tips belajar bahasa inggris

Sebenarnya ada banyak pilihan metode untuk belajar bahasa Inggris secara efektif. Sampai saat ini, tidak dipungkiri bahwa bahasa Inggris masih sering dianggap sebagai momok bagi banyak orang, termasuk para generasi muda. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris adalah hal yang sulit. Sebenarnya kunci utama dari kesuksesan belajar bahasa Inggris adalah bagaimana cara Kamu belajar. Jika Kamu bisa enjoy dan tidak ngantuk saat belajar, tentu Kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan kemampuanmu berbahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa tips belajar bahasa Inggris yang sebaiknya Kamu coba.

8 Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris

Baca Novel Bahasa Inggris

Novel merupakan salah satu karya yang memiliki banyak idiom dan perbendaharaan kata. Selain akan membawa Kamu ke alam imajinasi, membaca novel juga dapat membantu Kamu menambah kosakata. Semakin banyak genre novel yang dibaca, semakin banyak juga idiom dan kosakata yang akan dipelajari. Selain itu, Kamu juga akan lebih mudah memahami struktur kalimat yang baik

Gunakan Bahasa Inggris Untuk Update Social Media

Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa social media menjadi tempat yang paling sering Kamu gunakan untuk curhat, mengeluh, dan berbagai macam update yang sedang ada di pikiranmu yang mungkin tidak semua orang yang membaca menyukai nya. Untuk itu, cobalah untuk membuat update status dalam bahasa Inggris. Cara ini akan melatih kepercayaan diri Kamu untuk menggunakan bahasa Inggris

Video Game

Apakah Kamu termasuk penggemar game? Jika ya, hobi ini juga bisa disalurkan untuk belajar bahasa Inggris lho. Bermain video game merupakan hal yang sangat menyenangkan, terutama untuk para cowok. Berbagai macam game dengan beragam genre maupun konsol pasti sudah tidak asing lagi. Tips belajar bahasa Inggris dengan video game adalah memilih genre berupa real time strategy dan role playing game. Game dengan genre tersebut memiliki banyak dialog yang akan membantu Kamu belajar bahasa Inggris. Game olahraga seperti PES dan FIFA juga tidak kalah membantu. Commentary yang disampaikan dalam bahasa Inggris akan membantu melatih kemampuan listeningmu.

Menonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Menonton film merupakan cara yang paling banyak dilakukan untuk menghilangkan penat baik menonton sendiri di laptop, TV, atau di bioskop. Biasanya film berbahasa Inggris ditampilkan dengan subtitle bahasa Indonesia. Untuk membantu Kamu agar semakin lancar berbahasa Inggris, cobalah untuk menonton film tersebut tanpa menggunakan subtitle. Jika hal ini dirasa sulit, Kamu tetap dapat menggunakan subtitle tetapi subtitle berbahasa Inggris. Dari film tersebut, Kamu dapat belajar melafalkan kata – kata maupun kalimat bahasa Inggris dalam dialog yang diucapkan oleh tokoh – tokoh dalam film.

(Baca juga: 5 Alasan Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Lewat Kartun)

Menggunakan Gadget

Gadget saat ini seolah – olah telah menjadi kebutuhan penting di mana Kamu tidak bisa terlepas dari perangkat yang satu ini. Mulai dari kegiatan sosmed, chatting, atau browsing dapat dilakukan dengan perangkat yang satu ini. Selain untuk kegiatan tersebut, gadget juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mu belajar bahasa Inggris. Kamu bisa menginstal aplikasi kamus, aplikasi latihan TOEFL, atau kuis bahasa Inggris. Di toko aplikasi masing – masing sistem operasi, saat ini sudah tersedia banyak pilihan aplikasi yang akan memudahkan mu belajar bahasa Inggris. Aplikasi tersebut dapat digunakan sewaktu – waktu untuk mengisi waktu luang misalnya saat perjalanan.

Membaca Artikel atau Berita Bahasa Inggris

Kemudahan Kamu miliki untuk terhubung dengan koneksi internet tentu akan semakin membuka lebih banyak kesempatan. Saat ini, mudah sekali untuk menemukan berita atau artikel berbahasa Inggris dengan berbagai topik mulai dari artikel/berita politik, olahraga, hingga kesehatan dapat Kamu temui di internet. Dengan membaca artikel tersebut secara rutin, sense Kamu terhadap tulisan berbahasa Inggris pun akan semakin terasah.

Mempraktekkan

Setelah Kamu belajar dari berbagai sumber dan cara, maka sebaiknya jangan ragu untuk mempraktikkan pengetahuan tersebut ke dalam percakapan. Ajak teman atau orang yang sudah fasih berbahasa Inggris untuk melatih kemampuan conversation. Supaya tidak bosan, Kamu bisa membahas tentang topik – topik yang disukai misalnya mengobrol tentang skor pertandingan bola terbaru, film – film baru yang sedang diputar di bioskop, atau topik lainnya yang menarik.

Menulis Berbagai Hal Dalam Bahasa Inggris

Untuk menguasai bahasa Inggris, Kamu tidak boleh malu menuliskan segala sesuatu dalam bahasa Inggris. Mulailah dari hal yang sederhana hingga rumit. Contohnya tuliskan perkenalan diri dalam bahasa Inggris, menulis surat cinta berbahasa Inggris, mengirim pesan dengan bahasa Inggris, dll. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari, pasti kemampuan bahasa Inggrismu akan berkembang pesat. Agar lebih rutin, Kamu juga bisa menulis diary dalam bahasa Inggris.

Nah itulah beberapa tips belajar bahasa Inggris yang asyik. Kalau Kamu mencoba tips di atas secara rutin, maka kemampuan bahasa Inggris Kamu pasti akan meningkat.