cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris

Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris ada banyak lho. Terdapat beberapa momen dimana kamu harus memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris, misalnya ketika sedang jadi karyawan baru, OSPEK, job interview, dan lainnya. Bahkan, ketika kamu sedang kursus Bahasa Inggris di tempat privat, tutor akan meminta kamu untuk perkenalan.

Jadi, adalah hal yang lumrah ketika kamu belajar Bahasa Inggris, kemudian guru meminta untuk melakukan perkenalan yang sederhana dan singkat. Untuk itu, jika kamu lagi nyari cara dan contoh memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris, kamu bisa simak artikel yang satu ini.

Aturan Dalam Memperkenalkan Diri

Saat melakukan proses memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris, kamu nggak perlu bikin kalimat yang terlalu panjang atau susah. Bikinlah kalimat yag sederhana, pendek tapi mudah dimengerti oleh yang mendengarkan. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memperkenalkan diri adalah sebagai berikut:

  • Buka dengan sapa dan salam.
  • Relax, tidak perlu grogi atau gugup
  • Menggunakan bahasa tubuh yang tepat agar tampak menarik
  • Hindari kalimat negatif
  • Jika perkenalan langsung, bisa mengawali perkenalan dengan menjabat tangan

Dalam berbagai situasi, cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris membutuhkan beberapa hal yang sebaiknya disampaikan sebagaimana berikut:

  • Mengucapkan salam pembuka (Hi, Helo, salam sebagaimana orang Muslim)
  • Kalimat awal untuk membuka perkenalan (I want to introduce myself atau lainnya)
  • Sebutkan nama, umur, tempat tanggal lahir, asal, juga alamat
  • Beri sekilas informasi tentang keluarga, kamu anak ke berapa, dan ada berapa saudara
  • Sebutkan kesukaan dan hobi
  • Ceritakan pengalaman (Biasanya dalam forum formal seperti pelantikan, penyuluhan, atau apapun)
  • Salam penutup (Thank you very much/ Thank you for your attention, dan lainnya)

Contoh Cara Memperkenalkan Diri Di OSPEK

cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris

Memang, kalo OSPEK itu tergantung dari masing-masing panitia penyelenggara. Tapi, kalo kamu ambil kuliah di jurusan Bahasa Inggris, ada HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan perkenalanmu pasti menggunakan Bahasa Inggris. Jadi, kalo kamu ikut OSPEK atau welcome party di jurusan Bahasa Inggris, kamu harus mempersiapkan diri sebelumnya.

Walaupun nggak semua mahasiswa HMJ memperkenalkan diri, tapi pasti momen kayak gini selalu ada. Nah, untuk memudahkanmu nanti, berikut contoh teks cara memperkenalkan diri dengan menggunakan Bahasa Inggris:

Rekomendasi :  Ingin Tau Tips Belajar Bahasa Inggris Online Mudah?

Contoh Pertama

Good afternoon, everybody. My name is Naura Rahma Zahira. You can call me Naura. I am 19 years old. I was born in July 23th. I am from Kendal. I live here with my parents. This is my first time to come to Surabaya. My hobbies are playing music and gardening. It is nice to meet you all. Thank you for your attention.

Artinya:

Selamat sore semuanya. Nama saya  Naura Rahma Zahira. Nama panggilan saya Naura. Saya 19 tahun. Ulang tahun saya tepat tanggal 23 Juli. Saya berasal dari Kendal. Saya tinggal bersama kedua orang tua saya. Ini adalah pertama kali saya datang ke Surabaya. Hobi saya adalah bermain musik dan berkebun. Rasanya senang sekali bertemu dengan kalian semua. Terimakasih untuk perhatiannya.

Contoh Kedua, Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Good morning my seniors and my friends. Thank you for giving me the opportunity to speak here. I would like to introduce myself so we can easily know each other. My name is Diana Maharani. You can call me Diana. I am 18 years old. I decided to choose English department because I love English since I was in junior high school.

I also want to be a tour guide, a translator, or something like that. I chose this university because I think the campus is good. I hope we can be friends and study together. That is all. Thank you.

Artinya:

Selamat pagi para seniorku dan teman-temanku. Terimakasih karena sudah memberikan kesempatan bagi aku untuk berbicara di depan sini. Aku ingin memperkenalkan diri sehingga kita bisa tahu satu sama lain. Namaku Diana Maharani. Kalian bisa panggil aku Diana. Aku 20 tahun. Aku juga memilih jurusan Bahasa Inggris karena aku suka Bahasa Inggris sejak duduk di bangku SMP.

Aku juga pengen jadi pemandu wisata, seorang penerjemah, atau apapun yang seperti itu. Aku memilih universitas ini karena aku pikir kampusnya cukup bagus. Aku berharap bisa berteman dengan kalian semua, dan kita bisa belajar bersama. Cukup sekian. Terimakasih atas perhatiannya.

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris, Contoh ketiga

Good morning, everyone. How do you feel today? I hope you are good and happy. First of all, I am standing here to introduce myself. My full name is Andre Harata, and you can call me Andre. I am from Lembang. I was born on July, 22th, 2000. My hobbies are traveling, taking some photographs, and making videos.

I like traveling because I can find new places with different views. I also have a big interest in technology. I chose this university because I want to learn more about arts.

Artinya:

Selamat pagi semuanya. Apa kabar kalian hari ini? Saya berharap kalian baik dan bahagia. Pertama-tama, saya berdiri disini untuk memperkenalkan diri. Nama lengkap saya adalah Andre Harata, dan kalian bisa memanggil saya Andre. Saya dari Bandung. Saya lahir pada bulan Juli tanggal 22 tahun 2000. Hobi saya adalah jalan-jalan, mengambil beberapa foto, dan membuat video.

Rekomendasi :  Perbedaan Sorry, Apologize, Pardon, dan Forgive

Saya suka jalan-jalan karena saya bisa menemukan berbagai tempat baru dengan pemandangan yang berbeda. Saya juga punya minat yang besar dalam teknologi. Itulah kenapa, saya memilih universitas ini untuk belajar lebih banyak tentang seni.

Itulah berbagai cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Mudah, kan? Kamu juga bisa membaca referensi perkenalan dalam Bahasa Inggris dari artikel berjudul “Contoh Percakapan Bahasa Inggris Perkenalan“. Nah, kalian dapat menggunakan kalimat-kalimat sederhana untuk disusun dan dijadikan teks memperkenalkan diri. Seperti yang kalian lihat sendiri, struktur dan makna katanya mirip. Maksud dan tujuan yang disampaikan dari tiga contoh di atas juga tidak jauh berbeda.

Kalau sudah selesai, kalian tinggal membacanya berulang-ulang, dengan intonasi yang pas di depan cermin. Setelah melakukan persiapan yang cukup matang, kalian pun siap memperkenalkan diri dengan baik nantinya. Jangan lupa, untuk tampil percaya diri, dan yakin bahwa kamu bisa menunjukkan kemampuanmu dari hasil latihan yang sudah kamu jalani.

Setelah kamu menguasai cara memperkenalkan diri dengan baik, pastikan kamu terus mengasah kemampuan bahasa inggris kamu. Soalnya, setelah lulus dari bangku kuliah nanti, ketika kamu masuk di dunia kerja, atau ketika kamu interview, pasti kamu bakalan bisa menggunakan skill bahasa inggrismu untuk memulai perkenalan. Dengan demikian, kamu punya poin tambahan mengapa perusahaan harus memperkerjakanmu. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!