perbedaan last month dan in the last month

Saat membaca teks dalam Bahasa Inggris, khususnya yang menceritakan tentang sebuah peristiwa atau laporan peristiwa, kamu mungkin akan menemukan banyak keterangan waktu di sana. Dari sejumlah kata keterangan yang pernah kamu jumpai, pernahkah kamu mendengar/ membaca kata last month dan in the last month? Apakah keduanya berbeda atau sebenarnya mengungkapkan makna yang sama?
Artikel ini akan memberikan jawaban yang kamu inginkan. Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan last month dan in the last month.

  1. Dilihat dari tensesnya

Untuk memahami perbedaan dari kata keteranagan last month dan in the last month, pertama-tama kamu harus melihatnya dari segi tenses yang digunakan.

  • Last month menggunakan past tense, yang berarti bahwa kejadian yang sedang diceritakan terjadi di masa lampau. Berikut beberapa contoh kalimat yang sesuai untuk menggunakan kata keterangan last month.

Last month, I went to Surabaya. It was such an amazing experience. (Bulan lalu, saya pergi ke Surabaya. Itu adalah pengalaman yang sungguh hebat.)

The project took more than 3 months of experiment. Finally, we can finish the report last month. (Proyek itu menghabiskan waktu lebih dari 3 bulan untuk melakukan eksperimen. Akhirnya, kami dapat menyelesaikan laporannya bulan lalu.)

  • Di sisi lain, in the last monthmenggunakan present perfect tense, yang berarti bahwa kegiatan yang sedang dilakukan telah diselesaikan. Berikut beberapa contoh kalimat yang sesuai untuk menggunakan kata keterangan in the last month.

I have seen that strange guy around my house twice in the last month. (Aku telah melihat laki-laki aneh itu di sekitar rumahku sebanyak dua kali selama bulan lalu/ terakhir.)

Have you been to Yogyakarta in the last month? There are many things changed. (Apakah kamu sudah ke Yogyakarta selama bulan lalu/ terakhir? Ada banyak hal yang berubah.)

  1. Sebagai time signal

Time signal merupakan kata keterangan waktu khusus yang biasanay dimiliki oleh setiap bentuk tenses. Misalnya, karena simple present tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang/ kebiasaan, maka time signalnya adalah everyday, always, sometimes, often, rarely, never, dll. Nah, ketika membicarakan past tense, maka time signalnya bisa menggunakan yesterday, last week, last month, 2 years ago, 100 years ago, serta in the last month. Penggunaan last month menunjukkan waktu yang spesifik, yaitu hanya pada bulan lalu/ terakhir saja. Kejadinnya telah berakhir sesuai dengan keterangan waktunya. Selain itu, variasi lain juga bisa digunakan seperti last week, last year, last decade, dll.

Di sisi yang lain, in the last month menunjukkan waktu yang tidak spesifik. Kejadian yang diceritakan terjadi sejak saat itu (di masa lampau) hingga saat ini. Terdapat variasi lain pula dalam penggunaannya, seperti in the last month (yang berarti kejadinnya berlangsung sejak tanggal 1 di bulan yang dimaksud hingga saat ini), in the last year (yang berarti kejadinnya berlangsung sejak hari pertama di tahun yang dimaksud hingga saat ini), in the last decade (yang berarti kejadinnya berlangsung sejak hari pertama dari patokan tahun yang dimaksud hingga saat ini)dll.

Selain itu, penggunaan variasi kata keterangan in the last …. (month, year, decade, minutes, hour, dll) juga sering kali dibarengi dengan penggunaan multiplicative number, yaitu keterangan berapa kali aktivitas tersebut dilakukan dalam satu waktu yang dimaksud. Untuk mengatakan satu kali, kamu bisa menggunakan once, kemudian twice untuk dua kali. Sementara yang lain hanya sama seperti menyebut angka namun hanya menambahkan kata times setelahnya.

Contoh:

In the last 2 hours, he has teased me 5 times. (Dalam lima menit terakhir ini, dia telah menggodaku sebanyak lima kali.

My brother has fallen from his bike for 3 times in the last year. (Adikku telah terjatuh dari sepedanya sebanyak tiga kali selama satu tahun terakhir ini.)

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan last month dan in the last month.  Semoga penjelasan tersebut cukup untuk membuat kamu memahami perbedaan dari dua keterangan waktu di atas.

Baca juga: Tiga Tips Jitu Untuk Memudahkan Membaca Artikel Bahasa Inggris.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •