tips debat bahasa inggris

Bahasa internasional adalah bahasa pengantar yang memang banyak digunakan hampir seluruh orang di dunia juga sudah bertemu dalam sebuah forum, meski mereka mempunyai latar belakang, bahasa, suku dan budaya yang berbeda. Dengan menggunakan bahasa Internasional maka semua perbedaan bahasa tersebut bisa bersatu. Bahasa Inggris juga mewakili seluruh bahasa yang ada di bumi karena memang Bahasa Inggris sudah disepakati sebagai Bahasa Internasional yang sudah dipakai banyak negara. Termasuk di Indonesia sendiri, pembelajaran Bahasa Inggris sudah masuk ke sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Semakin menjamurnya tempat kursus Bahasa Inggris, mereka menawarkan pembelajaran menarik dengan cara debat Bahasa Inggris.

Apa yang dimaksud debat?

Menurut KBBI, debat mempunyai arti bertukar pendapat tentang suatu hal dengan memberikan berbagai alasan mendukung dan argumen masing-masing peserta. Debat Bahasa Inggris menuntut pesertanya bertukar pendapat dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini bukan seperti debat kusir yang dilakukan tanpa alasan dan emosional, melainkan sebuah debat aktif yang membuat siswa bisa mengemukakan pendapat dalam Bahasa Inggris. Dalam kegiatan debat, biasanya terdapat dua orang atau dua kelompok yang masing-masing sudah disediakan topik terlebih dahulu. Kemudian mereka akan melakukan diskusi dengan tim mana saja yang biasa dikenal sebagai case building. Setelah selesai melakukan diskusi, setiap pembicara atau speaker bisa menyampaikan pendapatnya yang berkaitan dengan topik tersebut dengan waktu tertentu. Debat Bahasa Inggris melatih kemampuan logika kalian dengan topik yang sudah disediakan sekaligus mengasah kemampuan bahasa inggris kalian.

Tips Mudah Debat Bahasa Inggris

  • Lakukan persiapan sebaik mungkin

Dengan kata lain, kamu seperti sedang menyiapkan amunisi sebelum mulai berperang. Sebelum melakukan debat, kalian juga mempersiapkan diri terlebih dahulu. Pertama, anda bisa mempersiapkan materi yang matang. Persiapan dengan wawasan luas sangatlah membantu dan lebih mudah menjalankan logika ketika kalian berdebat. Terlebih lagi jika topik tersebut dipersiapkan mendadak saat berlangsungnya debat Bahasa Inggris. Selanjutnya, kamu bisa mencari tahu tentang teknik debat yang baik dan benar. Kamu bisa mencari tahu titik lemah lawan. Dan tentu saja jangan lupa mempersiapkan Bahasa Inggris yang baik dan benar.

  • Latihan dan latihan

Mungkin kalian pernah mendengar ungkapan, practice makes perfect! Ungkapan tersebut benar adanya karena mempersiapkan diri dengan baik saja belum cukup karena kalian harus terus latihan dan latihan. Entah kalian latihan berbahasa Inggris, presentasi topik, skimming artikel yang bersangkutan dan masih banyak lainnya. Kamu bisa mulai dengan cara berlatih di depan cermin atau mengajak lawan bicara. Akan lebih bagus lagi jika anda sering berkumpul dengan kelompok debat Bahasa Inggris dan saling bertukar informasi bermanfaat.

  • Tetap tenang, sopan dan bisa mengendalikan emosi

Dalam debat apapun termasuk debat Bahasa Inggris, kamu harus tetap tenang dan jangan merasa grogi. Untuk mendapatkan ketenangan tersebut memang membutuhkan latihan khusus dan jam terbang tinggi. Jika anda sering dan terbiasa melakukan debat di depan umum maka kamu akan merasa semakin percaya diri. Namun bagi kalian yang baru pertama kali melakukan debat, jangan terlalu khawatir karena latihan akan membuat kalian merasa nyaman dan percaya diri ketika berbicara di depan orang banyak.

  • Selalu tampil meyakinkan

Salah satu cara agar kalian bisa meyakinkan juri dan audiens adalah menyampaikan pendapat dengan jelas dan sistematis. Kalian bisa ungkapkan poin-poin dengan jelas dan sampaikan dengan data real yang sudah kamu persiapkan sebelumnya sebelum bertanding debat Bahasa Inggris.

Semoga tips menyiapkan diri dalam debat bahasa inggris yang kami sampaikan ini bisa membantu kamu yang sedang melakukan persiapan mengikuti lomba debat ya guys. Good Luck!!!!

Baca juga: Belajar Kosakata Bahasa Inggris Seputar Travelling.