tips meningkatkan score toefl

Tak jarang, atau bahkan kamu mengalami ketika harus belajar TOEFL tetapi harus stuck di tengah jalan. Pertama, saat kamu melakukan try out tes TOEFL, skor hasil tes mungkin biasa saja dan belum sesuai dengan target. Kamu bisa mencoba latihan lagi menggunakan berbagai soal yang berbeda, namun ternyata skor tak kunjung naik, meskipun kamu sudah belajar. Masalahnya akan semakin rumit jika ini terjadi pada saat tes TOEFL sebenarnya dan bukan latihan. Pada kesempatan kali ini, artikel akan membagikan tips meningkatkan score TOEFL untuk membantu skor TOEFL yang tak kunjung meningkat.

Selain masalah biaya yang tidak murah, terlebih lagi jika kamu mengikuti TOEFL IPT apalagi IBT. Jika hal tersebut terjadi pasti akan membuat kamu merasa semakin tertekan. Kabar baiknya, semua tidak ada yang mustahil jika kalian terus mencoba dan berusaha. Pastinya akan selalu ada jalan yang bisa membantu meningkatkan skor TOEFL sesuai target. Nah, tips yang akan dibagikan di bawah ini bisa membantu kamu move on dari skor yang selalu sama atau bahkan menurun, dan akhirnya bisa meningkat sesuai target.

Rancang Strategi Sebelum TOEFL

Banyak dari kita yang masih stuck pada skor ITP 500, padahal target yang harusnya dikejar yaitu 550. Untuk menaikkan skor 50 saja, rasanya terkadang susah sekali. Padahal mungkin kamu sudah belajar setiap hari. Bahkan, kemampuan bahasa inggris secara akademik mungkin sudah bisa dianggap bagus. Bisa dibilang, kemampuan bahasa inggris kalian mungkin sudah naik sejak bulan alu, namun saat bulan ini mengikuti tes TOEFL ternyata skornya masih sama di angka 500. Mungkin, masalah utamanya bukan pada kemampuan bahasa inggris kalian, namun kurangnya mengatur strategi yang baik saat pelaksanaan tes TOEFL. Kemampuan seseorang bisa dibagi menjadi dua, yaitu kemampuan bahasa inggris dan ada juga kemampuan TOEFL. Seperti yang kalian tahu bahwa saat melaksanakan tes TOEFL ada beberapa jenis soal dengan batas waktu tertentu. Nah, tantangan ini yang mengharuskan kalian bisa membuat strategi.

Misalnya, saat kamu menghadapi soal listening, kamu bisa membaca dulu pertanyaannya sehingga kamu bisa terlebih dahulu menaksir topik yang akan dibicarakan native speaker di dalam audio soal tersebut. Ketika audio tersebut sedang diputar, kamu tidak merasa blank dan lebih mudah untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Namun strategi ini mungkin tidak cocok untuk orang lain, karena semakin sering latihan, kamu pasti bisa menemukan strategi yang nyaman dan tepat untuk digunakan.

Perhatikan kekuatan dan kelemahan kamu

Jika dalam organisasi ada yang namanya analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), maka dalam mempersiapkan tes TOEFL kalian juga haus melihat dimana letak kelemahan dan kekuatan kalian sendiri. Mungkin, salah satu penyebab skor TOEFL kamu tidak meningkat dikarenakan kamu belum paham dengan kekurangan kamu sendiri. Bahkan kamu tidak mencari tahu apa akar masalah tersebut. Jadi, coba evaluasi lagi dimana letak kekurangan kamu selama mempelajari TOEFL dan mulailah memperbaikinya.

Kamu juga bisa memulai membuat semacam catatan harian TOEFL. Kamu bisa membuat catatan untuk soal apa yang bisa kamu jawab dengan benar, dan soal seperti apa yang kamu jawab salah. Kamu juga bisa membuat catatan materi apa saja yang membuat skor kamu stuck dan materi apa yang paling kamu kuasai dan percaya diri saat menjawabnya. Misalnya, kamu merasa sangat kesulitan saat menemui materi independent dan dependent clause, namun kamu sangat jago dalam membedakan mana verb, adverb, adjective dan noun. Ini juga langkah yang dapat kamu ambil untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kamu. Yang masih kurang bisa kamu lengkapi, yang salah bisa kamu perbaiki, kekuatan yang kamu miliki bisa digunakan untuk menutupi kekurangan yang lain. Satu lagi. meskipun kalian menghadapi kesulitan saat mengerjakan soal yang kamu lemah pada materi tersebut, namun jamu haris menyelesaikan dan mencari solusi untuk soal tersebut hingga tuntas. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bahwa soal sesulit apapun pasti ada celah yang dapat diapakai untuk menyelesaikannya.

Meminta bantuan

Kursus bahasa inggris untuk mempersiapkan TOEFL merupakan salah satu pilihan yang bagus dimana kamu bisa tanya kapan saja kepada partner atau tutor belajar. Namun memang tidak semua orang mampu membayar biaya kursus tersebut.  Jika kamu mempunyai anggaran yang cukup, kamu bisa mengambil kursus untuk TOELP preparation. Jika tidak, kamu bisa bertanya kesulitan pada teman yang memang jago bahasa inggrisnya. Kamu bisa bertanya kepada guru di sekolah, teman sekelas, berbagai forum bahasa inggris di internet, masuk ke komunitas bahasa inggris, atau bahkan chatting dengan native speaker.

Semoga tips meningkatkan score TOEFL diatas bisa membantu kamu untuk meningkatkan skor TOEFL yang masih stuck atau bahkan menurun.

Tips IELTS baca di sini yuk: Tips Sukses Menghadapi Tes IELTS.