penggunaan beside dan besides

Pernah nggak suatu hari kalian bertemu dengan orang asing dan orang tersebut menanyakan arah pada kalian? Kalian mungkin merasa kebingungan bagaimana menjelaskan arah yang benar dalam Bahasa Inggris. Don’t panic karena untuk bisa menjelaskan arah yang benar dalam Bahasa Inggris, kalian membutuhkan 2 hal yang penting, yaitu: kalian harus tahu jalan tersebut dan yang kedua kalian harus menguasai vocab. Minimal vocab yang kalian harus tahu adalah place dan location, seperti at, on, in behind, in front of, turn right, turn left, dan masih banyak lainnya. Jika kalian sudah menguasai vocab tersebut maka kalian akan lebih mudah ketika menunjukkan arah dalam Bahasa Inggris. Namun kali ini, artikel tidak akan membahas tentang place dan location, melainkan penggunaan beside dan besides. Beside dan Besides sendiri terkadang digunakan dalam menunjukkan suatu tempat, lokasi atau arah.

Beside dan Besides merupakan salah satu confusing word yang bisa kalian temui dengan mudah. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kosakata tersebut. Namun apakah kalian tahu perbedaannya? Hanya beda satu huruf s di belakang, apakah bisa mempengaruhi arti dan penggunaannya? Jika kalian belum tahu, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Perbedaan Beside dan Besides

Beside

Beside artinya: next you, close to, at the side or yang artinya di dekatnya atau sekitarnya. Beside ini bahkan juga ada sejarahnya lho. Kalian belum tahu kan? Awal mula beside sendiri berasal dari sebuah phrase dalam Old English “be sidan” yang mempunyai makna hampir sama dengan by the side of. Kemudian memasuki era middle English, beside kemudian berubah makna menjadi outside (di luar) bukan di samping lagi. Sampai sekarang memasuki era modern English, beside sudah digunakan sebagai preposition (kata depan) untuk menjelaskan sesuatu (objek/ subjek) yang berada di sebelahnya sesuatu (objek/ subjek).

Contoh:

  • Beside you, I can feel so happy

Di sampingmu, aku merasa sangat bahagia

  • Doni always sit beside Dimas in the class

Doni selalu duduk di sebelah Dimas saat berada di dalam kelas

  • My home is right in front of mosque

Rumahku berada tepat di depan masjid

  • The restaurant which she wants to go is beside the Galeria Mall

Restoran yang dia ingin datangi berada di sebelah Mall Galeria.

Besides

Besides artinya: making additional point, anyway, also, in addition to, furthermore yang mempunyai makna disamping itu atau pun lebih jauh lagi. Namun jika dipelajari lebih lanjut ada beberapa penggunaan kata besides. Hal ini dikarenakan besides dapat digunakan sebagai preposition dan adverb. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat contoh di bawah ini.

Preposition

Besides digunakan sebagai kata depan berarti dipergunakan sebagai tambahan.

contoh:

  • Besides making other people feel happy, you are so great creating new jokes

Selain bisa membuat orang lain merasa senang, kamu juga sangat hebat membuat lelucon baru

  • Besides working as a teacher, she also writes children’s books

Selain bekerja sebagai guru, dia juga menulis buku untuk anak-anak

Adverb

Jika digunakan sebagai kata keterangan maka bisa besides bisa diletakkan di depan menggunakan koma atau di tengah dan belakang tanpa koma

Contoh:

  • She doesn’t need you anymore and all of your friends besides

Dia tidak membutuhkan kamu lagi dan semua teman-temanmu juga.

Bagaimana? dari penjabaran dan contoh di atas sekarang sudah paham mengenai perbedaan beside dan besides beserta penggunaannya kan guys?. Masih banyak lagi kata dalam bahasa inggris yang memiliki kemiripan tetapi ternyata berbeda arti dan penggunaannya. Salah satu yang bisa juga kamu pelajari adalah Perbedaan Advice dan Advise dalam Bahasa Inggris.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •