Mempelajari bahasa Inggris tentunya tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Mengingat banyaknya tenses yang harus dipelajari. Sebenarnya, belajar tenses pun mudah, karena semua sudah disediakan rumus untuk setiap tenses.

Meski terkadang antara satu tenses dengan tenses yang lain terdapat kemiripan, namun yang jelas semua berbeda. Karena setiap tenses memiliki ciri – ciri tertentu. Lupa bagaimaa rumus 16 tenses? Baca sekilas dalam 16 Tenses Lengkap dengan Rumus dan contoh yuk!

Salah satu tenses yang dipelajari dalam bahasa Inggris adalah Present perfect Continuous Tense. Tenses ini termasuk ke dalam kelompok present tense sekaligus tenses. Meski begitu, tenses ini memiliki definisi, rumus dan cara penggunaan tersendiri dalam kalimat.

Di bawah ini, akan disajikan penjelasan lengkap mengenai Present perfect Continuous Tense. Lengkap dengan rumus, serta contoh penggunaannya. Yuk simak bersama – sama!

Penjelasan Lengkap Mengenai Present perfect Continuous Tense

present-perfect-continuous-tense

Tenses yang digunakan untuk menunjukkan suatu kejadian yang dimulai pada masa lampau, kemudian berlanjut terus hingga saat ini, inilah pengertian dari Present Perfect Continuous Tense. Tenses ini juga memiliki nama lain yaitu present perfect progressive tense. Kata kerja yang digunakan oleh tenses ini adalah Verb-ing, karena terdapat unsur continuous tense dalam tenses ini.

Pada tenses jenis ini, dimungkinkan juga muncul keterangan waktu, seperti lately, for, since, recently, dan lainnya. Dan umumnya, tenses ini dapat memiliki bentuk positif, negatif, serta pertanyaan (interrogative).

Sampai di sini, mungkin sejenak kita berpikir bahwa tenses ini hampir mirip dengan present perfect tense. Tapi tunggu dulu, jangan mengambil kesimpulan sebelum melihat rumus dan contohnya seperti penjelasan berikutnya!

Rumus Present perfect Continuous Tense

 Mendengar kata rumus, jangan langsung membayangkan sesuatu yang sulit. Bahkan, dengan rumus kamu dapat lebih memahami dan lebih terstruktur dalam menyusun kalimat Present perfect Continuous Tense. Di bawah ini disajikan penggunaan rumus dilengkapi dengan subjek dan bentuk kalimatnya.

SubjectPositiveNegativeInterrogative
They, we, I, youThey/we/I/you + have + been + Verb-ingThey/we/I/you + have + not + been + Verb-ingHave + They/we/I/you + been + Verb-ing
He, She, itHe/she/it + Has + Been + Verb-ingHe/she/it + Has + Not + Been + Verb-ingHas + He/she/it + Been + Verb-ing

Dalam tense ini hampir setiap bentuk kalimatnya menggunakan verb-ing. Apa itu verb-ing? Yuk baca ulang tentang kata kerja ini dalam Perbedaan V1, V2, V3, V-ing!

Rekomendasi :  Contoh Present Perfect Continuous Tense

Pada kalimat positif, kamu dapat menggunakan singkatan I’ve untuk kata I have, you’ve untuk you have, dan lainnya. Namun, singkatan ini tidak berlaku untuk subjek yang menggunakan he, she, it.

Penggunaan pada kalimat negatif, singkatan yang digunakan untuk have not adalah haven’t, sehingga penggunaan di dalam kalimat bukan I haven’t not melainkan I haven’t. Berbeda dengan kalimat positif, pada kalimat negatif dapat digunakan untuk subjek he, she, it. Dengan kalimat yang benar adalah hasn’t untuk has not.

Kata Kerja tanpa Bentuk Continuous yang Diterapkan pada Kalimat

Mmebuat kalimat berdasarkan rumus present perfect continuous tense wajib menggunakan kata kerja. Syarat yang wajib dipenuh, kata kerja harus memiliki durasi waktu tertentu. Meski demikian, hal tersebut tidak selalu terjadi, ini dikarenakan ada beberapa kata kerja yang tidak dapat digunakan pada kalimat tenses ini. Kata kerja yang tidak dapat dimasukkan adalah kata kerja yang tidak memiliki durasi waktu, atau kata kerja yang memiliki waktu hanya dimulai dan selesai secara singkat.

Contoh kalimat sebagai berikut:

  1. I have wanted to visit Norway for years
  2. He known Ruth since he was a teen

Sementara contoh kata yang sering digunakan di dalam Present perfect Continuous Tense untuk menunjukkan waktu terdapat pada contoh di bawah ini:

  1. For: I have been being in relationship with him for 2 years.
  2. Since: I’ve been owning my BMW since 2018.
  3. Recently: Leah has been being late for school recently.
  4. Lately: I haven’t been meeting you lately..

Contoh dan Penggunaan dalam Kalimat

Diantaranya terdapat tiga kegunaan tenses ini yang menunjukkan waktu. Supaya dapat menunjukkan kejelasan waktunya. Di bawah ini dijabarkan kegunaan serta contoh dari kalimat Present perfect Continuous Tense:

  1. Penggunaan yang pertama pada tenses ini yaitu untuk menunjukkan aksi yang sudah dimulai pada masa lalu, kemudian berlanjut hingga sekarang.

Contohnya: I’ve been climbing a tree through the rain for 2 hours.

  1. Kegunaan kedua yaitu untuk menunjukkan aksi yang sudah selesai pada suatu masa di waktu lampau. Kemudian diikuti dengan relevansi kondisi saat ini.

Contoh: I’ve been working with my car all day, and now I want some coffee.

  1. Selanjutnya digunakan sebagai penunjuk aksi yang baru saja selesai, serta menggunakan adverb just di dalam kalimat.
Rekomendasi :  Contoh Present Perfect Continuous Tense

Contoh: It has just been raining in France.

Rumus Present perfect Continuous Tense pada Pertanyaan 5W + 1H

Ada sedikit perbedaan rumus antara kalimat positif, negatif, dan pertanyaan pada tenses ini, dengan kalimat pertanyaan dengan 5W + 1H (what, where, when, why, which, who, dan how).

Rumusnya adalah sebagai berikut:

Kalimat PositifKalimat Pertanyaan
 

 

 

S + have/has + been + present participle

Menanyakan object

 

What/Who + have/has + S + been + present participle

 

Menanyakan Adverb

 

How long/where/why + have/has + S + been + present participle

 

 

Contoh kalimat Present perfect Continuous Tense yang menggunakan pertanyaan 5W + 1H:

  1. How long have you been staying here?
  2. What have they been doing for the last night?
  3. Who have you been talking with?

Contoh Present perfect Continuous Tense yang Diterapkan dalam Kalimat

Berikut ini disajikan contoh penerapan tenses dalam kalimat beserta penjelasannya:

  1. Have you been thinking of your loved ones lately?

Penjelasan: Bentuk interrogative pada contoh kalimat ini ditandai dengan adanya komponen “have” di awal kalimat, serta “been thinking” yang berarti sudah pernah, dari asal verb “think”. Ditambah dengan subject “you” dan “lately” sebagai keterangan waktunya.

  1. The Blue Team have been running for 3 hours.

Penjelasan: Contoh tersebut merupakan contoh kalimat dalam bentuk positif menggunakan tenses. Hal ini dibuktikan dengan “have been running” sebagai komponennya, serta “Blue Team” sebagai subjectnya. Keterangan waktunya sendiri disebutkan yaitu “for 3 hours”.

  1. Marie hasn’t been contributing for us recently.

Penjelasan: Kalimat ini merupakan bentuk kalimat negatif dari tenses ini. Dimana “Marie” menjadi subject kalimat ini, serta komponen “hasn’t been contributing” berasal dari verb “contribute” sebagai perwakilan bentuk tenses dalam kalimat ini. Sementara keterangan waktu dijelaskan dengan kata “recently”.

Itulah pembahasan mengenai Present perfect Continuous Tense serta contoh dan penggunaannya. Semoga dapat membantu kamu untuk lebih memahami salah satu tenses dalam bahasa Inggris ini.

vote
Article Rating