Perbedaan Because, Since, Due To, As, dan Owing To

Bahasa Inggris memang kaya! Satu kata saja bisa memiliki banyak sekali sinonim. Ini belum menghitung kata-kata yang pengertiannya mirip. Beberapa kata yang memiliki kemiripan tersebut misalnya because, since, as, due to, dan owing to. Jadi…apa perbedaan because, since, due to, as, dan owing to?

Penggunaan Because, Since dan Due to Dalam Kalimat Bahasa Inggris - Kampung inggris LC

Kelima kata tersebut sebenarnya memiliki satu arti: karena. Akan tetapi penggunaannya berbeda tergantung pada konteks kalimat. Lebih jelasnya tentang perbedaan because, since, due to, as, dan owing to bisa dilihat sebagai berikut.

Because (of)

Because adalah kata yang paling umum digunakan untuk menyatakan “karena”. Kata ini banyak dipakai baik dalam tulisan mau pun percakapan sehari-hari. Akan tetapi penggunaannya yang berulang-ulang dalam tulisan dapat mengurangi profesionalitas dari tulisan tersebut.

Oleh sebab itulah, dibanding menggunakan because, para penulis (ilmiah atau non-ilmiah) lebih suka menggunakan since, as, dan due to. Jadi buat kamu yang ingin menulis bahasa Inggris dengan baik, sebaiknya minimalisasi penggunaan because.

Tapi di percakapan sehari-hari, menggunakan because lebih direkomendasikan. Menggunakan kata seperti due to malah akan membuat percakapan terasa sangat kaku.

Because biasanya digunakan untuk menerangkan sesuatu yang belum diketahui akibatnya.

Example:

  • I was sick because of a lack of sleep.
  • Don’t hate me because I don’t remember you.
  • Because of the rain, the station is closed temporarily.

Since

Since adalah kata kedua yang paling banyak digunakan untuk mengekspresikan “karena” setelah because. Selain bisa bermakna karena, since juga punya makna “sejak”. Akan tetapi since hanya bisa dimaknai sebagai sejak jika diikuti dengan keterangan waktu.

Penggunaan since sebagai karena lebih formal dibandingkan dengan because. Biasanya since digunakan di pembicaraan formal seperti pidato.

Since biasanya digunakan untuk menerangkan sesuatu yang sudah diketahui akibatnya. Atau sesuatu yang pasti terjadi karena suatu tindakan.

Example:

  • The photo looks blurry since it was taken with a low-resolution camera.
  • Since you did it wrong, everything becomes messed up.

As

Selain memiliki arti sebagai, as juga bisa berarti “karena”. Dibandingkan dengan since, as lebih terkesan informal. Akan tetapi penggunaannya di percakapan sehari-hari juga tidak sesering because. Biasanya, as sebagai karena bisa sering kamu dengar di lagu-lagu atau puisi.

Sama seperti since, as digunakan untuk menerangkan akibat yang telah diketahui dan pasti terjadi. Akan tetapi derajat kepastian as lebih dalam daripada since. Bisa dibilang, as digunakan untuk menerangkan perbuatan yang akibatnya langsung terjadi.

Rekomendasi :  Perbedaan Say dan Tell dalam Bahasa Inggris

Example:

  • My heart was broken as you said good-bye, I would never see you again.
  • The bell is ringing as we enter the church.

Due To

Due to memiliki arti yang sama persis dengan because of (bukan hanya because ya, tapi because of). Dibandingkan dengan karena, due to bisa dibilang memiliki arti “dikarenakan”.

Dibandingkan dengan semua kata pengganti “karena” di bahasan ini, due to-lah yang paling formal. Meski pun sangat formal, due to lebih banyak digunakan dibanding since. Sebagian besar karya tulis, pengumuman di tempat umum, dan berita menggunakan due to untuk menyebut “karena”.

Example:

  • Due to the rain and heavy weather, the flight is canceled.
  • The tragic accident happened due to the workers’ demonstration.

Akan tetapi saat ini, penggunaan due to dianggap pemborosan kata oleh native English. Mereka menganggap due to malah membuat kalimat terkesan “redundant” dan “wordy”.

Owing To

Owing to memiliki arti yang sama dengan due to, yaitu dikarenakan. Akan tetapi selama ini penggunaan owing to lebih jarang dalam percakapan sehari-hari. Meski demikian baru-baru ini para native (terutama American) beranggapan penggunaan owing to lebih mending daripada due to.

Due to digunakan untuk menerangkan akibat yang mutlak, hendak, dan atau sedang terjadi. Akan tetapi owing to digunakan untuk menerangkan akibat yang belum terjadi. Kesimpulannya, derajat kepastian owing to lebih rendah dibanding due to.

Example:

  • Owing to losing his mother, Dan would not come to the school today.
  • The flight was canceled owing to the heavy rain.

Latihan Membedakan Because, Since, Due To, As, dan Owing To

1. BTS postpone their arrival to Indonesia...the bad weather

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah B.Karena phrase "the bad weather" di kalimat di atas membutuhkan "because of" supaya tersambung dengan phrase sebelumnya.

2. ...the virus that has been spreading in China, all the flight to and from the country is delayed.

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah A.Karena di antara semua pilihan, yang paling tepat dipakai di kalimat di atas adalah "due to". Penjelasannya silakan lihat lagi materinya ya 🙂

3. She decides to choose ice cream...she doesn't like crepe

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah B.Kata "because of" hanya bisa digunakan saat kalimat diikuti dependent clause. Sedangkan kalimat di atas keduanya independent clause, jadi yang paling tepat untuk melengkapi adalah "because".

4. ...I got sick yesterday, I haven't finished half of my homework

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah C.Kalimat di atas menunjukkan sebab akibat, sehingga yang paling cocok dipakai adalah "since"

5. I lost my confidence...the judges sat down and started to see me

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah D.Kalimat di atas menunjukkan kejadian yang terjadi secara serta-merta, berurutan, sehingga yang cocok untuk melengkapi adalah "as".

Rekomendasi :  9 Common Mistakes in English Pronunciation

6. Language Center has closed the member registration early...the booming of registrants

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah C.Di antara seluruh pilihan yang ada, yang paling tepat digunakan untuk melengkapi adalah "owing to".

7. ...he wants to go soon, he's already prepared days before his departure

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah B.Sama seperti penjelasan nomor 3, kalimat di atas keduanya adalah independent clause. Jadi kalimat penghubung yang tepat adalah "because"

8. I refused to eat the sweets George has given me...I knew the sweets belong to Rina

Correct! Wrong!

Ketiga pilihan yang ada sama-sama benar.Kalau kalimatnya seperti di atas, kamu bebas mau menggunakan "because", "since", atau "as". Tinggal disesuaikan kondisi saat mengatakannya saja.

9. Our school gives an honorary award to Chloe,...she helped a lost baby to find his mother

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah D.Penjelasannya sama seperti poin 3 dan 7.

10. Don't regret the goodness you've done in the past, ...God will always remember it even if people forget

Correct! Wrong!

Jawaban yang benar adalah A.Di antara semua pilihan yang tersedia, yang paling tepat dipakai adalah "since".

Kuis Bahasa Inggris: Because, Since, Due To, As, dan Owing To
Kamu masih belum benar-benar paham ya 🙁
Tapi nggak apa-apa, it's okay, kamu bisa belajar lagi. Coba dilihat lagi materi di atas ya, LCers 😉
Oke, ayo belajar lebih keras lagi! 😉
Ini bukan nilai yang bagus, tapi at least kamu udah berusaha. Coba dibaca-baca lagi ya materi di atas, diperhatikan lagi materi yang belum kamu pahami 🙂
Siap, sedikit lagi!!! 😀
Wah, nilai kamu lumayan nih, berarti udah cukup paham dong. Tapi jangan berhenti di sini ya, terus asah kemampuanmu supaya bisa dapat nilai sempurna. Kamu udah hebat banget kok, tapi yuk sekarang jadi lebih hebat lagi 😀
Kerja bagus!
Bagus banget nilai kamu nih, pinter banget sih xD. Oke, ini membuktikan kamu sudah paham betul materi ini. Jangan lupa share nilaimu yang bagus ini ke teman-teman ya 😀
SEMPURNA!
KAMU. KEREN. BANGET. YOU. ARE. AWESOME. AF. Selamat, kami berhasil menyelesaikan kuis bahasa Inggris ini dengan sempurna. Jangan berhenti di sini ya, terus melangkah ke level selanjutnya. Jangan lupa share nilai ini ke teman-teman kamu, biar mereka semangat mengejar kecerdasan kamu 🙂

Share your Results:

Demikianlah perbedaan because, since, due to, as, dan owing to yang perlu kamu ketahui. Jangan capek-capek belajar ya! Kalau kamu ingin belajar lebih banyak, yuk datang ke Kampung Inggris Pare sekarang juga! Mumpung masih muda, jangan sia-siakan kesempatanmu belajar bahasa Inggris!

Kampung Inggris Search :

    pengertian owing to, penjelasan perbedaan due to dan owing to