Perbedaan How Much dan How Many dalam Bahasa Inggris

β€œSeberapa banyak?” Kalau di-bahasa Inggris-kan, gimana ya caranya menanyakannya? Dalam bahasa Inggris, ada dua cara untuk menanyakan banyaknya suatu benda, yaitu dengan menggunakan how much dan how many. Tapi, apa ya perbedaan how much dan how many saat digunakan? Kampung Inggris punya penjelasan lengkapnya di bawah ini.

How Much dan How Many, Kapan Harus Memakainya?

Dalam bahasa Inggris, ada dua jenis noun berdasarkan cara menghitungnya, yaitu countable noun (noun dapat dihitung) dan uncountable noun (noun tidak dapat dihitung).

Countable noun adalah benda-bendaΒ  yang jumlahnya dapat dengan mudah dihitung. Benda-benda yang termasuk dalam countable lebih mudah digolongkan sebagai singular (benda tunggal) atau plural (benda jamak).

Example:

SINGULARPLURAL
BookBooks
AppleApples
BottleBottles

Sementara itu uncountable noun adalah benda-benda yang jumlahnya sulit dihitung, karena terlalu banyak. Benda-benda yang termasuk dalam uncountable noun tidak perlu dibedakan bentuk singular dan plural-nya.

Example:

SINGULARPLURAL
SugarSugar
SandSand
WaterWater

Perbedaan how much dan how many sangat bergantung pada teori countable-uncountable noun ini. Kalau kamu sudah bisa membedakan countable dan uncountable noun, kamu bisa melangkah ke bahasan utama kita di bawah ini.

How Much

How much adalah kalimat tanya yang digunakan untuk menanyakan jumlah uncountable noun (gula, pasir, garam, air, rambut, hujan, beras, waktu dst).

Example:

  • How much sugar you need for your coffee? (Berapa banyak gula yang kamu inginkan untuk kopimu?)
  • How much your hair has fallen off today, Ervi? (Berapa banyak rambutmu yang telah rontok hari ini, Ervi?)
  • How much time I should spare for the exam preparation, could you give me an advice? (Berapa banyak waktu yang harus aku luangkan untuk persiapan ujian, bisakah kamu memberiku saran?)
  • How much syrup I need to add to the batter? (Berapa banyak sirup yang harus aku masukkan ke adonannya?)
  • How much water this tank could contain, Mr Kellan? (Berapa banyak air yang bisa disimpan dalam tangki ini, Mr Kellan?)
Rekomendasi :  Bahasa Inggris Saat ini Termasuk Tren atau Kebutuhan

How Many

Kebalikan dari how much, how many digunakan untuk menanyakan jumlah countable noun (buku, gelas, buah-buahan, komputer, kue, botol, piring, papan tulis, dst).

Example:

  • How many ice creams you asked Carla to buy? (Berapa banyak es krim yang kamu minta untuk dibelikan Carla?)
  • How many rules we need to obey at museum? (Berapa banyak peraturan yang harus kita patuhi di museum?)
  • How many novels and comics you have at home, Gerald? (Berapa banyak novel dan komik yang kamu punya di rumah, Gerald?)
  • How many cupcakes you want, honey? (Berapa banyak cupcake yang kamu inginkan, sayang?)
  • How many eggs I should add after the wheat flour? (Berapa banyak telur yang harus aku tambahkan setelah tepung terigu?)

Latihan Perbedaan How Much dan How Many dalam Kalimat

1. ...people are there in the ballroom?

Correct! Wrong!

2. ...advice do you need from Dr. Johnson?

Correct! Wrong!

3. Can you guess...stars in the sky?

Correct! Wrong!

4. Can you tell me...rice our grandmother asks?

Correct! Wrong!

5. ...money do you need to bring?

Correct! Wrong!

Latihan Perbedaan How Many dan How Much dalam Bahasa Inggris
Kamu masih belum benar-benar paham ya πŸ™
Tapi nggak apa-apa, it's okay, kamu bisa belajar lagi. Coba dilihat lagi materi di atas ya, LCers πŸ˜‰
Oke, ayo belajar lebih keras lagi! πŸ˜‰
Ini bukan nilai yang bagus, tapi at least kamu udah berusaha. Coba dibaca-baca lagi ya materi di atas, diperhatikan lagi materi yang belum kamu pahami πŸ™‚
Siap, sedikit lagi!!! πŸ˜€
Wah, nilai kamu lumayan nih, berarti udah cukup paham dong. Tapi jangan berhenti di sini ya, terus asah kemampuanmu supaya bisa dapat nilai sempurna. Kamu udah hebat banget kok, tapi yuk sekarang jadi lebih hebat lagi πŸ˜€
Kerja bagus!
Bagus banget nilai kamu nih, pinter banget sih xD. Oke, ini membuktikan kamu sudah paham betul materi ini. Jangan lupa share nilaimu yang bagus ini ke teman-teman ya πŸ˜€

Share your Results:

Rekomendasi :  Pengertian, Jenis, Penggunaan, dan Contoh Gerund

Itulah penjelasan lengkap tentang perbedaan how much dan how many disertai cara menggunakannya dalam kalimat. Jadi intinya jelas, how much untuk uncountable noun, sedangkan how many untuk countable noun.

Jika kamu ingin mempelajari materi yang jauh lebih mendalam dibandingkan ini, kamu bisa langsung mendaftarkan diri buat belajar di Kampung Inggris Pare! Kampung Inggris Pare adalah satu-satunya tempat legendaris di Indonesia buat belajar bahasa Inggris. Kami semua di sini udah berpengalaman selama 40 tahun, jadi kamu nggak usah khawatir soal kualitas pengajaran teacher di sini!

Jadi ayo, datang ke Kampung Inggris sekarang juga dan jadi jagoan bahasa Inggris!

Kampung Inggris Search :

    how much dan how many, materi bahasa inggris how much dan how many
vote
Article Rating