tips jago writing

Writing adalah salah satu skill yang harus dikuasai dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menulis dengan baik apabila mampu menguasai skill ini. Belajar menulis bisa dilakukan tahap demi tahap dan pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Keinginan untuk menulis biasanya tuntutan sekolah atau pun keinginan untuk menghasilkan uang. Inilah beberapa tips jago writing yang bisa kamu lakukan.

a. Mencoba untuk Selalu Menulis di Satu Tempat Saja

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencoba membiasakan diri untuk menulis dalam satu tempat saja. Kamu bisa membeli laptop, komputer, ataupun smartphone. Ketiga benda tersebut bisa memfasilitasi kamu untuk menulis dalam satu tempat saja. Kamu bisa mengusahakan untuk menulis dengan baik dan fokus sehingga tulisan kamu tidak tercecer. Dengan mencoba membiasakan diri menulis dalam satu tempat, maka kamu bisa mereview tulisan kamu lagi dan mengetahui kemampuan writing kamu.

b. Berlatih Menulis Tiap Hari

Tips jago writing selanjutnya adalah mencoba berlatih menulis setiap hari. Kamu perlu tahu bahwa skill menulis tidak akan muncul secara tiba – tiba. Kemampuan ini biasanya muncul dari kebiasaan kamu yang sering menulis. Saat kamu sering dan terbiasa menulis dan membuat tulisan entah itu formal dan informal, maka kamu akan semakin mahir dalam menulis. Tentunya tulisan kamu semakin enak untuk dibaca. Belajar menulis tiap hari di dalam bahasa Inggris akan membantu kamu menulis bahasa Inggris dengan alami dan mengalir apa adanya. Bila kamu tidak melakukannya setiap hari, maka kamu tidak bisa melihat perkembangan dan kemampuan menulis kalian.

c. Memilih Topik

Sebelum menulis, sebaiknya kamu selalu menentukan topik tulisan terlebih dulu. Biasakan untuk memilih topiknya. Banyak orang yang bingung sebelum memulai menulis. Hal ini dikarenakan mereka tidak memilih topik tulisan. Memilih topik tulisan sebenarnya gampang – gampang susah. Ada berbagai topik yang bisa dipilih untuk memulai sebuah tulisan. Kamu bisa mencari inspirasi topik apa yang menurut kamu enak untuk menulis. Kamu juga bisa memilih topik yang gampang dan menurut kamu menarik. Dengan topik seperti ini, pastinya kamu akan jauh lebih nyaman dan enak dalam menulis.

d. Membaca Ulang Tulisan Kamu

Langkah selanjutnya adalah membaca ulang tulisan kamu. Apapun yang ada di dalam kepala kamu sebaiknya kamu utarakan saja dalam sebuah tulisan. Tulis apapun yang ingin kamu tulis. Biarkan tulisan itu mengalir terlebih dahulu. Lupakan masalah grammar, kosa kata, dan lain – lain. Setelah kamu menulis untuk pertama kali, maka kamu menulis draft sebagai tulisan mentah. Di dalam draft ini kamu bisa membaca ulang hasil tulisan kamu yang masih mentah dengan grammar yang pastinya acak – acakan. Kamu bisa mengedit tulisan kamu itu agar lebih sempurna lagi sebelum dikumpulkan ataupun dipublikasikan.

e. Memakai Panduan Koreksi Grammar

Grammar menjadi salah satu masalah bagi banyak orang untuk menulis. Kalau kamu merasakan ini sebagai hambatanmu, maka kamu harus mencari solusinya. Kamu harus tahu tentang semua hal mengenai grammar. Terlebih lagi kamu sedang memulai tulisan. Grammar menjadi salah satu elemen penting dalam suatu hasil tulisan. Untuk menuliskan grammar dengan baik dan benar, maka kamu bisa memakai panduan koreksi grammar. Panduan ini bisa berupa buku – buku grammar. Tetapi, bila kamu malas untuk mengecek di buku – buku itu, maka kamu bisa mencari koreksi grammar online yang sudah tersedia di android, pc, dan internet. Alat koreksi grammar ini berguna untuk mengecek masalah spelling, Word, dan lain – lain.

(Baca juga: 8 Peraturan Dasar Dalam Belajar Grammar Bahasa Inggris)

f. Berpikir Kreatif dan Inovatif

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berpikir kreatif dan inovatif. Untuk menghasilkan tulisan yang bagus dan baik, maka kamu harus bisa berpikir lebih kreatif dan keras lagi untuk meramu kata dan kalimat dengan baik. Menulis dengan suatu topik yang sama pastinya akan membuat kamu menjadi bosan. Untuk itu, kamu perlu mengembangkan ide dan kreativitas yang bisa menulis banyak tulisan dengan topik yang sama. Kamu bisa membuat tulisan dengan sisi dan sudut pandang yang berbeda sehingga kamu bisa menghasilkan lebih banyak tulisan yang kreatif dan inovatif.

Itulah beberapa tips jago writing yang bisa kamu lakukan. Harus terus berlatih ya LC’ers biar bener-bener jago writing bahasa inggris.