka akan mengulanginya dan secara tak langsung meningkatkan daya ingat terhadap kata-kata yang dilantunkan. Selain itu, menyanyi juga akan membantu kemampuan anak dalam pelafalan atau pronunciation dalam praktik speaking. Ketika menyanyi, mereka tak hanya mengucapkan satu atau dua kata, tetapi juga melontarkan frasa hingga mengekspresikan perasaan. Salah satu lagu yang dapat kalian pakai adalah The Alphabet Song yang menunjang pembelajaran abjad dan ejaan bahasa Inggris.

Supaya makin seru, kombinasikan sesi belajar bahasa Inggris lewat lagu dengan kegiatan-kegiatan yang disukai anak-anak ya. Selamat mencoba !!!!