study

Learn dan study adalah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti hampir serupa, yaitu belajar. Meskipun bermakna sama, learn dan study digunakan dalam hal yang berbeda. Dalam hal apa saja penggunaan learn dan study berbeda? Simak penjabarannya di sini!

Penjelasan Mengenai Learn Vs Study

Learn dalam Bahasa Inggris

Kata learn mempunyai sebuah arti, yaitu “mempelajari”. Kata tersebut dalam bahasa Indonesia memiliki fungsi yang berbeda pada suatu kalimat. Arti kata ini berdasarkan rujukan pada, “gaining knowledge and skill which is not only done by studying but also practicing, experiencing something, or being taught.”

Kata learn difungsikan dalam hal yang lebih spesifik dibandingkan kata study. Apabila study memperlihatkan jika kegiatan belajar yang dijalankan cukup terbatas pada aktivitas menganalisis tanpa diikuti dengan kegiatan yang dijalankan demi mendapatkan kemampuan. Maka, pada saat menggunakan kata learn, aktivitas belajar yang dijalankan perlu juga disertai dengan kegiatan lain demi memperoleh kemampuan.

Misalnya, Tommy dan Erin sama-sama belajar matematika. Tommy menganalisis rumus-rumus matematika cukup sebatas mengerti saja, dan supaya bisa mengerjakan tugas-tugas matematika. Sedangkan Erin mempelajari matematika tidak sebatas rumus-rumusnya saja, melainkan juga praktik-praktik suatu aktivitas demi mendukung pengetahuan rumus matematika yang ia miliki.

Pada cerita di atas, Tommy menjalankan study sebab ilmu matematika yang dipelajarinya cukup terbatas pada rumus-rumus saja. Berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Erin. Aktivitas belajar matematikanya dapat dikatakan dengan learn. Sebab Erin tidak cukup sebatas menganalisis rumus-rumus ilmu matematika saja, namun juga diikuti dengan aktivitas lain. Sehingga ia dapat mempunyai kemampuan matematika, baik secara teori atau praktik.

Walaupun terkesan remeh, tapi sangat perlu untuk mengetahui antara learn vs study. Hal itu disebabkan kedua kata tersebut bakal memberikan respon atau akibat yang berbeda, terutama untuk kamu yang masih menjadi seorang pelajar atau mahasiswa. Sangatlah perlu untuk seorang pelajar dan mahasiswa apabila mengerti dan fokus pada poin akhir, yaitu learning bukan sebatas study. Karena tujuan akhirnya untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan dalam ilmu pengetahuan. Bukan hanya mengerti rumus-rumusnya saja.

Rekomendasi :  Perbedaan A Lot, A Lot Of, dan Lots Of

Study dalam Bahasa Inggris

Pada penjelasan mengenai learn di atas, kami telah mengulas sedikit tentang study. Sementara pada bagian ini, kami akan menjelaskan lebih jauh tentang arti study. Sama seperti learn, kata study juga memiliki arti “mempelajari”. Namun ada perbedaan antara kedua kata tersebut yang perlu kamu ketahui.

Kata study dirujuk berdasarkan pada “process of gaining knowledge and skill, it is especially done by students or those who are preparing themselves for a test or examination.” Artinya, study berfungsi sebagai rujukan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas belajar yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah, atau mata kuliah di kampus-kampus.

Sebagai contoh, belajar menghafal teori-teori kimia, mempelajari hitungan angka, mempelajari teori akuntansi, mempelajari biologi, belajar rumus fisika, menghafal pelajaran geografi, sejarah, dll. Maka, orang yang sedang menjalankan aktivitas belajar mengajar di sekolah atau jurusan tertentu di kampus-kampus, dinamakan sebagai student yang berarti “murid”.

Ingat, jangan sampai salah dalam menggunakan kata learn atau study. Karena kedua kata tersebut meskipun tampak sama, namun sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Apabila penggunaannya tidak tepat, maka akan menjadi suatu kalimat yang tidak tepat. Pada saat kamu menggunakan kata yang tidak tepat untuk menjelaskan sesuatu kepada seseorang, maka dengan kata lain, kamu telah memberikan informasi yang tidak akurat.

Contoh Penggunaan Kata Learn  dalam Kalimat Berbahasa Inggris

 

study

Sebagai gambaran yang lebih detail tentang bedanya kata learn, di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat yang bisa jadi referensi kamu

  1. My Uncle learns to drive cars every morning before working hours.

(Pamanku belajar untuk mengendarai mobil setiap pagi sebelum jam kerja)

  1. She learns how to say French language from Dita, her friend. 

(Dia belajar bagaimana mengucapkan Bahasa Perancis dari Dita, teman perempuannya)

  1. I learn how to say ‘I Miss You’ before I meet you.

(Aku belajar bagaimana mengucapkan ‘I Miss You’ sebelum aku bertemu denganmu)

  1. Do you want to learn how to play piano?

(Apakah kamu ingin belajar bagaimana bermain piano?)

  1. He learns how to cook Indonesian Food everyday.

(Dia belajar cara memasak makanan Indonesia setiap hari)

Contoh Penggunaan Kata Study dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

  1. I studied programming at Harvard University

(Saya belajar pemrograman di Universitas Harvard)

  1. I study physics every week at school

(Saya belajar fisika setiap minggu di sekolah)

  1. She doesn’t study Biology at school

(Dia tidak belajar biologi di sekolah)

  1. The students study very hard at school.

(murid-murid belajar sangat keras di sekolah)

  1. I’ve study for the next exam.

(Saya sedang belajar untuk ujian selanjutnya)

Rekomendasi :  Perbedaan Rise dan Raise dalam Bahasa Inggris

Contoh Dialog Menggunakan Learn vs Study

Tika: Vika, I heard from Vivin that you want to learn how to play violin. Is that true? (Vika, aku mendengardari Vivin kalau kamu ingin belajar biola. Benarkah itu?)

Vika: ya, it’s true! Do you know how to play violin Tik? I’m too tired to study alone. Please help me! (ya itu benar! Apakah kamu mengerti bagaimana cara bermain violin Tik? Aku sudah lelah belajar sendirian. Kumohon bantu aku!)

Tika: Calm down Vika. Come to my house next Saturday. Let’s study violin together! (Tenang Vika. Datangah ke rumahku Sabtu depan. Mari belajar violin bersama)

Vika: are you sure? Ahh, thank you so much Tik. I don’t know what I want to say. Just thank you. Thank you very much. (Kamu yakin? Ah terima kasih banyak Tik. Aku tidak mengerti aku harus berkata apa. Hanya terima kasih. Terima kasih banyak)

Tika: It’s Ok. Don’t forget to bring your violin also your food. Hehehehe (Ok. Jangan lupa membawa biola dan makanan ya. Hehehhe)

Vika: hahahha, ofc.

Nah, dengan penjelasan dan contoh-contoh di atas, apakah kamu sudah paham perbedaan antara learn dan study? Semoga ulasan mengenai learn vs study di atas cukup bermanfaat bagimu, sehingga tidak ada kekeliruan dalam menggunakan kedua kata tersebut pada kalimat bahasa Inggris.

Baca juga Memahami Perbedaan Learn Dan Study Dalam Bahasa Inggris

vote
Article Rating