perbedaan lay dan lie

Dalam Bahasa Inggris banyak terdapat kata yang memiliki cara penulisan dan cara pengucapan yang mirrip. Bagi orang – orang yang sedang belajar Bahasa Inggris atau tidak sering menggunakannya dalam percakapan sehari – hari tentunya hal itu akan sangat menyulitkan. Salah satu dari sekian banyak kata dalam Bahasa Inggris yang sering kali membingungkan adalah “Lay” dan “Lie”. Kedua kata tersebut memang berbeda dari segi penulisan, tetapi bagi sebagian besar orang pengucapan kata – kata tersebut terdengar mirip. Berikut adalah perbedaan lay dan lie berikut cara mudah untuk membedakan kedua kata tersebut.

Perbedaan Kata “Lay” dan Kata “Lie”

Ada beberapa hal yang menjadi faktor utama yang membuat banyak orang kebingungan dalam membedakan kata “lay” dan “lie”. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah kedua kata tersebut bisa jadi memiliki arti yang sama tergantung cara penggunaannya. Selain itu salah satu dari kedua kata tersebut “lie” mempunyai dua arti yang sangat berbeda satu sama lain. Kedua kata tersebut merupakan kata kerja atau verb yang berbeda bentuk. Kedua kata tersebut bisa berbentuk kata kerja beraturan (Regular Verb) atau kata kerja tidak beraturan (Irregular Verb).

Membedakan Lay dan Lie

Lay berarti menaruh atau meletakkan. Kata ini digolongkan dalam kelompok kata kerja tidak beraturan (Irregular Verb). Cara termudah untuk membedakan lay dengan lie adalah kata ini selalu diikuti noun dalam setiap penggunaannya.

Perhatikan contoh – contoh penggunaan kata “lay” dalam kalimat – kalimat berikut ini.

  1. The teacher asked the students to lay the pencils down on the table soon after the examination finished.
  2. The policeman pushed the bank robbers to lay their guns down on the floor.
  3. Lay the vase on the table!

Seperti halnya kata kerja yang lainnya dalam Bahasa Inggris, “lay” memiliki 3 bentuk, yaitu:

Verb 1: Lay

Verb 2: Laid

Verb 3: Laid

Verb ing: Lying

Sementara itu kata “Lie” mempunyai arti kata yang lebih bervariasi. Paling tidak ada 2 arti dari kata tersebut, yaitu berbaring dan berbohong.

  • Lie (Berbaring)

Lie yang memiliki arti “berbaring” merupakan digolongkan sebagai kata kerja yang tidak beraturan (Irregualar Verb). Selain berbaring kata ini juga memiliki arti lain yang jauh berbeda artinya yaitu tiduran, terbentang, dan tiduran. Untuk mempermudah membedakan kata lie ini dengan kata yang lain adalah dengan memperhatikan kata yang mengikuti di belakangnya. Pada umumnya, kata tersebut di ikuti oleh preposisi “on” dan selanjutnya baru diikuti oleh kata benda atau noun. Perhatikan kalimat – kalimat berikut ini sebagai contoh.

  1. My dog lies on the floor.
  2. I lie on this comfortable bed every night and soon fall asleep.
  3. Indonesian archipelago lies from Sabang in Aceh up to Merauke in Papua.

Kata “lie” dengan arti “berbaring” ini mempunyai tiga bentuk kata kerja yang berbeda yaitu: lie (verb 1), lay (verb 2), lain (verb 3) da lying (verb ing).

  • Lie (Berbohong)

Arti lain dari kata “lie” adalah berbohong. Berbeda dengan penggunaan sebelumnya, “lie” yang berarti “berbohong” merupakan kata kerja beraturan (regular verb). Terkadang kata ini juga diartikan sebagai “menipu”. Untuk membedakannya, anda harus memperhatikan preposisi yang mengikuti di belakangnya, yaitu “about”. Contoh:

  1. Some people lie to me about their children
  2. Most people lie about their fortune.

Bentuk kata kerja dari lie adalah:

Verb 1: Lie

Verb 2: Lied

Verb 3: Lied

V-ing: Lying

Bagaimana guys? sudah memahami perbedaan lay dan lie berdasarkan penjelasan di atas?. Mulai saat ini kamu sudah harus menggunakannya kedua kata tersebut dengan tepat ya.

Pelajari juga materi bahasa inggris lainnya yuk guys, salah satunya adalah Perbedaan Desert dan Dessert.