tips membaca artikel bahasa inggris

Membaca artikel dalam Bahasa Inggris adalah satu tantangan yang sangat menarik. Apalagi jika kamu ingin mengukur seberapa jauh kamu bisa memahami isi dari sebuah artikel yang ditulis menggunakan Bahasa Inggris. Berikut kami sajikan beberapa tips membaca artikel bahasa inggris untuk memudahkan kamu  agar bisa memahami apa-apa saja yang disampaikan dalam artikel tersebut dengan lebih mudah.

1. Membaca tanpa menggunakan kamus

Cara menangkap makna dari tulisan dengan Bahasa Inggris tanpa menggunakan kamus mungkin jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun, justru inilah cara yang terbaik. Ketika kamu membaca kemudian menemukan kata-kata baru yang tidak kamu mengerti artinya dan kemudian membuka kamus untuk mengecek artinya, maka itu akan sama saja dengan meninggalkan fokus yang telah kamu bangun sejak kamu membaca kalimat pertama dari artikel tersebut.

Saat kamu membaca tulisan dengan bahasa asing, otak akan bekerja lebih keras karena harus mengartikan arti dari kata-kata yang dibaca, kemudian diproses dan menyimpan informasinya agar menjadi utuh hingga proses membaca selesai. Namun, jika kamu berhenti dan melakukan aktivitas lain seperti mengecek arti kata-kata di dalam kamus, maka prose situ akan terganggu dan sangat mungkin apabila ada informasi yang kemudian tidak tersimpan dengan baik.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu hanya perlu untuk terus melanjutkan apa yang kamu baca. Memahami maksud dari sebuah kalimat atau teks sebenarnya tidak mengharuskanmu untuk mengetahui arti dari setiap katanya. Kamu cukup membaca kata-kata sebelum dan sesudah kata sulit itu, maka kamu akan bisa menebak apa maksud dari kata itu. Namun, jika menggunakan cara tersebut masih juga belum membuahkan hasil, kamu bisa mencatat atau menggaris bawah kata tersebut untuk kemudian dicari artinya setelah kamu membaca seluruh teks. Meski ada banyak kata-kata yang tidak kamu pahami, namun selama kamu bisa menangkap gambaran isi artikel secara garis besar maka itu cukup. Kamu bisa mengulanginya kembali untuk memahaminya secara lebih dalam.

2. Buat ringkasan

Tips yang kedua adalah dengan membuat ringkasan tentang informasi apa saja yang kamu dapatkan dari artikel yang kamu baca. Jika saat membaca untuk pertama kali kamu hanya bisa menangkap sedikit informasi, jangan putus asa dan menyerah. Semua hal membutuhkan proses. Baca artikel tersebut untuk kedua kali tiga kali dan seterusnya. Jika saat pertama kali kamu hanya bisa mendapatkan inti yang sedikit karena tidak mengetahui beberapa kata, maka di kali kedua kamu akan bisa menambah hasil ringkasan. Oleh karena itu, kamu bisa memberi jarak untuk setiap poin yang kamu tulis ke dalam ringkasan agar kamu dapat berjaga-jaga untuk menuliskan tambahan informasi yang kamu dapat.

Dengan menuliskan ringkasan dari artikel yang kamu baca, maka kamu akan membuat otak semakin peka dan terlatih dalam belajar Bahasa Inggris. Yang pertama, kamu melatih kemampuan membacamu, sementara yang kedua, kamu juga melatih kemampuan otak untuk mengolah kata. Ringkasan yang kamu buat sebaiknya juga menggunakan Bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu akan terbiasa dengan berbagai macam frasa, idiom, jenis kalimat serta menuliskan apa yang ada di dalam kepalamu.

3. Jangan berhenti menulis

Dalam membuat ringkasannya, kamu tidak perlu mempermasalahkan bentuk tata bahasa atau grammarnya. Sama seperti saat membaca pertama kali, kamu bisa memperbaiki tulisanmu nanti. Jangan sampai apa yang sudah diolah oleh otakmu tidak tersalurkan dengan baik melalui jari-jarimu karena kamu sibuk menimbang apakah kamu sudah menuliskan kalimatnya sesuai dengan aturan tata bahasanya atau belum. Untuk masalah kalimatnya, kamu bisa membuatnya sesimpel mungkin, sesuai apa yang kamu tangkap. Tidak harus panjang-panjang atau rumit seperti apa yang kamu baca. Jika kamu menemukan kosakata baru, kamu juga bisa menggunakan kosakata tersebut dan membungkusnya dalam balutan kata-kata lain yang sudah kamu pahami. Dengan cara ini, maka kosakata baru tersebut akan lebih tertanam dalam otakmu.

Itulah beberapa tips membaca artikel bahasa inggris. Semoga tips ini dapat membantumu memahami artikel yang menggunakan Bahasa Inggris dengan lebih baik. Selamat mencoba.

Baca juga: Adakah Cara Lain Mengatakan Want dalam Bahasa Inggris?.