because of dan due to

Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan because of dan due to dalam bahasa Inggris. Tahukah kalian, bahwa penutur asli (native speaker) bahasa Inggris pun terkadang belum tentu mengetahui secara pasti tentang perbedaan becasue of dan due to. Hal itu karena keduanya memang memiliki fungsi yang sama dan juga dianggap saling bersinonim. Memang benar jika dikatakan bahwa ada kemiripan antara keduanya, namun kesamaan tersebut tidak 100%. Tetap ada beberapa hal yang membedakan penggunaan because of dan due to dalam kalimat bahasa Inggris yang tepat. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kalian simak penjelasan berikut ini.

Persamaan antara because of dan due to

Because of dan due to memang memiliki makna yang sama, yaitu dapat diartikan “karena” dalam bahasa Indonesia. Maksudnya, baik because of maupun due to merujuk pada penyebab dari suatu keadaan. Namun ternyata, arti atau makna yang sama tersebut tidak lantas menjadikan keduanya dapat digunakan pada kalimat yang sama atau saling menggantikan. Mengapa demikian? Simak informasi tentang perbedaan because of dan due to berikut ini.

Perbedaan because of dan due to

Hal pertama yang membedakan antara kedua kata ini adalah klasifikasi kata masing-masing. Because of dan due to tidak masuk pada klasifikasi kata yang sama. Because of termasuk dalam klasifikasi adverb atau kata keterangan. Jika dipaparkan lebih lanjut, kata keterangan semestinya digunakan untuk menjelaskan kata kerja (verb), kata sifat (adjective), dan kata benda (noun). Berbeda dengan because of, due to termasuk dalam klasifikasi kata sifat, yang artinya bahwa due to hanya bisa digunakan untuk menjelaskan kata benda saja, jika merujuk pada aturan tata bahasa Inggris yang benar. Coba kalian perhatikan dua kalimat berikut ini:

  1. A lot of her unhappiness is due to boredom.
  2. She is so unhappy due to boredom.

Jika dilihat secara sekilas, seperti tidak ada yang salah pada kedua kalimat tersebut. Keduanya terlihat benar dan memiliki makna yang sama, yang intinya ingin mengungkapkan tentang ketidaksedangan seseorang karena rasa bosan yang menghampiri. Padahal, salah satu kalimat di atas tidak tepat. Lantas, kalimat mana yang salah? Dimana letak kesalahannya? Bagaimana seharusnya tata bahasa yang benar untuk kalimat tersebut?

Kalimat yang salah adalah kalimat no (2) She is so unhappy due to boredom. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, due to merupakan kata sifat yang hanya dapat menjelaskan kata benda. Sedangkan pada kalimat no (2) due to digunakan untuk menjelaskan unhappy yang termasuk ke dalam klasifikasi kata sifat. Sehingga kalimat tersebut dianggap kurang tepat. Kalimat no (1) sudah tepat karena kata due to digunakan untuk menerangka kata benda yaitu her unhappiness. Agar perbedaan because of dan due to semakin terlihat jelas, perhatikan contoh-contoh berikut ini:

  1. Because of
  2. The train was delayed because of the bad weather.
  3. She feels sad because of your decision to leave.
  4. I was absent because of the snow storm.
  5. Due to
  6. The train delay was due to the bad weather.
  7. Her sadness is due to your decision to leave.
  8. My absence was because of the snow storm.

(Materi lainnya: Perbedaan Last Month Dan In The Last Month)

Tips menggunakan because of dan due to dengan tepat dan efektif

Jika kalian masih bingung dan ragu tentang kapan harus menggunakan because of dan kapan harus menggunakan due to, mungkin tips berikut ini sedikit banyak bisa membantu. Apabila kalian ingin membuat kalimat dengan menggunakan due to, maka cobalah untuk mengganti kata due to tersebut dengan kata caused by yang artinya “disebabkan oleh”. Contohnya dapat kalian lihat pada kalimat berikut ini:

  1. A lot of her unhappiness is due to
  2. A lot of her unhappiness is caused by boredom

Apabila kalimat tersebut cocok dan kata due to dapat disubstitusikan dengan kata caused by, maka kalimat yang kalian buat sudah tepat. Demikian penjelasan tentang perbedaan because of dan due to. Semoga bermanfaat.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •