penggunaan most dan almost

Bahasa Inggris memiliki banyak kata yang mungkin cara pengucapan atau  penulisannya hampir sama. Namun, meski begitu sebenarnya mereka memiliki arti yang berbeda. Kesalahan menggunakan kata dapat merubah makna kalimat atau bahkan akan menimbulkan berbagai macam pertanyaan lain. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel ini hadir untuk membahas perbedaan penggunaan most dan almost.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kata most dan almost adalah satu dari sekian banyak pasang kata yang sekilas terlihat atau terdengar sama. Perbedaannya hanya terletak pada imbuhan ‘al’ saja. Namun, keduanya memiliki arti yang sangat jauh berbeda. Berikut penjelasan dari penggunaan masing-masing kata.

Penggunaan kata most

Most dalam Bahasa Inggris memiliki arti “paling”. Kata ini berfungsi sebagai penjelas suatu kata sifat, sehingga penggunaannya pun menempel atau diletakkan sebelum kata sifat. Karena fungsinya yang menunjukkan makna paling, kata most digunakan sebagai penjelas apabila sedang membandingkan satu benda dengan banyak benda lain dalam satu indikator yang sama.

Contohnya apabila saat memandang berbagai macam kursi di sebuah ruangan. Di dalam ruangan tersebut terdapat beragam jenis kursi dengan ukuran yang berbeda-beda. Umpamanya kursi tersebut dilabeli dengan nama chair A, chair B, chair C, chair D. Di antara keempat kursi tersebut, kursi B lah yang paling nyaman (comfortable). Jika ingin mengatakannya dalam sebuah kalimat, maka bisa ditulis sebagai: Chair B is the most comfortable chair (among the others in the room). Artinya kursi B adalah kursi yang paling nyaman (dibandingkan dengan kursi-kursi yang lain di dalam ruangan).

(Baca juga: Perbedaan Continual dan Continuous)

Dalam membuat kalimat perbandingan yang melibatkan banyak benda, keterangan seperti yang ada di dalam kurung seperti di atas boleh ditambahkan namun juga tidak bersifat pasti. Satu hal pasti yang wajib diketahui dalam penggunaan kata most adalah:

  1. Sebelumnya harus diawali dengan penggunaan the. Karena merujuk/ menunjuk ke satu benda spesifik. Contoh: Risa is the most beautiful girl in my class. She is also the most active student. (Risa adalah gadis yang paling cantik di kelasku. Dia juga adalah siswa yang paling aktif).
  2. Setelah kata most harus diikuti dengan kata sifat. Contoh: kata beautiful dan active  seperti dalam contoh di atas.
  3. Penggunaan most untuk menjelaskan makna paling hanya berlaku untuk kata sifat yang memiliki lebih dari satu suku kata. Apabila kata sifat yang digunakan hanya terdiri dari satu suku kata, maka tidak ditambah kata most pada awalnya namun ditambah akhiran –est. Contoh: Chair B is the biggest chair in the room. (Kursi B adalah kursi yang terbesar di dalam ruangan). Namun aturan ini tidak berlaku untuk kata sifat yang terdiri dari lebih satu suku kata namun diakhiri huruf y. Contoh: I am the happiest girl in the world. now (Saya adalah gadis paling bahagia di dunia saat ini.

Penggunaan kata almost

Kata almost memiliki makna hampir. Penggunaannya bisa bervariasi untuk ditambahkan sebagai penjelas kata kerja dan kata keterangan. Contoh: I almost fell asleep when the lecturer was teaching yesterday. (Saya hampir ketiduran ketika dosen sedang mengajar kemarin). Atau bisa juga ditambahkan dalam kata keterangan seperti: It is almost 5 o’clock, but the rain is not stopping yet. (ini sudah hampir jam 5 tetapi hujannya belum juga berhenti).

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan penggunaan most dan almost. Setelah membaca penjelasan tersebut, semoga kalian tidak akan bingung lagi mengenai perbedaan dari keduanya serta tidak salah dalam menempatkan kata most atau almost.