caption IG bahasa Inggris

Tips Membuat Caption IG Bahasa Inggris yang Menarik di Sosial Media – Instagram atau biasa di singkat IG kini semakin banyak digandrungi oleh masyarakat. Tak hanya untuk berkomunikasi, IG juga menjadi ajang hiburan bagi seseorang. Ada sebagian orang yang menghilangkan penat dengan bermain IG. Selain itu, banyak orang yang menggunakan IG untuk bisnis atau keperluan lainnya.

Instagram juga dijadikan media untuk memposting foto yang bisa kamu kenang. Setiap foto yang di posting pasti lebih menarik jika disertai dengan caption. Caption tersebut biasanya berisi kisah di balik foto, hal yang berhubungan dengan foto atau kata-kata lucu dan menarik. Kata-kata yang digunakan ada yang menggunakan bahasa daerah hingga bahasa asing.

Agar terlihat lebih elegan, biasanya seseorang menggunakan caption IG bahasa Inggris. Kata-katanya bisa berupa kutipan perkataan orang lain, peribahasa ataupun karangan dirinya sendiri. Namun, terkadang jika kurang pandai caption tersebut justru akan menjadi masalah bagi kamu maupun orang lain.

Bahkan ada juga yang sengaja membuat caption untuk menyinggung orang lain maupun suatu hal. Hal tersebut sangat disayangkan untuk dilakukan. Karena secara tidak langsung sudah menyalahgunakan media sosial. Penting bagi kamu memperhatikan beberapa tips do bawah ini agar caption berbahasa Inggris yang dibuat lebih menarik dan sopan.

Ciptakan Kepribadian

Perkataan seseorang biasanya menggambarkan kepribadian seseorang. Sebuah caption IG Bahasa Inggris bisa memberikan kesempatan untuk mengekspresikan kepribadian. Caranya ialah dengan membangun suara yang berbeda di media sosial. Apalagi isi caption tersebut merupakan isi hati dan pikiran kamu. Sudah tentu kepribadian kamu sangat terlihat dari tulisan yang kamu buat.

Untuk caption berbahasa Inggris kamu juga bisa membuatnya dengan tidak terlalu formal. Selain itu, gunakan bahasa yang menggunakan frase khusus untuk suasana santai dan tidak formal. Kamu dapat menambahkan sedikit sentuhan humor agar tidak terlalu datar. Jika kamu ingin mencitrakan diri sebagai seorang profesional, maka gunakan kalimat dengan pemilihan kata yang sopan dan baku agar pesan dapat ditangkap pembaca.

Usahakan untuk tidak pernah mencoba menjadi orang lain saat membuat caption IG bahasa Inggris. Sehingga caption kamu tidak terkesan dibuat-buat atau bahkan lebay. Caption ig adalah cerminan dari penulis, maka cerminkan dirimu dengan kesan yang baik pula. Yang terpenting isinya pun harus berbobot namun tetap menarik.

Buatlah Caption yang Sederhana

Terkadang ada orang yang menuliskan secara detail cerita di balik foto yang di posting. Sebagian followers mungkin bisa membacanya sampai selesai. Namun kebanyakan followers tidak memiliki banyak waktu untuk membaca sebuah paragraf yang terlalu panjang. Panjang caption yang standar yakni maksimal tiga baris atau 100-150 karakter.

Rekomendasi :  Penggunaan In, On, At untuk Tempat dalam Bahasa Inggris

Jika kamu ingin menulis caption IG bahasa Inggris yang cukup panjang, maka mulailah dengan kalimat yang menarik. Sehingga bisa membuat para pembaca merasa penasaran dan ingin membaca hingga selesai. Caption ig dalam Bahasa Inggris yang menarik kerap dibumbui repetisi suara maupun aliterasi. Misalnya, “ice cream on my mind.” atau “ sin, sand, and swimming!”

Poin utama dalam menulis caption di sosial media adalah penggunaan prinsip harus menyenangkan dan tidak menimbulkan stress pada pemilik akun. Menulis caption tidak musti harus sempurna dan tidak perlu merasa khawatir dengan persepsi orang. Buatlah platform sesuai dengan dirimu tanpa perlu menjatuhkan pihak lain di sosial media.

caption IG bahasa Inggris

Mengajukan Pertanyaan

Untuk membuat caption IG bahasa Inggris, kamu dapat berinteraksi dengan followers. Hal ini penting untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan para followers. Selain itu, cara ini juga bisa menambah likes dan komentar. Ajukan pertanyaan sederhana di dalam caption yang berkaitan dengan postingan agar mereka terpancing untuk merespon.

Misalnya : “What are you doing today?” atau “what do you like?”. Dengan begitu mereka akan terlibat langsung dengan kamu. Dengan melibatkan mereka maka kamu akan terkesan lebih hangat dan akrab dengan para followers. Buatlah pertanyaan yang menarik perhatian namun tetap berkaitan dengan maksud kamu.

Mengajukan pertanyaan pada caption IG bahasa Inggris yang tidak ada hubungannya dengan gambar juga sebenarnya bisa dilakukan. Hanya saja, perlu kreatifitas agar bisa merangkai kata sehingga pada akhirnya akan berkaitan. Cara ini bisa kamu coba agar caption terkesan jenaka. Otomatis caption juga akan lebih menarik perhatian para pembaca.

Buatlah #Hashtags

Hashtag merupakan faktor penunjang postingan kamu lebih menarik. Biasanya hastag digunakan untuk menggaet lebih banyak pengguna dengan minat yang sama. Hal tersebut akan meningkatkan jumlah views dan followers secara tidak langsung. Hashtags harus relevan dan reflektif pada postingan, agar tidak terkesan spam.

Untuk membuat hashtag pada caption IG bahasa Inggris, kamu bisa menambahkan hashtag yang berhubungan dengan caption atau gambar kamu. Misalnya saat kamu memposting gambar pemandangan laut, kamu bisa menyertakan hashtag #beautifulbeach. Tambahkan pula maksimal 3 hashtag lainnya.

Misalnya, #wonderfulbeach, #niceview atau #bestpicture. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyertakan hashtag dengan nama akun yang memuat hasil sebuah gambar. Untuk gambar laut tadi, kamu bisa menambahkan hashtag #MyTripMyAdventure. Jika dilihat oleh pemilik akun tersebut, bisa saja gambar kamu di jadikan feed di akun mereka.

Rekomendasi :  Pertanyaan dalam Wawancara Bahasa Inggris

Pilih Jenis Kalimat yang Sesuai

Pada kalimat berbahasa Inggris, tentu harus menggunakan jenis kalimat yang sesuai dengan waktu yang akan di bahas. Misalnya, untuk bentuk lampau, kamu harus menggunakan jenis kalimat simple past tense. Untuk peristiwa yang belum terjadi, kamu harus menggunakan simple future tense.

Kamu harus tepat menggunakan jenis kalimat tersebut. Sebab, jika kurang tepat maka akan sulit di baca atau di terjemahkan. Jika orang asing yang membacanya tentu ia tidak akan mengerti karena penempatan katanya keliru. Jadi sebaiknya buatlah caption IG bahasa Inggris yang sesuai dengan waktu yang tepat.

Jika diterjemahkan maka rangkaian kata akan rancu dan kurang enak dibaca. Bahkan kamu juga akan terkesan tidak pandai membuat caption atau kalimat berbahasa Inggris. Bisa saja kamu akan ditertawakan karena menggunakan jenis kalimat yang salah. Maka berhati-hatilah menggunakan jenis kalimat dalam caption IG.

Jangan Mulai Caption dengan sebuah Particle

Caption IG bahasa Inggris sebaiknya tidak dimulai dengan sebuah particle atau an, a, atau the. Hal itu dikarenakan, particle tersebut sudah terlalu jamak atau umum dan mengurangi jumlah kata maksimal dalam sebuah caption. Misalnya, daripada mengatakan “A chicken  at the green field”, kamu bisa mengatakan “little cicken walk through green field.

Selain itu, menempatkan nama orang di awal caption bisa jadi kurang menarik. Caption bisa dimulai dengan deskripsi terlebih dahulu, baru kemudian disertai namanya. Misalnya, jangan katakan “Nicola Tesla near the secret garden.” Sebaiknya tulis “Engineer Nicola Tesla near the secret garden.”

Itulah beberapa tips membuat caption IG bahasa Inggris yang menarik dan sesuai. Perlu kamu ingat bahwa sebuah caption dibuat harus mengandung makna namun tetap menggunakan kata yang sesuai. Perhatikan tips di atas agar caption yang kamu buat sangat menarik dan bermakna.

Artikel belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu baca lagi yakni “Belajar Bahasa Inggris Melalui Lirik Lagu“.