perbedaan desert dan dessert

Terdapat banyak kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki kemiripan dalam penulisan, salah satu contohnya adalah kata “desert” dan “dessert”. Kedua kata tersebut terlihat sangat mirip dengan perbedaan pada jumlah huruf “s” yang digunakan dalam penulisan. Selain itu kedua kata tersebut memiliki arti yang jauh berbeda diantara satu dengan yang lainnya. Temukan definisi dan perbedaan lain kata “desert” dan “dessert” dalam artikel berikut ini.

Perbedaan Kata “Desert” dan “Dessert”

Perbedaan jumlah huruf “s” pada kata “desert” dan “dessert” membuat orang sering kali salah mengartikan kedua kata tersebut.

  • Desert

Desert dapat digunakan sebagai kata benda (noun) ataupun kata kerja (verb). Dalam bahasa Inggris kata desert dapat dijelaskan sebagai “indicating a dry, hot, and arid climate.”  Dalam Bahasa Indonesia kata ini sering diartikan sebagai “gurun pasir” yang merupakan sebuah noun atau kata benda. Untuk menunjukkan “desert” sebagai kata benda, kata  tersebut juga kerap kali digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan hidup yang membosankan.

Sementara itu, desert yang berarti mengindikasikan kata kerja dapat diartikan sebagai “membelot, atau melarikan diri dari tugas militer”. Cara pengucapan kata ini berbeda dengan pengucapan kata “dessert” meskipun hanya terdapat sedikit perbedaan dalam penulisannya.

Desert dibaca dengan “dez-urt”. Terdapat perbedaan dalam penekanan suku kata yang akan memberikan petunjuk apakah kata yang diucapkan berarti dalam bentuk kata benda atau kerja. Sebagai kata benda, penekanan ditujukan pada syllable pertama sedangkan  pada kata kerja penekanan ditujukan pada syllable kedua dari kata tersebut. Dengan mengetahui letak penekanan pengucapan, kita juga akan dengan sendirinya mengetahui arti kata “desert” yang dimaksud.

Contoh:

  1. Most species of cacti are found in desert regions. (noun)
  2. He deserts from his military position because he doesn’t agree about wars. (verb)
  • Dessert

Untuk memudahkan kita mengingat arti kata dessert ada baiknya jika kita membuat semacam “jembatan keledai”. Untuk memudahkan sebagai contoh kita dapat menggunakan kata “Sweet Sugar” dimana terdapat 2  huruf “s” di dalam kedua kata tersebut. Sweet sugar berarti gula manis. Kata-kata tersebut akan lebih mudah diasosiasikan dengan “dessert” yang memiliki arti “makanan penutup”.

Seperti kita tahu bahwa sebagian besar makanan penutup dibuat dengan rasa yang manis seperti misalnya pudding, kue, sorbet, dan lain – lain. Jadi dengan mengingat “gula manis” maka kita akan teringant dengan “dessert” yang berarti makanan penutup.

“Dessert” sendiri sejatinya bukan asli dari Bahasa Inggris. Kata tersebut berakar dari bahasa Prancis “desservir” yang berarti “clear the table” atau secara harfiah berarti “bersihkan meja” dalam Bahasa Indonesia. Kata kuno dalam bahasa Prancis tersebut kemudian diadopsi dalam bahasa Inggris dan digunakan untuk merujuk pada makanan penutup.

Berbeda dengan “desert”, kata “dessert” hanya dapat digunakan untuk mengindikasikan kata benda atau noun. Cara pengucapannya pun hampir mirip. Hanya saja pada “dessert” penekanan pengucapan lebih ditujukan pada syllable atau suku kata kedua dari kata tersebut. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata “dessert” dalam kalimat dalam Bahasa Inggris.”

  1. Eating too much dessert will make you gain weight faster.
  2. My mother cooked me delicious strawberry sorbet for dinner last night.
  3. I always miss dessert menu at dinner time since I don’t like sweet dishes.
  4. The restaurant serves very delicious puddings for its dessert menu.

Nah sekarang sudah memahami perbedaan desert dan dessert kan guys? Jadi jangan salah lagi ya dalam membuat kalimat atau pun mengucapkan nya ketika berbicara bahasa inggris. Karena bisa fatal loh jika kamu salah dalam menggunakannya.

Sampai di sini dulu ya guys pembahasan materi kali ini. Kami akan membahas lebih banyak lagi materi bahasa inggris untuk kamu semua guys. Materi bahasa inggris yang sebelumnya sudah pernah kami bahas dan bisa kamu pelajari salah satu nya adalah Tips dan Trik Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris.

Semangat terus belajar bahasa inggrisnya guys ^^.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •