Perbedaan Much dan Many dalam Bahasa Inggris

Much dan many adalah dua kata dalam bahasa Inggris yang sering digunakan untuk menyebut “banyak”.  Tapi sebenarnya, ada nggak sih perbedaan much dan many itu? Apa kita bebas menggunakan dua kosakata itu di kondisi apa aja? Simak penjelasan lengkap tentang much, many, dan perbedaannya di materi dari Kampung Inggris berikut!

Much

Much dan many tergolong dalam quantifier, determiner yang digunakan untuk menentukan jumlah benda (noun).

Much adalah quantifier yang digunakan untuk uncountable noun, benda yang tidak dapat ditentukan dengan pasti jumlahnya. Contoh uncountable noun misalnya sugar, salt, water, time, oil, powder, desire, advice, etc.

Penggunaan much dalam kalimat bisa kamu simak dalam contoh-contoh berikut

Example:

  • Don’t put too much sugar on your coffee! (Jangan menaruh terlalu banyak gula dalam kopimu)
  • Dean sends much love for you, he said he can’t wait to see you! (Dean mengirimkan banyak cintanya ke kamu, dia bilang dia ingin segera bertemu!)
  • Dad doesn’t have much time for us now because he needs to help people (Ayah tidak punya banyak waktu untuk kita sekarang karena dia harus membantu orang-orang)
  • I don’t have that much of courage, I just did what I think I need (Aku tidak punya keberanian sebanyak itu, aku hanya melakukan apa yang ingin aku lakukan)
  • You’ve drunk too much alcohol, please drop your glass now (Kamu sudah minum terlalu banyak alcohol, tolong berhenti minum sekarang)

Many

Many adalah quantifier untuk menyebut countable noun, benda yang bisa dengan mudah ditentukan jumlahnya.

Contoh benda-benda yang termasuk dalam countable noun sangat banyak, misalnya apple, fruit, book, people, chance, case, etc. Intinya, semua benda yang bentuk plural-nya diberi akhiran –s/-es, berarti termasuk dalam countable  noun.

Rekomendasi :  15 Peribahasa dalam Bahasa Inggris Yang Artinya Sama dengan Peribahasa Indonesia

Contoh penggunaan many dalam kalimat adalah sebagai berikut

Example:

  • Many people underestimated the outbreak of COVID-19 and finally infected others (Banyak orang meremehkan penyebaran COVID-19 dan akhirnya menulari orang lain)
  • Don’t put too many vegetables, I don’t like them! (Jangan memberi terlalu banyak sayur, aku tidak suka!)
  • I’m sure there are many of us who have understood already, but choose to remain silent (Aku yakin ada banyak di antara kita yang sudah paham, tapi memilih untuk diam)
  • I will bring you as many sweets as I could (Aku akan membawakanmu sebanyak mungkin permen)
  • We always have many chances as long as we have guts to face the challenge (Kita selalu punya banyak kesempatan asal kita punya nyali untuk menghadapi tantangan)

Latihan Membedakan Much dan Many dalam Kalimat

 

Demikianlah penjelasan yang bisa admin Kampung Inggris berikan tentang perbedaan much dan many! Kalau mau beneran jadi jagoan bahasa Inggris, belajar jangan cuma otodidak begini dong! Yuk berangkat ke Kampung Inggris Pare sekarang juga buat belajar! Setiap bulannya, kuota yang ditetapkan oleh Kampung Inggris Pare cuma 1000 orang, jadi jangan sampai kamu kehabisan kuotanya!

vote
Article Rating