perbedaan breath dan breathe

Bernapas adalah hal wajib bagi setiap manusia, bahkan seluruh makhluk hidup di bumi. Tanpa bernapas dalam selang beberapa menit saja mungkin kamu bisa langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Nah, coba kalian tebak apa bahasa inggrisnya bernafas? Breath atau breathe? Di sini mungkin kalian merasa kebingungan, padahal hanya berbeda satu huruf saja di akhir. Apakah perbedaan tersebut bisa merubah makna kata tersebut? Di sini kalian bisa mengetahui perbedaan breath dan breathe sekaligus menemukan jawabannya.

Perbedaan Breath dan Breathe

a. Breath

Hal pertama yang harus kalian ingat adalah Breath merupakan sebuah noun (kata benda). Breath mempunyai arti napas yang kita semua keluarkan. Napas kita akan semakin terlihat ketika kalian sedang berada di suatu wilayah dengan suhu yang cukup dingin dan kalian mengeluarkan kepulan asap tipis dari mulut saat kalian sedang berbicara atau menghembuskan napas dari mulut. Hal ini wajib kalian pahami ketika ingin mengetahui perbedaan breath dan breathe. Intinya breath adalah udara yang dihirup dan keluarkan melalui mulut atau hidung. Kalian juga harus tahu bahwa pengucapan breath hampir sama dengan pengucapan bread tetapi tipis di belakang.

Contoh kalimat menggunakan kata breath:

  • She takes a deep breath after telling the truth

Dia menarik napas dalam-dalam setelah mengatakan kebenarannya

  • Take a breath! And you can do better

Ambil napas lah, dan kamu bisa melakukannya lebih baik

  • When you are running, you can take a breath faster than normal

Ketika kamu sedang berlari, kamu bisa bernapas lebih cepat dibanding keadaan normal

b. Breathe

Kapan kalian bisa menggunakan breathe? Dalam hal ini kalian harus memahami kelas kata dan arti kata breathe terlebih dahulu. Berbeda dari breath yang merupakan noun (kata benda), maka breathe merupakan verb (kata kerja). Arti dari kata breathe sendiri adalah bernafas. Jadi breathe merupakan suatu kegiatan menghirup dan mengeluarkan udara yang menggunakan paru-paru, alias bernafas. Cara pengucapan breathe juga seperti mengucapkan need dan breeze.

Contoh kalimat menggunakan kata breathe

  • Once you have fresh air, so you can breathe better

Jika kamu punya udara segar, kamu bisa bernapas lebih baik

  • They breathed within close their nose because of air pollution

Mereka bernapas dengan cara menutup hidung mereka karena polusi udara

  • When you are on the top of mountain, you will more hardly to breath

Ketika kamu sedang berada di puncak gunung, kamu akan semakin sulit bernafas

  • Finally, you can hardly breath after passing the final exam

Akhirnya kamu bisa bernapas lega setelah melewati ujian akhir

Jadi breathable atau breatheable?

Apakah kalian bisa menjawab pertanyaan di atas setelah membaca ulasan seputar perbedaan breath dan breathe di atas? Mungkin sebagian masih merasa bingung, apakah menggunakan kata breathable ataukah breatheable? Jawaban yang tepat adalah breathable (tanpa e), yang maknanya bisa untuk bernapas atau bisa bernafas. Breathable adalah kata sifat yang menerangkan sebuah kata benda (noun), contoh:

  • My littles sister need a breathable cloth to help her move better

Adik perempuan saya membutuhkan pakaian yang tidak pengap untuk membantunya bisa bergerak lebih baik

  • My family can’t live in this unbreathable city

Keluargaku tidak bisa tinggal di kota yang sesak ini

Bagaimana? sudah cukup jelas bukan perbedaan antara breath dan breathe melalui pembahasan di atas?. Jika  masih bingung atau memiliki pertanyaan kamu bisa menuliskan nya pada kolom komentar ya guys. Selamat belajar !!!!

Baca juga: Beragam Confusing Word yang Sering Ditemui dan Sering Menjebak.