tips menulis artikel bahasa inggris

Menulis artikel bahasa Inggris sebenarnya susah – susah gampang. Menulis artikel berkaitan dengan skill atau kemampuan menulis kamu. Walaupun cuma menulis, tetapi tetap kamu harus memiliki skill ini terlebih lagi ini artikel bahasa Inggris. Kamu harus bisa menulis kata, frasa, dan kalimat dengan benar. Untuk membantu kamu belajar menulis artikel bahasa Inggris, perhatikan beberapa tips dan panduan dibawah ini.

Tips dan Trik Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris

Menentukan Tema Artikel Bahasa Inggris

Dalam suatu artikel, tema merupakan hal yang penting. Tanpa adanya tema, maka kamu akan kesulitan untuk menuangkan ide dan tulisan yang runtut dan bagus. Kamu akan melebar kemana – mana. Tema berguna untuk membatasi artikel yang akan kamu tulis. Misalnya kamu ingin menulis artikel bahasa Inggris dengan tema pelajaran, alam, wisata, kesehatan, ataupun otomotif. Jadi, tentukan tema terlebih dulu sebelum mulai menulis artikel bahasa Inggris. Tema menjadi langkah pertama yang diterapkan dalam belajar menulis artikel berbahasa Inggris.

Menemukan dan Mencari Referensi Artikel

Untuk menulis artikel bahasa Inggris, tentu saja kamu tak bisa melakukan tanpa adanya sebuah referensi. Akan sangat susah bagi kalian untuk menulis artikel bahasa Inggris tanpa bantuan referensi kecuali kamu sudah menguasai tema itu sendiri. Ada beberapa referensi penyedia artikel bahasa Inggris yang terpercaya. Kamu bisa mencarinya di Ezinearticles.com, Buzzle.Com, ataupun articlebase.Com. Tetapi, kamu juga bisa mencari referensi di situs lainnya. Artikel bahasa Inggris yang terpercaya akan membantu kamu belajar dengan cepat dan mudah.

Mengandalkan Translate dan Grammar Checker dalam Menulis Artikel Bahasa Inggris

Ini sebenarnya cara yang tak terlalu dianjurkan. Tetapi bila kamu memang sangat kesulitan dalam menemukan vocabulary atau kata yang tepat dalam membuat kalimat, maka kamu bisa mempertimbangkan cara ini. Tetapi, ingat kamu tak boleh menterjemahkan seluruh kalimat dengan mesin translate. Terjemahkan beberapa kata yang tak dimengerti saja. Jangan sampai menerjemahkan keseluruhan kata dalam artikel bahasa Inggris kamu. Kenapa? Karena mesin penerjemah biasanya menghasilkan tulisan dan bahasa yang kaku dan malah akan susah dimengerti. Bila kamu ketergantungan dengan alat penerjemah,ini, maka kamu akan malas belajar menulis artikel dalam bahasa

Setelah kamu mengatasi permasalahan diatas, maka kamu perlu mengatur susunan grammar yang kurang baik. Kamu bisa memakai aplikasi grammar checker untuk mengatasi masalah ini. Bila ingin lebih mudah, kamu juga bisa meminta bantuan teman yang pandai bahasa Inggris untuk mengecek grammar. Kedua cara ini harus dilakukan karena bila kamu memakai mesin penerjemah maka bahasa yang dihasilkan agak sedikit kaku. Tentu saja ini mempengaruhi pemahaman pembaca untuk menyerap intisari dari artikel yang kamu buat.

Menulis dalam Bahasa Indonesia dan Menyalinnya Kembali dalam Bahasa Inggris

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan mencoba menulis artikel dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Ini memang kurang efisien karena akan dua kali kerja. Namun, bagi kamu yang kurang paham dan pemula dalam menulis artikel bahasa Inggris, maka ada baiknya kamu bisa mempertimbangkan cara ini. Setelah kamu menulis artikel dalam bahasa Indonesia, maka kalian bisa menerjemahkan dalam bahasa Inggris. Lakukan dengan cara instan ataupun dengan manual. Tetapi, jauh lebih baik bila kamu menerjemahkan dengan cara manual. Kamu bisa memahami rumus tenses, kosa kata, dan cara menulis kalimat dalam bahasa Inggris.

Itulah beberapa tips dan trik dalam menulis artikel bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan guys. Agar pengetahuan bahasa inggris kamu semakin kaya baca juga materi lainnya yuk guys. Salah satu yang bisa kamu baca adalah Tips Mudah dalam Menyiapkan Debat Berbahasa Inggris.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •