permainan untuk belajar bahasa inggris

Para ahli sudah banyak membuktikan dalam riset psikologi jika proses pembelajaran menyenangkan maka orang akan lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan dalam pembelajaran itu. Aktivitas yang menyenangkan salah satunya dengan permainan. Jadi jika kamu ingin lebih mudah menyerap bahasa inggris, menggunakan permainan untuk belajar bahasa Inggris akan terasa enteng dan membuat pembelajaran menyenangkan.

Permainan untuk belajar bahasa Inggris biasanya sudah bisa digunakan sejak masa kanak – kanak di TK maupun playgroup. Dalam penggunaannya biasanya menggunakan media mainan maupun kartu. Pada masa sekarang ini bagi kamu yang ingin belajar namun tetap menyenangkan tanpa bantuan alat permainan untuk anak – anak, permainan atau pun video game bisa jadi sarana yang baik.

(Baca: Games (ONLINE) Terbaik untuk Pembelajaran Bahasa Inggris)

Banyak yang mengatakan bahwa video game itu tidak baik tapi bukankah video game hanya media hiburan? Kamu cukup belajar memilih dan memilah video game mana yang baik dan video game mana yang tidak baik. Hal ini juga diaplikasikan saat memilih video game untuk pembelajaran. Ada video game yang cocok untuk belajar dan ada juga yang tidak cocok.

Pembelajaran dengan video game ini biasanya perlu perhatian orang tua dan pengawasan jika digunakan untuk anak – anak dan remaja. Hal ini dikarenakan mereka terkadang terlalu asik bermain dan malah melupakan tujuan belajarnya.

Ada beberapa genre video game yang cocok dijadikan sarana Permainan untuk belajar bahasa Inggris. Biasanya merupakan genre video game yang memiliki banyak teks dan berat pada cerita. Berikut adalah beberapa genre yang bisa digunakan untuk sekaligus belajar bahasa Inggris:

  • RPG

RPG merupakan singkatan dari Role Playing Game yang memiliki arti game dengan memainkan character dengan sebuah peran dalam cerita di game. Biasanya video game genre ini memiliki cerita panjang dan menarik. Contoh game yang relatif baru untuk genre ini adalah Final Fantasy 15, Nier Automata, Witcher 3 dan Persona 5.

Dengan cerita menarik dan ilusi memainkan peran dalam video game, biasanya game ini dapat menarik perhatian para pemainnya. Para pemain game ini akan diminta memahami cerita yang biasanya dalam bahasa Inggris.

Bahasa Inggris dalam RPG biasanya bisa berupa teks dan juga audio pembicaraan jika ada pengisi suara pada karakternya. Dua hal ini bisa menjadi penarik untuk belajar bahasa Inggris.

Jika ada bimbingan orang tua, mereka bisa bertanya dan ikut bergabung dalam sesi bermain. Misalnya bertanya apa arti kata – kata di game sebagai kuis. Ataupun membantu mengartikan percakapan dalam video game jika anak – anak tidak mengerti.

Bagi kamu yang tidak mau tergantung pada orang tua, kamu bisa berdiskusi dengan teman tentang maksud dari kata – kata bahasa Inggris sambil berdiskusi tentang gameplay video game ataupun diskusi tentang cerita di RPG ini. Diskusi ini juga bisa dilakukan dengan masuk forum – forum online. Dengan bantuan Internet sendiri kamu bahkan bisa belajar dengan mengartikan teks – teks di RPG yang tidak kamu mengerti.

  • MOBA

MOBA merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Game dengan genre ini menuntut skill bermain game yang cukup tinggi dan karena merupakan game yang mengadu satu pemain dengan pemain lain, sifat game ini cenderung kompetitif. Contoh dari game genre ini yang populer sekarang adalah Defence of the Ancient 2 (DotA 2), League of Legend (LoL), Mobile Legend dan juga AoV (Arena of Valor).

Game genre ini sangat terkenal di dunia game dan bahkan merupakan game yang termasuk pertama mempopulerkan konsep e-Sport yang merupakan kompetisi para pro-gamer untuk bertanding untuk memenangkan hadiah uang dalam jumlah besar. Konsepnya mirip dengan turnamen yang memiliki banyak pemain, fans dan penonton, sponsor serta ajangnya bisa dari tinggkat event kecil sampai event turnamen dunia.

Game genre MOBA membantu sebagai permainan untuk belajar bahasa Inggris adalah dalam mengerti fungsi, arti serta detail dari deskripsi skill dari hero ataupun champion. Game MOBA bersifat kompetitif jadi jika mau sering menang dan menjadi hebat dalam game ini, para pemainnya perlu memahami bagaimana kemapuan dari hero maupun champion yang digunakannya untuk bermain.

Game MOBA juga memancing diskusi, dengan keiinginan untuk menjadi lebih baik di game, pemain biasanya mencari tutorial dan informasi cara bermain yang lebih baik. Arahan ini biasanya berupa guide dan kebanyakan berbahasa Inggris. Jika mau menjadi lebih baik dalam game pemain diminta untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik pula untuk mengerti guide dan tutorial dalam bahasa Inggris ini.

  • Deduction Puzzle

Genre game deduction Puzzle berupa game yang memberikan pertanyaan – pertanyaan untuk dipecahkan menggunakan clue – clue yang diberikan dari cerita maupun percakapan antar karakter. Kata puzzle dalam genre ini bukan puzzle yang terdiri dari teka – teki bentuk visual seperti Tetris namun lebih berupa Puzzle teks dan logic.

Genre ini biasanya tidak berdiri sendiri melainkan menempel dengan genre lain. Ini biasanya menempel di genre adventure (petualangan). Contohnya Ace Attorney, Danganronpa dan L.A Noir.

Genre ini biasanya memberikan teka – teki sebuah kasus atau masalah yang perlu dipecahkan. Video game ini biasanya memiliki cerita menarik dengan intrik dan drama yang membuat pemainnya bermain lama.

Dengan menyimak teka – teki dan logic serta cerita yang biasanya di tampilkan dengan bahasa Inggirs, pemain akan penasaran dan mulai mencari arti kata dalam teks game menggunakan kamus ataupun dengan bantuan alat penerjemah.

Di atas merupakan daftar beberapa contoh genre yang membantu belajar bahasa Inggris dan sudah dilengkapi dengan contoh judul gamenya. Jika kamu tertarik mencoba belajar dengan video game sebagai media permainan untuk belajar bahasa Inggris silahkan mencari informasi lebih tentang game ini. Kalo misal cocok kenapa tidak mencoba memainkannya dan mulai belajar bahasa Inggris sekaligus main game.