perbedaan scared afraid frightened thrilled dan terrified

Seperti yang selama ini sudah kita pelajari, bahasa Inggris ada banyak sekali sinonimnya. Di bahasa Indonesia, sinonim sebuah kata paling banyak mungkin hanya tiga. Akan tetapi dalam bahasa Inggris, satu kata bisa memiliki sinonim lebih dari 10! Salah satu kata bahasa Inggris yang paling banyak sinonimnya adalah “scared”. Kamu mau tahu perbedaan scared, afraid, frightened, thrilled, dan terrified? Ini pembahasannya buatmu!

Scared

Scared menurut Cambridge Dictionary adalah rasa takut atau khawatir akan sesuatu. Jadi, kamu bisa menggunakan kata ini baik untuk mengungkapkan rasa takut mau pun kekhawatiran akan sesuatu. Contoh penggunaan scared berdasarkan artinya bisa kamu lihat di bawah ini.

Example:

  • I’m so scared, don’t leave me alone! (Aku sangat takut, jangan tinggalkan aku sendirian!)
  • She’s scared of being alone (Dia takut ditinggal sendiri)
  • Tino has claustrophobia, that’s why he’s scared of using the elevator (Tino punya klaustrofobia, itulah kenapa dia takut menggunakan lift)
  • We aren’t scared to watch the horror movies, we just don’t favor it (Kami tidak takut menonton film horror, kami hanya tidak menyukainya)
  • They were scared the war would recur once more (Mereka takut perang akan terjadi sekali lagi)

Afraid

Afraid dalam bahasa Inggris juga berarti merasa “takut”, tapi lebih cenderung ke khawatir. Kamu bisa menggunakan afraid saat merasa takut/khawatir baik pada benda (seperti orang, hantu, ruangan gelap, dst) atau pada suatu kondisi tertentu.

Dalam penggunaan sehari-hari, kata afraid lebih formal dibandingkan dengan scared. Selain itu afraid juga bisa membuat penggunanya terdengar less scared, karena derajatnya rasa takut afraid lebih rendah dari scared.

Dan oh iya, afraid juga bisa digunakan saat kamu ingin menolak sesuatu dengan sopan.

Example:

  • She’s afraid of the flying cockroach (Dia takut ke kecoa terbang)
  • I used to be afraid of the dark, but now I’m get used to it (Dulu aku takut kegelapan, tapi sekarang aku sudah terbiasa)
  • He’s afraid he can’t tell you the truth (Dia khawatir tidak bisa mengatakan padamu kebenarannya)
  • My parents are afraid they can’t afford my school tuition (Orangtuaku khawatir mereka tidak bisa membayar biaya sekolahku)
  • “May I borrow your cup?”, “I’m afraid not” (“Bolehkah aku meminjam gelasmu?” “Kurasa tidak boleh”)
  • I’m afraid I can’t give you the permission (Aku khawatir aku tidak bisa memberimu izin)
Rekomendasi :  Dasar-Dasar Academic Writing

Frightened

Setelah membahas perbedaan scared dan afraid juga penggunaannya, kali ini kita akan membahas frightened. Kalau diterjemahkan jadi bahasa Indonesia, frightened artinya adalah “ketakutan”.

Dari sini paham kan cara membedakan scared dengan frightened? Yep, scared digunakan untuk menjelaskan “rasa takut” saja, sedangkan frightened digunakan untuk menjelaskan “rasa ketakutan”. Jadi otomatis, derajat rasa takut frightened lebih tinggi dibanding scared.

Example:

  • I don’t know why but she’s always frightened when she sees me (Aku tidak tahu kenapa tapi dia selalu ketakutan saat melihatku)
  • The little boy is frightened when he sees his abusive mother (Bocah kecil itu ketakutan melihat ibunya yang suka memukul)
  • Andra found a frightened girl hid in his garden (Andra menemukan seorang gadis yang ketakutan bersembunyi di tamannya)
  • I was frightened you would drop your brother so I ran to you (Aku sangat takut kamu akan menjatuhkan adikmu jadi aku berlari ke kamu)
  • We were frightened to see you clung onto the little branch (Kami ketakutan melihatmu bergantung pada ranting kecil itu)

Thrilled

Apakah kamu pernah mendengar istilah “thrilling”, “thriller” atau semacamnya? Istilah “thrilling” atau “thriller” biasanya digunakan untuk film-film yang punya banyak adegan sadis dan mengerikan. Tapi…apakah thrilled berarti “merasa ngeri”? Ternyata nggak lho!

Baik Cambridge mau pun Oxford Dictionary sepakat bahwa thrilled diartikan sebagai “perasaan sangat senang akan sesuatu, sampai merinding”.

Thrilled adalah rasa yang muncul saat kita tegang menunggu sesuatu, dan ternyata hasilnya memuaskan. Jadi meski thrilling atau thriller artinya seram, thrilled artinya bukan merasa takut ya, tapi sebaliknya merasa sangat senang.

Example:

  • She’s thrilled when the exam results be announced (Dia sangat senang saat hasil ujiannya diumumkan)
  • I’m thrilled to see you come with Patricia (Aku sangat senang melihatmu datang bersama Patricia)
  • My parents were thrilled when they found out I’ve got a girlfriend (Orangtuaku sangat senang saat tahu aku sudah punya pacar)
  • His little brothers are thrilled when Putra comes home (Adik laki-lakinya benar-benar senang saat Putra pulang ke rumah)
  • He is thrilled by the gift his friends gave him (Dia sangat menyukai hadiah yang diberikan teman-teman padanya)
Rekomendasi :  15 Tips Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Lebih Cepat

Terrified

Kata terakhir yang akan kita bahas dalam materi perbedaan scared, afraid, frightened, thrilled, dan terrified ini adalah yep, terrified!

Terrified dalam bahasa Inggris diartikan sebagai “sangat ketakutan”. Jadi kalau diurutkan berdasarkan derajat takut yang dirasakan, susunannya begini: afraid -> scared -> frightened -> terrified.

Terrified adalah rasa sangat ketakutan yang sampai membuatmu ingin kabur dari tempat/kondisi itu dan menjerit sekencang-kencangnya. Contoh penggunaan kata terrified dalam kalimat berikut situasinya bisa kamu simak di bawah ini.

Example:

  • She’s terrified by the horror scene (Dia sangat ketakutan melihat adegan horor itu)
  • When I was a kid, I was so terrified by clowns (Saat aku masih kecil, aku sangat ketakutan pada badut)
  • My brother is easily terrified by strange sounds (Saudaraku mudah merasa ketakutan karena suara-suara aneh)
  • To be honest, the thought of losing you makes me terrified (Jujur saja, pikiran bahwa aku akan kehilanganmu benar-benar menakutkan bagiku)
  • He’s terrified you’re going to get a new boyfriend (Dia sangat takut kamu akan mendapat pacar baru)

 

Nah, itulah pembahasan lengkap tentang perbedaan scared, afraid, frightened, thrilled, dan terrified! Jangan lupa dicatat atau disimpan dalam bookmark ya, siapa  tahu suatu saat nanti kamu butuh!

Kalau kamu mau belajar bahasa Inggris dengan dibimbing oleh teacher yang jago dan berpengalaman, yuk daftar ke KAMPUNG INGGRIS! Jangan sampe kamu terlambat belajar bahasa Inggris dan akhirnya menyesal!

Kampung Inggris Search :

    Im Afraid not artinya
vote
Article Rating