Perbedaan WHO dan WHOM dalam Bahasa Inggris

Selama ini, kata who dan whom pasti sudah sering didengar oleh pembelajar bahasa Inggris. Akan tetapi mimin Kampung Inggris yakin, banyak pembelajar bahasa Inggris yang masih ragu menggunakan whom, karena nggak tahu persisnya perbedaan who dan whom. Tapi tenang, di bawah ini mimin akan menjelaskan perbedaan keduanya untukmu, check this out!

Who

Who adalah anggota relative pronoun yang berfungsi untuk menanyakan subyek kalimat. Who bisa digunakan jika kita ingin menanyakan identitas atau pelaku dari sebuah kejadian.

Example:

  • Who are you? à I am Rina
  • Who is the girl that sang at your wedding party? à She is Danish, my cousin from New York
  • Do you know who the sender of these letters is? à No, I don’t know yet.

Dua kalimat di atas adalah contoh penggunaan who untuk menjelaskan identitas. Selain itu dalam dua kalimat terakhir, who menanyakan identitas dari pelaku suatu aktivitas. Lebih jelas lagi soal who untuk menanyakan pelaku, bisa kamu simak di contoh berikut.

Example:

  • Who is standing right there? –> I am (standing right there)
  • Who ate my ice cream? –> Sorry, it’s Wulan who did that yesterday
  • Who bought you this beautiful dress? –> My Mom said it’s Alex who bought me this

Whom

Kebalikan dari who, whom adalah anggota relative pronoun yang berfungsi menanyakan obyek kalimat. Jadi yang ditanyakan oleh whom bukan pelaku lagi, tapi penerima perlakuan.

Saat whom digunakan, biasanya identitas “who”-nya sudah diketahui, contohnya ada di bawah ini.

Example:

  • Whom did you see on the street? –> I saw Harry Styles!
  • Whom does Sarah choose, Mike or Connor? –> She finally chooses Connor!
  • Whom will you side? –> I will side no one

Dalam ketiga contoh di atas, kata-kata yang digarisbawahi merupakan subyek pertanyaan, sedangkan yang dimiringkan adalah obyek yang ditanyakan.

Rekomendasi :  Apa Perbedaan Breath dan Breathe Dalam Bahasa Inggris?

Perbedaan Who dan Whom di Kalimat Bukan Pertanyaan

Who dan whom tidak hanya berfungsi dalam pertanyaan (interrogative) saja, dalam kalimat biasa-pun keduanya bisa dipakai.

Sama seperti di pertanyaan, perbedaan who dan whom dalam pernyataan biasa juga terletak di subyek-obyek kalimat.

Who menyambungkan subyek dengan dependent clause-nya, sedangkan whom menyambungkan independent clause dengan noun phrase.

Supaya lebih paham, coba lihat perbandingan penggunaan who dan whom berikut ini:

Example:

  • Jason is the person who helped Mita from being hit by the car (Jason adalah orang yang menolong Mita dari ditabrak mobil)
  • My mother is the person whom Jason helped from being hit by the car (Mita adalah orang yang ditolong Jason dari ditabrak mobil)

Kedua contoh di atas sama-sama memiliki Jason sebagai subyek, dan Mita sebagai obyek kalimat. Akan tetapi perbedaannya terletak pada penempatannya.

Di contoh pertama, subyek Jason diletakkan di awal sehingga yang digunakan adalah who. Sedangkan pada contoh kedua, obyek Mita yang terletak di depan, sehingga kata yang digunakan setelahnya adalah whom.

Latihan Membedakan Who dan Whom dalam Kalimat

1. Liverpool is the team...won The Champion League

Correct! Wrong!

2. ...did Karina meet yesterday?

Correct! Wrong!

3. ...should I call first if I have the virus symptoms?

Correct! Wrong!

4. ...will become the next Premier League champion?

Correct! Wrong!

5. Miranda is the girl...you loved for the first time, isn't she?

Correct! Wrong!

Latihan Penggunaan Who, Whose, dan Whom dalam Bahasa Inggris
Kamu masih belum benar-benar paham ya 🙁
Tapi nggak apa-apa, it's okay, kamu bisa belajar lagi. Coba dilihat lagi materi di atas ya, LCers 😉
Oke, ayo belajar lebih keras lagi! 😉
Ini bukan nilai yang bagus, tapi at least kamu udah berusaha. Coba dibaca-baca lagi ya materi di atas, diperhatikan lagi materi yang belum kamu pahami 🙂
Siap, sedikit lagi!!! 😀
Wah, nilai kamu lumayan nih, berarti udah cukup paham dong. Tapi jangan berhenti di sini ya, terus asah kemampuanmu supaya bisa dapat nilai sempurna. Kamu udah hebat banget kok, tapi yuk sekarang jadi lebih hebat lagi 😀
Kerja bagus!
Bagus banget nilai kamu nih, pinter banget sih xD. Oke, ini membuktikan kamu sudah paham betul materi ini. Jangan lupa share nilaimu yang bagus ini ke teman-teman ya 😀

Share your Results:

Rekomendasi :  Perbedaan Because dan Because of Dalam Bahasa Inggris

Itulah penjelasan lengkap tentang perbedaan who dan whom disertai dengan penjelasan dan contoh-contohnya. Sebenarnya masih banyak lagi relative pronoun selain who dan whom yang seru untuk dibahas, jadi kita sambung lain kali ya!

Kalau kamu nggak sabar nunggu sambungannya, mending datang langsung dan belajar di Kampung Inggris Pare! Kampung Inggris Pare adalah pelopor kursus bahasa Inggris pertama yang ada di Indonesia! Jadi kamu nggak perlu meragukan kualitas teacher yang mengajar di sini, dijamin semuanya udah jago banget bahasa Inggris!

vote
Article Rating