prefix dan suffix

Ada yang pernah mendengar apa itu suffix dan apa itu prefix? Mungkin kita sering dengar saat belajar Bahasa Indonesia waktu SMP/SMA. Hanya saja sekarang menggunakan Bahasa Inggris. Kita mulai dari suffix ya guys.

Penjelasan Suffix dan Prefix

A. Suffix

Suffix adalah imbuhan yang berada di akhir kata, yang pasti ini akan mengubah sebuah arti dan kelas kata itu sendiri. Disini kita akan fokus perubahan kata dari noun ke verb, verb ke noun, noun ke adjective dan adjective ke noun.

Cara cepat mengenali jika kelas kata itu adalah noun, cukup ingat-ingat beberapa akhiran ini. Jika sebuah kata di akhiri dengan imbuhan –ation, -ion, -ness, -ity, -ence, -sion, -ment sudah dipastikan kalau kelas katanya adalah noun.

  1. Perubahan dari verb ke noun dengan melihat suffix atau akhiran kata

a. Communicate (v) = communication (n)

Communicate adalah kata kerja atau verb, sedangkan communication adalah kata benda atau noun, sudah jelas dalam arti dan penggunaan kalimat juga berbeda. Communicate artinya adalah berkomunikasi dan communication adalah komunikasai.

Example:

  • If you communicate with someone, you share information with them.
  • She has good communication.

b. Decide (v) = decision (n)

Kata dasarnya disini adalah decide, yang berkelas kata verb atau kata kerja, artinya adalah memutuskan. Sedangkan kata decision itu sendiri berkelas kata noun dan artinya keputusan. Terkadang masih banyak yang salah dalam memggunakan kata decide ataupun decision.

Example:

  • She decided to take a course in philosopy.
  • He does not want to make quick decision and regret it later.

Itu adalah contoh perubahan dari verb ke noun dengan menambahkan imbuhan di akhirnya. Tapi tidak semua kata kerja bisa diberi sisipan dan berubah menjadi noun. Contohnya study (v) artinya belajar, kata study ini tidak bisa ditambahkan sisipan untuk merubahnya menjadi noun. Study artinya belajar, bentuk nounnya adalah lesson (v) yang artinya pelajaran.

  1. Perubahan dari noun ke adjective

Nah guys, jika tadi membahas masalah noun, sekarang kita akan membahas tentang adjective. Bila ada kata yang berakhiran -ous –y –tific –ly –ful –less –ial biasanya adalah adjective

a. Friend (n) = friendly (adj)

Kata dasarnya disini adalah friend, berkelas kata noun, maka bentuk adjective nya adalah friendly yang artinya ramah.

Example:

  • I am friendly with his mother
  • he is my best friend

b. Ambition (n) = ambitious (adj)

Ambition adalah noun artinya adalah ambisi, sedangkan untuk bentuk adjective nya yaitu ambitious yang artinya berambisi. Jadi dalam penggunaan kata jelas berbeda. Jangan sampai ketuker ya guys dalam menggunakan dua kata ini.

Example:

  • My ambition is to sail around the world
  • Someone who is ambitious has a strong spirit to reach the dream.

Cukup jelas kan teman-teman untuk menggunakan noun ataupun adjective dalam sebuah kalimat. Dengan banyak membaca text dan menganalisanya akan mempermudah kita untuk cepat mengenali verb dan adjective. Sehingga akan memudahkan kita untuk menggunakan kata sesuai dengan susunan strukturnya.

B. Prefix

Nah guys, tadi kita sudah membahas tentang suffix, sekarang disini kita akan membahas tentang prefix. Apa sih prefix itu?? prefix adalah imbuhan yang berada diawal kata. Tapi disini kita hanya akan membahas imbuhan yang berada diawal kata sifat/ adjective dan diawal kata kerja/ verb.

Adjective atau verb bisa memberi makna negatif saat diawali prefix. Berikut imbuhan yang berada pada adjective. un-, im-, in-, il-. Contoh kata possible maknanya adalah mungkin, jika kita beri tambahan (im)possible, maka artinya menjadi negatif yaitu tidak mungkin.

Sama halnya dengan imbuhan yang berada di kata kerja un-, dis-. Akan memberi makna negatif, contohnya kata agree, kata agree ini bermakna setuju, tapi saat kita beri tambahan (dis)agree, maknanya menjadi tidak setuju.

Sudah sedikit ada gambaran kan tentang prefix dan suffix??? Jika temen-temen pengen tau lebih lengkapnya join us in Kampung Inggris LC kuy !!!

Cara daftarnya gampang banget, kamu tinggal mengisi formulir online DI SINI.

Bukan hanya materi suffix dan prefix saja yang akan kamu kuasai tapi banyak lagi materi lain yang siap menanti untuk kamu taklukan !!!

Baca juga: Pilih Grammar atau Speaking ???