bahasa inggris bahasa internasional

Ketika mempelajari Bahasa Inggris, kamu mungkin sempat berpikir bagaimana sejarah bahasa inggris bahasa internasional. Mengapa bahasa yang cukup sulit harus diketahui dan digunakan oleh seluruh dunia. Mengapa tidak bahasa yang lain? Untuk menjawab keingintahuan tersebut, berikut kami sajikan rangkuman secara singkatnya.

Awal mula Bahasa Inggris

Berdasarkan penelitian para ahli bahasa serta beberapa sumber teks kuno, Bahasa Inggris awalnya bermula dari Bahasa Jermanik Barat, yang mana berasal dari Inggris. Bahasa Inggris tidak serta merta timbul begitu saja. Bahasa ini mengalami perpaduan dan pencampuran dari berbagai macam kombinasi bahasa seperti yang dipakan oleh orang-orang Norwegia, Denmark, serta Anglo Saxon. Periode ini berlangsung cukup lama, yaitu mulai sekitar abad ke-6 hingga abad ke-10.

Pada tahun 1066, mulai terjadi perubahan. Inggris pada masa itu berhasil ditaklukan oleh William the Conquer, atau yang juga sering dikenal dengan Sang Penakluk dari Normandia, Perancis Utara. Inggris yang berada di bawah kekuasaan William membuat negara ini mendapat pengaruh yang hebat dari segi bahasanya. Karena William sendiri berasal dari Perancis, ia dan pasukannya pun turut menyebarkan penggunaan Bahasa Perancis. Sehingga, Bahasa Inggris pun kemudian secara intensif terpengaruh oleh Bahasa Perancis dan juga Latin. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Inggris modern yang kita gunakan saat memiliki jumlah kurang 50%nya sendiri yang berasal dari Bahasa Perancis serta Latin. Karena kekuasaan yang besar dari negara Perancis, bahasa Perancis pun dulunya juga digunakan sebagai bahasa resmi selama beberapa abad di dalam lingkungan pemerintahan.

Penyebaran Bahasa Inggris

Bahasa Inggris yang tergolong dalam bahasa Jermanik membuatnya memiliki banyak rumpun bahasa, terutama untuk bahasa-bahasa yang termasuk dalam cabang Jermanik Barat. Salah satu kerabat terdekat dari Bahasa Inggris adalah bahasa Friesland. Selain itu, Bahasa Belanda serta Bahasa Jerman juga merupakan kerabat lain meski agak lebih jauh. Di sisi lain, Bahasa Inggris juga merupakan bahasa pertama yang digunakan oleh Amerika Serikat, Antigua, Barbuda, Autralia, Bahama, Barbados, Bermuda, Britania Raya, Guyana, Jamaika, Nevis , Saint Kitts, Selandia Baru, Trinidad, serta Tobago.

Penyebaran penggunaan Bahasa Inggris ini dilatarbelakangi oleh pengaruh politik serta imperialism Inggirs yang kemudian diikuti oleh Britania Raya yang mendunia. Setelah Bahasa Inggris sukses tertanam dan digunakan oleh suatu negara, bahasa tersebut pun mulai berkembang sesuai dengan tradisi negara tersebut. Tak jarang pula Bahasa Inggris yang digunakan di negara tersebut memiliki perbedaan dengan Bahasa Inggris pada umumnya.

(Baca juga: Memahami Penggunaan Death, Die, Died dan Dead dengan Tepat dan Benar)

Contoh kecilnya adalah bahasa Pikinini yang digunakan oleh Papua New Guinea. Dulunya, banyak orang-orang Inggris yang berlayar melalui perairan negara tersebut. Akhirnya, penduduk sekitar pun turut ikut dalam kegiatan barter yang dilakukan oleh para pedagang. Awalnya kedua pihak mengalami kesulitan karena saling tidak mengerti bahasa yang digunakan. Akhirnya para pedagang dari Inggris menggunakan isyarat tubuh dengan menyebutkan beberapa kosakata dalam Bahasa Inggris. Penduduk sekitar mengerti dan lama kelamaan, sedikit demi sedikit kosakata diserap oleh negara itu dan menjadi bahasa nasional. Uniknya, karena mereka mengetahui Bahasa Inggris secara lisan terlebih dahulu, apa yang kemudian dituliskan pun secara persis merupakan bunyi yang mereka dengar. Sehingga meski memiliki kesamaan pengucapan, namun penulisan dari kosakata yang sama sangat berbeda.  Namun, meski banyak negara yang menggunakannya, patokan tata bahasa dari bahasa Inggris hanya menggunakan pedoman dari Bahasa Inggris Amerika serta Bahasa Inggris Britania Raya (Britisih) saja.

Semakin lama, penggunaan Bahasa Inggris pun semakin luas. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Salah satu diantaranya adalah fakta bahwa Negara Inggris merupakan sebuah negara yang maju. Hal itu tentunya mengundang banyak orang agar dapat menimba ilmu atau sekedar berwisata di negara itu, yang mana membuat mereka harus bisa menguasai Bahasa Inggris. Selain itu, Inggris juga telah menaklukan banyak negara lain pada masa-masa sebelumnya. Sehingga negara-negara tersebut pun lantas menggunakan Bahasa Inggris. Karena banyaknya negara yang menggunakan Bahasa Inggris, akhirnya bahasa ini pun diresmikan. Bahasa inggris bahasa internasional yang menjadi media berkomunikasi antar negara satu dengan negara yang lain.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •