peribahasa dalam bahasa inggris

Dalam budaya dan bahasa kita, apakah kalian pernah mendengat beberapa istilah berikut ini? (1) Hemat pangkal kaya, (2) Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, dan lain sebagainya. Kedua expresi atau ungkapan tersebut dinamakan peribahasa. Ternyata, tidak hanya bahasa dan budaya Indonesia saja yang memiliki peribahasa. Namun, peribahasa dalam bahasa Inggris pun ada dan perlu untuk kalian pelajari agar dapat memahaminya ketika suatu hari mendengar seseorang mengatakannya. Dalam bahasa Inggris, peribahasa sering disebut sebagai proverb.

Pengertian proverb atau peribahasa dalam bahasa Inggris

Setiap budaya yang ada di berbagai belahan dunia biasanya memiliki ungkapan atau kata-kata bijak yang berisikan nasehat atau saran, terutama yang berkaitan dengan kehidupan. Nah, ungkapan semacam inilah yang disebut sebagai peribahasa atau proverb. Jadi, ungkapan tersebut tidak sembarang dibuat, namun jelas di baliknya memiliki arti yang dalam, dan patut untuk kita renungkan. Lalu, apa saja contoh peribahasa  dalam bahasa Inggris yang sering muncul dalam percakapan sehari-hari? Sebelum membahas contoh detailnya, mari kita lihat dulu jenis-jenis proverb yang ada dalam bahasa Inggris

Jenis peribahasa dalam bahasa Inggris dan contohnya

Ternyata, peribahasa itu sendiri ada beragam jenisnya. Berikut ini beberapa contoh jenis peribahasa dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari:

  1. Pepatah

Pepatah, atau dalam bahasa Inggris disebut aporism merupakan salah satu jenis peribahasa yang isinya memberikan saran. Contohnya adalah don’t cry over the split milk. Pepatah ini mengajarkan kita untuk tidak terlampau menyesali apa yang telah terjadi. Jika dalam bahasa Indonesia, kita memiliki pepatah yang mirip yaitu “nasi sudah menjadi bubur”.

  1. Perumpamaan

Perumpamaan atau parable memiliki nilai moral dan ciri khasnya adalah mengumpamakan sesuatu. Contohnya, to carry coals to New Castle. Yang maknanya melakukan sesuatu yang tidak akan banyak signifikansinya. Dalam bahasa Indonesia pun kita memiliki perumpamaan yang mirip seperti ini, yaitu “Bagai menabur garam ke lautan”.

  1. Pemeo

Pemeo atau slogan, adalah peribahasa yang memberikan motivasi atau semangat kepada kita. Contoh pemeo dalam bahasa Inggris adalah early bird catches the worm, yang artinya setiap orang yang rajin maka akan mendapatkan sesuatu yang lebih. Hal ini memotivasi kita untuk menjadi orang yang giat belajar maupun bekerja. Dalam bahasa Indonesia pemeo yang mirip adalah “Siapa cepat dia dapat”.

  1. Idiom

Idiom merupakan kelompok kata atau frasa yang memiliki suatu arti berbeda dengan arti kata-per-kata pembentuk frasa tersebut. Contohnya adalah pull your sock up. Jika ada yang mengatakan ungkapan semacam ini kepada kamu, maka itu artinya orang tersebut ingin agar kamu memperbaiki tingkah lakumu.

Dari contoh-contoh di atas, dapatkah kalian mengidentifikasi, apa fungsi dari peribahasa dan bagaimana karakteristiknya?

Fungsi Peribahasa

Peribahasa memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Mengajarkan orang-orang tentang nilai-nilai kehidupan. Misalnya mengajarkan tentang apa yang mungkin terjadi jika kamu melakukan sesuatu (dampak dari perbuatan).
  2. Memberikan nasehat tentang bagaimana seharusnya kita bertindak atau bersikap.
  3. Memberikan gambaran tentang budaya suatu bangsa, karena setiap bangsa dan budaya memiliki peribahasanya masing-masing.
  4. Memberikan pencerahan kepada orang-orang yang sedang berada dalam situasi yang sulit.
  5. Memberikan semangat dan motivasi.
  6. Memberikan kritik atau sindiran terhadap sesuatu yang tidak pada tempatnya.

Karakteristik Peribahasa dalam bahasa Inggris

Peribahasa juga memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan kalimat biasa. Karakteristik tersebut antara lain:

  1. Ada yang pendek dan ada yang panjang, yang pendek bahkan bisa terdiri dari dua kata saja.
  2. Memiliki kekhasan yang membuatnya mudah diingat, mislanya kata-kata yang menggelitik, atau rima.
  3. Memiliki gaya bahasa yang bervariasi, seperti hiperbola, metaforsa, personifikasi, dan paradox.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian, jenis, contoh, fungsi, dan karakteristik dari peribahasa dalam bahasa Inggris yang dapat kami berikan. Tentu saja contoh dan penjelasan tersebut hanya merupakan sebagian kecil dari banyak sekali peribahasa yang ada di luar sana dan perlu untuk kalian pelajari. Sebenarnya mempelajari peribahasa tidak hanya berfungsi untuk menambah pengetahuan kebahasaan dan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris kalian, namun juga bermanfaat untuk memberikan motivasi dan mengajak kalian untuk introspeksi diri dan menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, mempelajari peribahasa dalam bahasa Inggris secara tidak langsung juga mengenalkan kita pada budaya bangsa dari mana bahasa tersebut berasal.

Artikel lain yang bisa juga kamu baca: Belajar Bahasa Inggris Dengan Situs Kamus Bahasa Inggris Online Terbaik Ini.