Pertanyaan dalam Wawancara Bahasa Inggris  – Apakah kamu mendapatkan panggilan wawancara kerja? Congratulations ya! Untuk wawancara yang penting ini sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin. Tahap wawancara merupakan tahapan paling final dari serangkaian proses seleksi. Hampir dapat dipastikan pertanyaan interview dalam bahasa Inggris akan digunakan Jika melamar pekerjaan ke perusahaan asing.

pertanyaan-dalam-wawancara-bahasa-inggris

Wawancara bahasa Inggris dalam rangka interview kerja tidak semudah ngobrol dengan teman sendiri. Jika wawancara itu dilakukan dalam Bahasa Inggris maka membutuhkan ketelitian untuk menyimak. Kamu harus mempersiapkan jawaban jitu dari pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara yang sering menjebak.

Terkadang, beberapa orang kurang teliti dalam tahap awal tentang apa-apa saja yang harus dipersiapkan dalam melamar pekerjaan agar bisa diterima di perusahaan tersebut. Tentunya banyak orang ingin bekerja di tempat yang sesuai dengan keinginan dan nyaman. Wawancara akan memberikan gambaran lebih spesifik tentang cara pandangmu bagi perusahaan. Bagi yang ingin melamar pekerjaan, beberapa perusahaan tentunya akan memberikan spesifikasi khusus. Dengan  adanya wawancara maka hal ini bisa diketahui.

Setiap perusahaan tentunya memiliki standar tersendiri yang unik dan kadang berbeda saat melakukan seleksi. Bahasa yang digunakanpun berbeda-beda tergantung dari jenis perusahaan. Jika perusahaan tersebut berskala internasional, maka biasanya menggunakan Bahasa Inggris untuk wawancara. Jika perusahaan berskala nasional, maka lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia.

contoh-pertanyaan-dalam-wawancara-bahasa-inggris

Contoh Pertanyaan dalam Wawancara Bahasa Inggris

Untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris calon pelamar tersebut, pertanyaan interview dalam bahasa Inggris ini biasanya diberikan oleh perusahaan multinasional. Agar dapat mempersiapkan jawaban terbaik yang mantap, kamu tentunya wajib tahu apa saja pertanyaan-pertanyaan yang kerap ada dalam wawancara Bahasa Inggris.

Secara logika, wawancara berarti proses mempresentasikan diri kepada pihak pewawancara. Entah itu HRD ataupun rekruter yang lain. Bagaimana cara mempresentasikan diri sendiri dengan baik? Coba simak sekilas apa saja yang dilakukan saat presentasi.

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan Bahasa Inggris yang biasanya sering digunakan ketika wawancara di perusahaan:

Memperkenalkan Diri

  • Penanya / Interviewer : Could you introduce yourself ? (bisakah kamu memperkenalkan dirimu?)

Artinya meminta kamu untuk memperkenalkan diri dengan cara singkat dengan kalimat ini. Hal ini agar  dapat mempersiapkan jawaban bahasa inggris yang terbaik dan mantap dalam wawancara perusahaan. Namun, seorang pewawancara biasanya ada yang digali dari pertanyaan ini. Ini tentang bagaimana kamu mengenalkan diri secara baik dan tepat dan dapat membawa diri. Berikut ini contoh kalimat dalam dialog  wawancara bahasa Inggris:

Baca Juga  Contoh Kalimat Congratulation dan Penggunaannya

I’m Wella, I am twenty seven years old. My Activity  is writing on some platform. I have graduated from Padjadjaran University, majoring in Management. When I was student, I have followed some intra organizational at faculty and university like BEM or Hima.

(Nama saya Wella, umur saya 27 tahun. Aktivitas saya adalah menulis untuk beberapa platform. Saya lulus kuliah dari Universitas Padjadjaran, jurusan manajemen. Ketika saya menjadi mahasiswa, saya telah mengikuti beberapa organisasi intra kampus seperti BEM atau Hima.)

Kamu bisa menyebutkan pengalaman-pengalaman lain yang dapat menunjang pekerjaanmu. Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan ketrampilan maupun kursus yang pernah kamu ikuti selama ini.

Posisi yang Kamu Lamar

What position do you apply ? (Posisi apa yang akan kamu lamar?)

– Why do you interested on that position? (Kenapa kamu tertarik melamar pada posisi tersebut?)

Pertanyaan tentang bagian apa yang ingin kamu lamar dan mengapa tertarik dengan posisi tersebut biasanya menjadi pertanyaan selanjutnya dalam wawancara Bahasa Inggris. Tahapan ini setelah tahap perkenalan diri secara singkat saat wawancara dengan menggunakan bahasa Inggris. Pertanyaan gunanya untuk mencari tahu, motivasi tentang pekerjaan yang ingin diambil calon karyawan. Apakah kamu hanya sekedar main-main saja tentang pekerjaan tersebut atau benar-benar serius untuk mengambilnya. Adapun contoh dialognya seperti di bawah ini:

I want to apply for the secretary position, because I have a lot of experience in that position and also this is my passion. ( Saya ingin melamar di posisi sekretaris karena saya memiliki banyak pengalaman pada posisi tersebut dan juga merupakan passion saya.)

Kamu harus menjelaskan tentang alasan yang membuatmu tertarik dan bagian apa yang akan dilamar. Alasan harus didukung dengan hal-hal yang mampu meyakinkan pewawancara seperti bersifat logis dan tidak bertele-tele.

Pekerjaan Sebelumnya

Pertanyaan dalam kegiatan wawancara Bahasa Inggris yang sering digunakan adalah pertanyaan seperti di atas. Pertanyaan selanjutnya biasanya ditujukan untuk mencari berbagai alasan atas jawaban itu dan juga dapat mengetahui bagaimana sifat seseorang dalam suatu posisi pekerjaan. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan ditanya tentang alasan keluar dari pekerjaan yang kamu geluti sebelumnya.

– I want new experience in new job so I leave my previous job ( Saya menginginkan pengalaman baru di pekerjaan yang baru jadi saya meninggalkan pekerjaan sebelumnya.

Jangan menjelek-jelekan perusahaan sebelumnya serta berikan alasan yang tepat karena pertanyaan ini bisa jadi merupakan suatu  jebakan. Pewawancara akan berpikir ini juga akan terjadi juga jika kamu meninggalkan perusahaan milik mereka.

Baca Juga  Town vs City: Perbedaan dan Contohnya

– What do you do, if this office same as your last office? (Apa yang akan kamu lakukan jika kantor ini sama dengan kantormu yang dulu?)

Biasanya ini memang menjadi pertanyaan yang sifatnya masih menjebak calon karyawan. Pertanyaan tersebut jawabannya sangat berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya. Jadi, usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan saat wawancara bahasa Inggris dengan tanpa menjelekkan pihak manapun. Berikut ini contoh jawaban dari pertanyaan seperti diatas:

I’m looking for a job where I can grow with the company (saya mencari pekerjaan dimana saya bisa tumbuh bersama)

– I feel I can  show my talents more flexible  (saya merasa bahwa saya bisa menunjukkan telenta dengan lebih fleksibel)

Selain jawaban diatas, kamu juga bisa memberikan jawaban dengan lebih detail seperti:

– When I get a job that related with my passion, I think that I can do more professional.

(Ketika saya mendapat pekerjaan yang sesuai dengan passion saya, saya pikir saya bisa melakukannya dengan lebih profesional.)

Standar Pekerjanmu

What is indicator for your satisfying work? (Apakah indikator untuk kepuasan pekerjaanmu ?

Biasanya pertanyaan ini ditujukan karena instansi biasanya menginginkan orang yang benar-benar serius . Pertanyaan selanjutnya berkaitan dengan kepuasan dalam bekerja. Mereaka ingin mendapatkan pekerja yang loyal terhadap apa yang dikerjakan. Itulah beberapa contoh pertanyaan dalam wawancara bahasa Inggris untuk kerja. Bukan hanya jawaban saja yang akan mengantarmu pada pekerjaan, namun yang terpenting realisasi dari jawaban itulah yang nantinya  akan membuktikan dalam keadaan sebenarnya.

Selanjutnya, usahakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan kata-kata yang memang sopan dan juga ramah. Sekarang, kamu akna lebih siap untuk melamar pekerjaan dan melakukan wawancara dengan menyimak penjelasan di atas,  Semoga lancar saat mendaftar pekerjaan.

Masih bingung dan grogi saat wawancara? Coba baca tips-tips wawancara dalam bahasa inggris dulu.

Kalau kamu butuh partner untuk berlatih wawancara dalam bahasa inggris? Datang aja langsung ke Kampung Inggris Pare LC. Selain belajar bagaimana menjawab pertanyaan interview dengan baik, kamu juga akan belajar segl hal tentang bahasa inggris mulai dari level beginer hingga advanced.