tips belajar grammar bahasa inggris

Belajar bahasa inggris memang tidaklah mudah. Namun bukan berarti bahasa asing yang satu ini sangat sulit untuk dipelajari. Salah satu aspek yang membuatnya terasa sulit dipelajari adalah adanya grammar atau tata bahasa. Jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia, memang terdapat banyak perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini lah kemungkinan yang membuat sejumlah orang malas untuk belajar grammar bahasa Inggris yang bisa dibilang banyak aturannya. Meski begitu, Anda jangan cepat berputus asa. Terdapat sejumlah cara yang dapat dipahami untuk membantu Anda belajar grammar. Yang pasti, bulat kan tekad terlebih dahulu untuk menguasai bahasa asing ini dan cari tahu tips belajar grammar yang akan dijabarkan lebih lanjut di bawah ini.

Yuk Simak Tips Belajar Grammar

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui tips belajar grammar, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kuasai tenses dalam bahasa Inggris

Yang pertama, Anda perlu mengenali 16 tenses yang ada dalam bahasa Inggris. Terlihat banyak memang. Karenanya, Anda  bisa mulai dengan memahami 3 tenses dasar  (past, present, future) terlebih dahulu agar mudah mengembangkan ke jenis tenses yang lain.

2. Memperbanyak membaca

Agar Anda dapat memahami tenses yang telah dipelajari, perbanyak lah membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Hal ini merupakan tips kedua yang patut dicoba. Anda akan terbiasa dengan semua tenses yang ada dengan rajin-rajin membaca dan memahami kalimat-kalimat bahasa Inggrsis.

3. Memahami how dan why saat menggunakan tenses

Tips selanjutnya untuk mematangkan dua tips sebelumnya adalah dengan mencari tahu tentang mengapa tenses tersebut digunakan dan bagaimana penggunaannya. Hal ini merupakan cara yang dapat membantu Anda memahami lebih dalam terkait dengan penggunaan setiap tenses. Jika perlu, Anda dapat membuat sebuah tabel atau sebuah timeline yang menunjukkan perbedaan waktu yang ada dalam tenses dan kapan tenses tersebut digunakan setelah disesuaikan dengan waktu yang ada. Memahami waktu terjadinya suatu hal dapat membantu Anda untuk lebih mengenal setiap tenses.

4. Latihan menulis

Jika Anda sudah cukup paham, cobalah melakukan tips keempat, yaitu latihan menulis. Menulis dapat mengasah kemampuan Anda untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Untuk ini, Anda dapat mulai menulis sebuah cerita sederhana saja. Jika kalimat-kalimat yang Anda cetus kan sudah benar, mulailah untuk menulis cerita yang lebih rumit. Anda dapat memadukan sejumlah tenses sekaligus. Dalam hal ini, perhatikan waktu yang akan digunakan untuk menulis agar Anda bisa menentukan tenses apa yang tepat untuk digunakan.

Practice Makes Perfect

Jika ada yang mengatakan bahwa “practice makes perfect“, hal ini memang benar adanya. Dengan berlatih terus menerus, Anda dapat memuluskan pengetahuan Anda akan grammar. Belajar bahasa inggris terasa lebih mudah jika grammar telah dikuasai dengan baik. Jika Anda sudah mahir dengan dasar-dasar grammar, latihlah apa yang sudah dikuasai tersebut agar tidak mudah luntur begitu saja. Hal lain yang bisa dilakukan adalah mencari teman yang menguasai bahasa Inggris lebih baik dari Anda. Anda dapat meminta bantuannya untuk mengecek setiap latihan yang Anda buat sendiri atau meminta bantuan untuk menjelaskan satu atau dua pertanyaan yang ada. Memiliki mentor yang anda kenal tentunya dapat membantu memastikan apakah yang dipelajari sudah sesuai atau belum. Selain itu, Anda dapat mengetahui mana saja kesalahan yang diperbuat dan dapat memperbaikinya secara langsung agar tidak terjadi kesalahan yang sama di kemudian hari. Sekian yang dapat dibagikan, selamat mencoba dan semoga berhasil menerapkan semua tips belajar grammar.

Baca juga: 5 Tips Jitu Untuk Meningkatkan Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris.

 

  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •