grammar vs speaking

Buat kalian yang pernah belajar Bahasa Inggris di sekolah saat SD, SMP, SMA pasti sudah terbayang-bayang kan bagaimana bosannya mendengar kata Grammar yang identik dengan aturan dan banyak sekali rumus, begitu juga dengan speaking yang harus membuat kalian berfikir masalah vocabulary dan pronunciation saat bicara. Karena sudah termindset sangat rumit, tidak sedikit dari kalian lebih memilih untuk duduk di kantin saat jam pelajaran Bahasa Inggris. Adakah yang seperti itu??

Jadi untuk mempermudah belajar Bahasa Inggris, mana dulu sih yang efektif?? Haruskah kita belajar grammar atau belajar speaking??

Grammar atau Speaking ??

Okee guys, kita akan bahas satu persatu, apa sih grammar itu?? Grammar menurut wikipedia adalah sebuah aturan yang menggambarkan struktur ungkapan dalam Bahasa Inggris, termasuk di dalamnya struktur kata, frasa, klausa dan kalimat. Grammar itu sendiri mempunyai tingkat kesulitan, untuk awal belajar Bahasa Inggris sangat tidak masalah kita mempelajari grammar.

Banyak sekali yang mengatakan bahwa belajar grammar akan menghambat kita saat belajar speaking, belajar speaking atau belajar berbicara dalam Bahasa Inggris sangatlah kontras dengan belajar Grammar yang penuh dengan aturan. Ibaratnya saat kita ingin berbicara tapi kita masih berfikir dulu masalah tenses, verb 1, verb 2 atau verb 3 akan membuat kita susah untuk berbicara Bahasa Inggris.

Banyak yang menganalogikan seperti bayi yang baru lahir hingga dewasa, mereka tidak pernah belajar menyusun kalimat, tapi dengan imitasi atau mengikuti apa yang orang terdekatnya katakan, lambat laun mereka kan mengikuti dan bisa belajar bahasa itu sendiri tanpa harus belajar susunan bahasanya.

Yang menjadi masalah adalah, jika kita mempelajari bahasa asing dan kita tidak berada dimana bahasa itu sering di ucapkan. Contohnya saat kalian belajar bahasa inggris di indonesia, dari mana kalian akan mendengarkan kebiasaan bahasa inggris itu di ucapkan?

Bisa dengan memperbanyak menonton atau mendengarkan, mungkin itu jawabannya. Tapi saya tidak yakin bisa di praktekkan langsung dalam keseharian.

Jadi Bagaimana yang Efektif ??

Belajar grammar dan speaking harus dikombinasikan. Karena grammar itu ada levelnya, maka untuk pemula bisa belajar grammar dasar dan speaking dasar. Saat di awal pembelajaran kita kan diajarkan bagaimana menyusun kalimat dengan benar agar tidak tebolak-balik, itu akan kita dapatkan di kelas grammar, dan untuk mengucapkan pelafalan dengan benar dan tips untuk mengembangkan ide sebagai bahan berbicara bisa kita dapatkan di kelas speaking.

Nah dengan kita belajar membuat kalimat yang benar atau bisa kita sebut belajar grammar, maka saat di kelas speaking bisa kita kembangkan. Contohnya kita belajar tentang tenses simple present. My brother cries in the yard. Dari contoh kalimat ini kita sedang belajar rumus tenses my brother di fungsikan sebagai subject, cries ini difungsikan sebagai verb dan in the yard difungsikan sebagai keterangan tempat.

Tapi disisi lain, ini bisa kita jadikan bahan untuk menjadi telling story, menjadi topik dalam berbicara Bahasa Inggris. Contoh my brother cries in the yard, he brings so many toys with his friends. They are very happy, after that one of his friend throw his favorite toys, he is really annoy then he cries.

Di awal kita belajar menyusun kalimatnya, setelah itu barulah di ulang-ulang sampai kita hafal dan bisa mengembangkan ide nya sedikit demi sedikit. Jadi sebenarnya belajar speaking ataupun grammar bisa kita pelajari bersamaan. Tidak harus mendahulukan grammar atau speaking, karena memang keduanya sangat penting.

Baca: Cara Belajar Speaking Dengan Mudah

Kesimpulan

So, jangan takut untuk membuat kesalahan ya guys, saat kita belajar grammar jangan takut salah menyusun kalimat, paragraf hingga membuat cerita, saat belajar speaking jangan takut salah susunan bahasa kalian amburadul, pengucapan nya tidak jelas atau mungkin yang dibicarakan muter-muter. Semua butuh proses, saat kalian sering mendapatkan banyak kesalahan di situlah proses dari tidak tau menjadi tau sedang berlangsung.

Mulailah belajar Inggris step by step, pronunciation, grammar, speaking, writing dan listening memang berhubungan satu sama lain. Setiap skill mempunyai level termudah sampai tersulit. So, mempelajari dari awal akan mempermudah kita untuk mencapai goal yang sudah di targetkan. Carilah tempat belajar yang menyediakan full package agar tidak bingung saat belajar.

Seperti yang disediakan oleh Kampung Inggris LC. Kelas yang terintegrasi akan memudahkan kamu semua untuk belajar bahasa inggris.

Informasi paket program selengkapnya bisa kamu cek di Paket Program Kampung Inggris LC.

Pendaftaran bisa kamu lakukan melaluiĀ https://registrasi.kampunginggris.id.