single vowel sound

Apakah Anda pernah mendengar tentang single vowel sound? Istilah ini seringkali ditemukan dalam percakapan atau pun speaking. Vowel sound seringkali sangat diperhatikan saat pelafalan suatu kata di dalam bahasa Inggris. Ini merupakan komponen penting di dalam bahasa Inggris terutama speaking dan pronunciation. Apa itu pronunciation? Pronunciation adalah materi yang berfokus terhadap pelafalan dan pengucapan kata bahasa Inggris dengan benar.

Single Vowel Sound Pada Pronunciation Bahasa Inggris

a. Fungsi Mempelajari Single Vowel Sound

Mempelajari bagaimana cara mengucapkan kata dengan benar memiliki beberapa fungsi. Yang pertama adalah membuat Anda terlihat semirip mungkin dengan native speaker karena Anda bisa mengucapkan kata bahasa Inggris dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga bisa mengasah kemampuan speaking dan pronunciation Anda saat Anda mempelajari single vowel sound ini. Istilah ini tidak sembarangan diucapkan. Ada beberapa aturan yang mendasari bagaimana cara melafalkan kata ini dengan baik dan benar.

Ada beberapa peraturan dan aturan yang harus Anda ketahui dalam melafalkan sound vowel ini. Ada beberapa kata bahasa Inggris yang terkadang pengucapannya sama dan Anda harus tahu bagaimana cara mengucapkannya agar artinya berbeda. Jangan sampai Anda salah mengucapkannya sehingga lawan bicara Anda tak tahu dan paham maksud kalimat dan kata Anda.

b. Apa Itu Single Vowel Sound?

Istilah single vowel sound seringkali dipakai dalam pronunciation. Untuk bisa mengucapkan semua kata bahasa Inggris dengan baik dan benar, maka Anda harus mempelajari kelas pronunciation yang cukup kompleks. Saat Anda belajar materi ini, pastinya Anda akan menyadari beberapa kesalahan pengucapan kata yang mungkin seringkali Anda lakukan. Padahal Anda merasa pengucapan tersebut sudah benar. Di dalam kelas pronunciation, Anda akan mempelajari banyak simbol dan cara mengucapkan dan melafalkan kata bahasa Inggris.

Salah satu simbol yang akan dipelajari di dalam kelas pronunciation adalah simbol di dalam materi vowel sound. Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang simbol – simbol vowel sound, ada baiknya Anda mengetahui tentang maksud dari single vowel itu sendiri. Vowel adalah suara vokal yang diucapkan dalam deretan alphabet seperti A, I, U, E, O. Tetapi di dalam bahasa Inggris, kata vokal bukan hanya itu saja. Masih banyak suara vokal yang harus dipelajari agar Anda bisa melafalkan kata bahasa Inggris dengan baik dan benar.

c. Contoh Pengucapan Single Vowel Sound

Untuk lebih memperjelas maksud dari single vowel sound ini, maka Anda bisa mempelajari beberapa contoh pengucapannya. Contoh pengucapannya adalah saat membaca kata dengan satu huruf “E”, dan saat membaca kata dengan dua huruf “E” dan berdampingan dengan huruf “EE”, maka suara yang dikeluarkan untuk masing – masing kata berbeda karena mampu mempengaruhi arti atau pesan dari kata – kata itu. Untuk single vowel itu, ini berarti mempunyai arti suara vokal tunggal ataupun tidak mengeluarkan pronunciation suara vokal ganda. Di dalam single vowel, ada beberapa simbol yang bisa Anda pahami dan perhatikan. Inilah beberapa simbolnya.

Simbol – simbol single vowel sound itu bisa digunakan sebagai petunjuk untuk mengucapkan kata di dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Saat Anda menemukan sebuah vowel “A” di dalam suatu kata, tak semuanya huruf A itu dibaca dengan A. Ada pula yang dibaca dengan EI ataupun IE tergantung kata vokalnya. Pengucapan simbol tersebut bisa dilihat dari tabel simbol diatas. Anda bisa memakai simbol – simbol di atas untuk mempelajari cara pelafalan kata – kata vokal tersebut.

Untuk memperjelas penjelasan di atas kamu bisa langsung simak pembahasannya melalui video dibawah ini:

Dalam belajar pronunciation yang paling penting dan harus banget kamu lakukan adalah PRAKTIK termasuk ketika kamu mempelajari single vowel sound ini. Bisa berbicara seperti native bukan lagi mimpi !!!