Presentasi bahasa inggris nggak cuman menguji kemampuan kamu dalam public speaking, terutama menggunakan bahasa inggris. Meskipun kamu bisa fasih berbahasa inggris,tapi kalo kamu nggak punya konsep materi yang bagus, juga nggak ngerti gimana menyampaikan materi tersebut, maka yang ada presentasi kamu jadi boring, alias ngebosenin.

Nah, kira-kira bagaimanakah cara presentasi yang baik? Apa sih presentasi dalam bahasa inggris itu? Apa saja sih aturan yang harus kamu ketahui dalam berpresentasi? Semua itu akan kami bahas pada postingan kali ini. Bahkan, kami juga akan menambahkan contoh lengkap sebuah presentasi di akhir artikel.

Pengertian Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Presentasi berasal dari kata Present, yaitu bermakna menyajikan. Artinya, kamu akan menyajikan bahan presentasi. Presentasi tugas makalah, presentasi hasil survey, presentasi ide proyek di kantor, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi.

Dalam presentasi, kamu harus melakukan riset materi. Bahkan, presentasi gossip jaman sekarang yang ada di TV juga butuh penelusuran, kan? Sama kayak gitu. Ketika kamu lagi menyajikan informasi tertentu, itu berarti kamu harus riset terlebih dahulu, mencari dan mengumpulkan data yang relevan sebelum menyajikannya secara keseluruhan.

Apa Aja Sih Aturan Presentasi dalam Bahasa Inggris?

aturan-presentasi-bahasa-inggris

1. Aturan dalam membuka presentasi

Presentasi dengan bahasa inggris tidak jauh berbeda dengan presentasi menggunakan bahasa Indonesia kok. Kamu juga harus tetap menyapa audiens dengan kalimat pembuka. Misalnya, kamu bisa pakai kalimat seperti ini:

Good morning ladies and gentleman, thank you for coming to my presentation today. I am glad to meet you all.

(Selamat pagi para hadirin, terimakasih sudah hadir dalam presentasi saya hari ini. Saya senang bertemu dengan kalian semua.)

Nah, aturan ketika membuka opening yang betul adalah dengan suara yang lantang. Fungsinya agar mencuri perhatian audiens sejak awal. Jika mereka memperhatikan kamu dalam 5 menit pertama, mereka pasti bakalan memperhatikan kamu sampai akhir presentasi loh.

2. Presentasi harus pakai perkenalan

Rasanya aneh kalo kamu yang lagi presentasi di depan banyak orang, terutama orang yang nggak kamu kenal, tapi kamu nggak mengenalkan diri terlebih dahulu. Apalagi, perkenalan jadi tombak untuk menciptakan kesan. Agar komunikasi bisa dibangun, maka satu sama lain paling nggak harus ada perkenalan terlebih dahulu.

Nah, gimana cara melakukan perkenalan saat presentasi dalam bahasa inggris? Gampang kok, kamu bisa menyebutkan nama, dan hal lainnya seperti dari daerah mana kamu berasal. Jika berpresentasi bersama kelompok, kamu juga bisa mengenalkan anggota kelompok kepada audiens.

Untuk perkenalan, kamu bisa melihat contoh berikut:

Before starting our presentation today, let me introduce myself. I am Rina and I am from Padang.

(Sebelum memulai pesentasi kita hari ini, izinkan saya mengenalkan diri terlebih dahulu. Saya Rina, dan saya dari Padang.)

Rekomendasi :  Analytical Exposition: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Let me introduce ourselves. I am Rina, and here is my partner, Dina. We are from Marketing Division.

(Ijinkan saya untuk memperkenalkan kami. Saya Rina, dan ini adalah partner kerja saya, Dina. Kami dari bagian pemasaran.)

3. Jelaskan Tujuan

Apa yang ingin kamu sampaikan? Apa informasi yang kamu harap audiens mau menyimak? Apa pentingnya sih presentasi ini buat audiens kamu? Semua hal tersebut tentu harus diutarakan supaya audiens mengerti apa saja poin penting yang kamu presentasikan dari awal sampai akhir.

Bagiamana cara menyampaikan pada audisen tentang apa tujuan presentasi dalam bahasa inggris? Berikut contoh kalimat yang bisa kamu gunakan.

Well, ladies and gentleman. In this presentation, we are going to discuss about…

(Baiklah para hadirin. Dalam presentasi kali ini, kita akan membahas tentang…)

Atau,

Okay my friend. The purpose of this presentation is…

(Baiklah rekan-rekanku. Tujuan dari presentasi ini adalah…)

4.  Sampaikan Materi Dengan Baik

Seperti apa sih menyampaikan materi dengan baik? Dalam tahap ini, kamus udah masuk dalam bagian pembahasan. Kamu akan membahas materi presentasi, jadi inilah yang akan menentukan keberhasilan dari hal yang ingin kamu presentasikan. Kamu harus menggunakan tata bahasa yang singkat, jelas, juga gerak tubuh yang sesuai.

Selama proses menyampaikan materi berlangsung, kamu bisa menggunakan beberapa kalimat berikut:

  • What do you think about the picture/video/ the song (Bagaimana pendapat kalian tentang gambar/ video/ lagu tersebut?)
  • In this section, we can see that… (Dalam bagian kita, kita bisa melihat bahwa…)
  • Let us continue to the next slide. (Mari kita beranjak ke slide berikutnya)

Dan masih banyak lainnya. Menyampaikan materi ini harus disampaikan dengan ekspresi yang meyakinkan. Kamu juga harus mengatur nafas, supay nggak grogi dan nggak terburu-buru dalam menyampaikan materi tersebut. Lakukan pula berbagai improvisasi agar audiens tetap betah.

5. Tanya Jawab

Sesi untuk menyampaikan seluruh materi sudah kamu lakukan. Waktunya untuk memberikan kesempatan bagi audiens untuk menyampaikan pertanyaan. Dengan memberikan waktu seperti ini, maka kamu juga membuat presentasi semakin lengkap. Bahkan, momen tersebut bisa dimanfaatkan bagi audiens untuk mendapatkan informasi tambahan.

Seperti apa kalimat bahasa inggris yang tepat untuk mempersilahkan audiens bertanya? Berikut contohnya:

That is all of our presentation. Is there any question? – Itulah presentasi kita. Apakah ada pertanyaan?

So, that is the end of our presentation today. I will try to answer all questions you have. – Jadi, inilah akhir presentasi kita hari ini. Saya akan berusaha yang terbaik untuk menjawab semua pertanyaan kalian.

6. Tutup

Setelah selesai, kamu bisa menyimpulkan bahan presentasi dan tutup kegiatan presentasi tersebut. Misalnya, kamu bisa berkata seperti berikut:

Rekomendasi :  Tips Menghadapi Interview Bahasa Inggris

Thank you so much for your great attention – Terimakasih banyak untuk perhatian kalian semua.

contoh-presentasi-bahasa-inggris

Contoh Presentasi Bahasa Inggris Singkat Tentang Pencemaran Lingkungan

Good morning, ladies and gentlemen, nice to meet you all. My name is Rina. In this presentation, we are going to discuss the river in our village that is full of plastics and waste. The purpose of our presentation is to find out the best strategy how to handle plastic waste so it will not damage our environment, what we mean is the river in this village.

Can you see the pictures here? Look, these pictures are different from each other. The first picture is the river back in 2009. It is so clean, isn’t it? But the second picture here is the condition of the river at this time, in 2019. Clearly, we have a big issue with waste management in our village.

Now, we will divide our presentation into two sections.

First, what will happen if we ignore this issue? Second, what are the best solutions to handle waste management in our village?

Let us start from the first section, what will happen if we ignore this issue?

We use our river to irrigate the paddy field.  We are afraid that we will not able to enjoy the water resource in the next few years if we keep throwing all plastic bags and waste there. Also, the waste only makes the river looks poor, untidy, and full of a mess. It will also damage the image of our villagers, as well.

Let us move to the next section, that is our idea to solve this problem. We think we should encourage all villagers to reduce the use of plastics. We have to clean the river every week, as well.

So, that is all about my presentation. In conclusion, we can say that every single thing we do may impact the condition of our environment. Therefore, if we can keep everything clean, surely the environment will give a good return to us.

Thank you for your attention. I will try to answer all of your questions.

Kampung Inggris Search :

    contoh presentasi bahasa Inggris, Contoh presentasi dalam Bahasa Inggris yang mudah, contoh presentasi versi Inggris, MAKALAH PRESENTASI SERVICE DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA, teks presentasi bahasa inggris
3.7 3 votes
Article Rating