persiapan test IELTS

Tes penguasaan bahasa Inggris seringkali menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi apabila kalian ingin masuk ke sekolah-sekolah, perguruan tinggi, atau pun bekerja di suatu instansi atau perusahaan tertentu. Ada berbagai macam tes penguasaan bahasa Inggris yang bisa kalian ikuti, misalnya saja TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

Dalam artikel ini, ktita akan membahas lebih banyak tentang tes IELTS, serta bagaimana tips persiapan tes IELTS yang mungkin bermanfaat untuk kalian. Sebelum kita membahas kiat-kiat untuk persiapan tes IELTS, mari kita ulas sedikit tentang apa itu tes IELTS dan apa saja yang harus kamu ketahui tentang tes penguasaan bahasa Inggris ini.

Apa itu tes IELTS?

IELTS, atau International English Language Testing System merupakan tes yang mengujikan seberapa mahir kemampuan bahasa Inggris yang kalian miliki. Sistem ujian yang bertaraf internasional ini dikelola oleh tiga organisasi besar bertaraf Internasional yaitu IDP Australia, Cambridge University, dan British Council. Tes yang condong pada British English ini banyak diakui dan digunakan di Inggris dan negara-negara persemakmuran Inggris termasuk Australia dan Selandia Baru.

Untuk apa tes IELTS?

Sertifikat IELTS seringkali diperlukan untuk persyaratan pendidikan, pekerjaan, maupun keimigrasian. Mengapa perlu memiliki sertifikat IELTS dengan skor tertentu? Tujuannya tidak lain adalah untuk memastikan kalian memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup untuk berkomunikasi sehingga tugas belajar, bekerja, ataupun berinteraksi dengan orang di sekitar tidak akan mengalami hambatan dalam hal bahasa.

Apa saja yang diujikan dalam tes IELTS?

Kemahiran kalian di semua skill berbahasa, yaitu listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca) dan writing (menulis) akan diuji. Oleh karena itu, kalian perlu melakukan persiapan tes IELTS dengan baik apabila ingin lulus di semua skill yang diujikan. Biasanya, tes untuk kemampuan listening, reading dan writing akan langsung diujikan pada hari yang sama secara maraton. Jadi, kalian juga harus berlatih sebaik mungkin agar tidak kaget, kelelahan, atau kehilangan konsentrasi karena harus mengikuti tes dalam waktu lebih dari dua jam. Untuk tes berbicara, bisa dilakukan di hari yang sama, ataupun pada lain hari di minggu yang sama, karena jadwal tes berbicara harus disesuaikan dengan penguji yang akan mewawancarai kalian dan menilai kemampuan berbicara kalian secara langsung (tatap muka).

Bagaimana sistem penilaian nya?

Sistem penilaian pada tes IELTS menggunakan range 1 sampai dengan 9. Untuk skor 1, dianggap tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup. Skor 2 dianggap memiliki pengetahuan namun masih sangat mendasar. Skor 5 dianggap mampu menggunakan bahasa secara sederhana. Skor 8 dianggap mampu menggunakan bahasa Inggris dengan sangat baik. Sedangkan skor tertinggi 9 dianggap sebagai pengguna ahli.

(Baca juga: Perbedaan TOEFL dan IELTS)

Tips persiapan tes IELTS

Apakah mempersiapkan tes IELTS harus mahal? Tentu jawabannya tidak harus, semua tergantung pada pilihan masing-masing individu. Bagi mereka yang merasa perlu untuk mengikuti bimbingan atau kursus yang berkualitas agar lebih mantap dalam mempersiapkan diri, tentu hal tersebut sah-sah saja meskipun membutuhkan biaya yang relatif mahal. Namun, bukan tidak mungkin jika beberapa orang ingin melakukan persiapan sendiri yang dapat menghemat pengeluaran. Berikut ini beberapa tips persiapan tes IELTS yang dapat kalian praktekkan sendiri di rumah agar tes yang kalian hadapi dapat dilalui dengan sukses,

  1. Persiapkan dana untuk mengikuti tes

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah biaya untuk mengikuti tes IELTS, karena harganya relatif mahal. Harganya bisa berubah, namun berkisar antara 2,5 hingga 3 juta rupiah.

  1. Biasakan untuk selalu membaca petunjuk dengan cermat tiap kali latihan

Tips persiapan IELTS yang sudah pasti harus diterapkan adalah banyak berlatih. Namun, dalam berlatih pun tidak boleh sembarangan, karena kalian tetap harus mempersiapkan strategi agar dapat mengerjakan dengan lancar dan benar. Yang pertama adalah, baca petunjuk dengan cermat dan teliti. Terkadang beberapa section melarang kita untuk menuliskan jawaban lebih dari tiga kata untuk tiap nomer. Meskipun jawaban kalian sebenarnya tepat, namun apabila frasa yang dituliskan terlalu panjang, maka akan salah.

  1. Latih kemampuan listening kalian untuk mendengarkan aksen British English

Karena bahasa Inggris yang digunakan adalah British English, maka kalian harus membiasakan diri menyimak percakapan dengan aksen British agar terbiasa.

  1. Latih kemampuan berbicara kalian dengan memperhatikan detail kecil

Selain menyimak, kalian juga harus melatih kemampuan berbicara. Jangan pernah meremehkan detail kecil seperti pengucapan (pronunciation) dan intonation. Usahakan kalian juga melatih kemampuan kalian dalam mengembangkan ide dan menyampaikan opini, agar tidak bingung ketika diminta berbicara.

  1. Kerjakan soal latihan dengan waktu yang dibatasi

Biasakan mengerjakan soal latihan dengan waktu yang dibatasi seperti tes yang sesungguhnya. Dengan begitu, kalian juga akan melatih time management kalian dalam mengerjakan soal.

  1. Cari teman untuk belajar bersama dan memberikan masukan

Mencari partner belajar terkadang penting. Terutama untuk memberikan masukan pada kemampuan speaking dan writing kalian. Selain itu, kalian juga dapat berdiskusi dengan teman belajar jika memiliki kesulitan atau kendala dalam mengerjakan soal.

Dengan menerapkan tips diatas persiapan menghadapi test IELTS yang kamu lakukan akan semakin matang. Dan mengenai hasil, bukan tidak mungkin mendapatkan bandscore sampai 7. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya LC’ers.