perbedaan ashamed dan embarrassed

Apakah Anda pernah mendengar kata ashamed dan embarrassed sekaligus? Kedua kata ini hampir mirip artinya dan penerapan yang sedikit berbeda pastinya. Ashamed dan embarrassed sepertinya mempunyai arti yang sama yaitu malu bila diterjemahkan secara langsung. Apakah kedua kata tersebut sinonim? Ashamed vs embarrased sebenarnya bisa dikulik lebih dalam bila Anda menerjemahkan secara detail kedua kata tersebut.

Ashamed vs Embarrased

Makna Ashamed dan Embarrased

Ashamed dan embarrassed sebenarnya memiliki arti malu. Tetapi, ada sedikit perbedaan yang mendasar dari artinya sehingga berpengaruh terhadap cara penerapannya dalam suatu kalimat bahasa Inggris. Ashamed memiliki arti malu atas tindakan atau perbuatan buruk yang dilakukan atau menyesal terhadap sesuatu hal yang kurang menyenangkan. Sedangkan, embarrassed adalah malu dikarenakan canggung dan kikuk.

a. Penerapan Ashamed

Ashamed adalah kata berbentuk past dan past participle yaitu verb 3 dari kata ashame. Kata ashame sebagai kata kerja maka artinya menjadi to make ashamed atau membuat malu orang lain atau seseorang. Sedangkah ashamed sebagai adjective atau kata sifat memiliki arti kata malu dan merasa bersalah. Jadi, misal Anda melakukan tindakan buruk dan kurang menyenangkan, Anda bisa mengekspresikan dengan kata ashamed.

Contoh Kalimat Ashamed

Ada beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang bisa menjelaskan tentang kata ashamed untuk menunjukkan perasaan bersalah terhadap tindakan dan kegiatan yang kurang baik dan menyenangkan yang dilakukan.

  • He should be ashamed of what he did yesterday to me

Kalimat ini memiliki arti bahwa Dia seharusnya malu dengan apa yang dia lakukan kemarin padaku.

  • I was really ashamed of throwing rubbish on her head.

Kalimat ini memiliki arti bahwa Saya malu karena membuang sampah di kepalanya.

  • I am ashamed of myself because I don’t do my homework

Kalimat ini mempunyai arti bahwa Saya malu dengan diriku sendiri karena tak mengerjakan pekerjaan rumah.

Selain beberapa contoh diatas, ashamed juga memiliki arti merasa inferior ataupun rendah diri dibandingkan orang lain.

  • I heard that she didn’t come to Steven’s birthday party because she was ashamed of his job being a restaurant waitress.

Kalimat ini berarti bahwa Dia itu malu datang ke pesta ulang tahun Steven karena malu dengan pekerjaannya sebagai pelayan restoran.

Ashamed juga bisa digunakan untuk menyatakan malu karena takut diejek atau dilecehkan orang lain.

  • Erwin never tells Daya that she is the only one woman he loves because he feel ashamed of being rejected.

Kalimat ini berarti bahwa Erwin tak pernah bilang pada Daya bahwa dia adalah satu – satunya wanita yang dicintai karena dia malu ditolak.

b. Penerapan Embarrassed

Embarrassed memiliki arti memiliki perasaan malu dan tak nyaman. Ini bisa diartikan bahwa perasaan malu itu muncul dikarenakan kurang nyaman. Biasanya hal ini terjadi dalam interaksi dan situasi sosial. Sebagai contoh, ketika seorang murid pemalu disuruh bicara di depan kelas, maka dia akan merasa canggung dan malu di depan umum. Maka untuk mengekspresikannya, maka Anda memakai kata embarrassed. Inilah perbedaan mendasar antara ashamed vs embarrased. Bila embarrassed direpresentasikan sebagai hubungan sosial seseorang, maka ashamed dijabarkan dengan moralitas seseorang.

Contoh Kalimat Embarrassed

Ada beberapa contoh tentang penggunaan embarrassed dalam kalimat bahasa Inggris.

  • I felt embarrassed when Mrs. Jenny asked me to give a speech in front of the class. It was so nervous.

Kalimat ini berarti bahwa Saya merasa sangat malu ketika Ibu Jenny menyuruhku untuk berpidato di depan kelas. Sangat grogi sekali.

  • Can you imagine how embarrassed I was when I got slippery in the public center? It was so awful experience ever.

Kalimat ini memiliki arti Apakah kamu membayangkan betapa malunya aku terpeleset di depan pusat kerumunan?

Bagaimana, apakah kamu sudah benar dalam menggunakan kata ashamed dan embarrassed? Jangan sampai salah menggunakannya lagi ya karena akan menimbulkan makna yang benar-benar berbeda. Kamu harus lebih teliti dan rajin latihan agar tidak terjadi lagi kekeliruan dilain waktu. Semoga bermanfaat LC’ers !!!

Baca juga: Cara Menghafal Vocab Dengan Mudah