Perbedaan so dan such dalam bahasa inggris

So dan such adalah dua kata yang sama-sama berarti “sangat”, akan tetapi pertanyaannya apakah ada perbedaan so dan such dari segi penggunaan? Buat kamu yang masih belum tahu kapan harus pakai so dan kapan harus pakai such, ini penjelasannya dari Kampung Inggris buat kamu!

So

So adalah adverb yang berarti “sangat”, dikarenakan posisinya sebagai adverb, maka so hanya bisa digunakan untuk menjelaskan adjective/adjective phrase.

Simpelnya, rumus penggunaan so adalah: so + adjective/adjective phrase.

Example:

  • Thanks a lot, you’re so kind, Andrew! (Terimakasih banyak, kamu baik sekali, Andrew!)
  • Don’t drive so crazily fast, there are many vehicles in front of us (Jangan menyetir sangat gila-gilaan, ada banyak kendaraan di depan kita)
  • Don’t be so dim-witted, guys, we’re adults by the way (Jangan bersikap sangat bodoh, bro, kita sudah dewasa!)
  • Fay’s mansion is so big, I’m not surprised if she has a Ferrari as well (Rumah Fay sangatlah besar, aku tidak kaget jika dia punya Ferrari juga)
  • That was so unpleasant for me, please don’t do it again (Buatku itu benar-benar tidak menyenangkan, tolong jangan lakukan itu lagi)

Such

Such juga berarti “sangat”, akan tetapi such bukanlah adverb, melainkan determiner. Seperti yang kita tahu, determiner adalah kalimat yang digunakan untuk menilai derajat dari suatu noun (kata benda).

Jadi ingat ya, perbedaan so dan such itu terletak di poin ini: so adalah adverb yang menerangkan adjective (so: adverb à adjective). Sementara itu such adalah determiner yang menerangkan noun (such: determiner à noun).

Pendeknya, rumus penggunaan such dalam kalimat adalah begini: such + noun/noun phrase.

Example:

  • Andrew is such a kind boy, he helped me to manage my garden this morning. (Andrew adalah anak yang sangat baik, dia membantuku merapikan taman pagi ini)
  • Ananda is such an intelligent girl, she always gets the first rank in our school. (Ananda adalah gadis yang sangat cerdas, dia selalu mendapat peringkat pertama di sekolah)
  • That is such a silly yet great idea! (Itu adalah ide yang sangat bodoh, tapi sangat keren juga!)
  • Draco Malfoy is such a bothersome boy in Harry Potter series, but many girls love him so much. (Draco Malfoy adalah cowok yang sangat menyebalkan di seri Harry Potter, tapi banyak cewek menyukainya)
  • Your fried rice is such a delicious food I ever eat. (Nasi goreng buatanmu benar-benar makanan terlezat yang pernah aku makan)
Rekomendasi :  Pengertian Conditional Sentences Disertai Rumus dan Contoh

Latihan Perbedaan So dan  Such dalam Kalimat

1. She's been yearning for you for...long!

Correct! Wrong!

2. ...a charming little boy you are!

Correct! Wrong!

3. I'm...glad you were here to help me

Correct! Wrong!

4. I'm...a lucky girl to have you as a soulmate

Correct! Wrong!

5. She demanded...a long time just to be prepared

Correct! Wrong!

Kamu masih belum benar-benar paham ya 🙁
Tapi nggak apa-apa, it's okay, kamu bisa belajar lagi. Coba dilihat lagi materi di atas ya, LCers 😉
Oke, ayo belajar lebih keras lagi! 😉
Ini bukan nilai yang bagus, tapi at least kamu udah berusaha. Coba dibaca-baca lagi ya materi di atas, diperhatikan lagi materi yang belum kamu pahami 🙂
Siap, sedikit lagi!!! 😀
Wah, nilai kamu lumayan nih, berarti udah cukup paham dong. Tapi jangan berhenti di sini ya, terus asah kemampuanmu supaya bisa dapat nilai sempurna. Kamu udah hebat banget kok, tapi yuk sekarang jadi lebih hebat lagi 😀
Kerja bagus!
Bagus banget nilai kamu nih, pinter banget sih xD. Oke, ini membuktikan kamu sudah paham betul materi ini. Jangan lupa share nilaimu yang bagus ini ke teman-teman ya 😀

Share your Results:

Itulah penjelasan lengkap tentang perbedaan so dan such dalam bahasa Inggris, semoga ilmu pengetahuanmu bertambah ya!

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih baik dan mendalam, kamu tentunya harus ke Kampung Inggris Pare langsung! Ayo kita tunggu kehadiranmu semua di sini, dan kita lihat gimana kamu bakal jadi jago bahasa Inggris setelah pulang dari sini!

Rekomendasi :  Modal Auxiliary dalam Bahasa Inggris