Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris

Kamu pasti udah sering banget mendengar “9 am”, “three pm” dan semacamnya. Nah, AM dan PM memang salah satu cara menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris, tapi apa ya perbedaan AM dan PM? Kapan waktu yang tepat buat menggunakannya? Ini penjelasan lengkapnya dari Kampung Inggris buat kamu, LCers!

Asal Mula AM dan PM

AM dan PM adalah model penyebutan waktu yang digunakan dalam sistem 12 jam. Atau bisa juga disebut model ½ hari.

Pada awalnya, baik Amerika mau pun Inggris menggunakan sistem 24 jam saat menyebutkan waktu. Sama seperti durasi waktu bumi mengelilingi matahari dalam satu hari.

Sistem 12 jam pertamakali digunakan oleh bangsa Mesopotamia dan Mesir Kuno. Dilanjutkan dengan era Romawi, yang membagi waktu siang dan malam menjadi masing-masing 12 jam.

Metode pembagian ½ hari Romawi ini akhirnya sampai ke Inggris, diadaptasi oleh Kerajaan Inggris di masa lalu, dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia hingga sekarang.

Perbedaan AM dan PM dan Contoh Kalimat

Tadi sudah dijelaskan bukan mengenai pembagian 24 jam sehari menjadi masing-masing 12 jam? Nah, atas dasar itulah istilah ante meridiem (AM) dan post meridiem (PM) diciptakan. Lalu bagaimana perbedaan AM dan PM lebih lengkapnya?

Ante Meridiem (AM/am)

AM adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jam 00.00 malam sampai 11.59 siang.

Dengan kata lain,  AM bisa digunakan pada dini hari, pagi, dan siang hari sebelum jam 12. Supaya lebih paham kamu bisa membaca contoh-contoh penggunaan AM di bawah ini.

Example:

  • I need to watch Manchester United versus Liverpool match at three AM
  • They said the first morning-train will come at 06.50 am
  • I’ll call you at 11.00 am this morning
  • I was always got up at four AM, but now I never wake up less than seven in the morning, what’s wrong with me?
  • Sir, the meeting will be held at 9.00 am this morning, please come in punctual

Post Meridiem (PM/pm)

Kebalikan dari AM, PM adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jam 12.00 siang sampai 23.59 malam.

Rekomendasi :  Pahami Word Formation Belajar Bahasa Inggris Lebih Dalam

Dengan kata lain, PM bisa digunakan untuk siang hari setelah jam 12, sore hari, petang, sampai malam hari sebelum jam 00.00 tepat.

Example:

  • Charlotte’s birthday party starts at 07.30 PM
  • She doesn’t know that the TV series will be on-air at nine pm
  • I binge-watched Terror in Resonance until 10.15 pm
  • We will get there at one and a quarter PM
  • The football match will be started at three PM

Menggunakan AM dan PM dalam Percakapan

Kalau kamu belum paham perbedaan AM dan PM seperti yang dijelaskan di atas, kamu bisa kok melihat video TEATU dari Kampung Inggris LC di bawah ini:

Arti AM Dan PM Dalam Bahasa Inggris - Kampung Inggris LC

Supaya kamu lebih paham cara menggunakan AM dan PM dalam keseharian, di bawah ini mimin sertakan contoh percakapan singkat menggunakan AM dan PM.

SPEAKERSDIALOGUE
ZaynWhat time is it? We’re gonna miss the train!
LouisCalm down, boy. It’s still 9 am, the train will be leaving at a quarter to ten
ZaynReally?  I think it’ll be leaving at 9.15 am
LouisNope, the schedule has just changed some months ago
ZaynI’ve just remembered. But there’s usually a traffic jam this time, isn’t it?
LouisI’m sure we can make it to the station in time, don’t worry
ZaynAnyway, what time will Annie’s restaurant be launched?  We can’t miss that one, right? Annie is your girlfriend
LouisIt’s at 3 pm this day, we can head there right after the radio show finished, you’ll go with me, will you?
ZaynHmm…actually I need to watch my brother’s swimming competition at 3.45 pm, but I think I can come with you first
LouisGood, because I’m scared to meet Annie just all alone. I didn’t call her for days
ZaynWhat you think you’ve done? Annie’s so scary when she’s angry!

Latihan Perbedaan AM dan PM

Nah, supaya kamu makin paham perbedaan AM dan PM, di bawah ini ada sedikit latihan yang bisa kamu kerjakan. Selain latihan AM/PM, kamu juga bisa latihan membaca waktu dengan benar dalam bahasa Inggris, jadi kerjakan baik-baik ya!

1. 23.59...

Correct! Wrong!

2. 09.00...in the morning

Correct! Wrong!

3. 09.00...in the evening

Correct! Wrong!

4. 00.01...

Correct! Wrong!

5. The night train will come at a half past nine...

Correct! Wrong!

Kamu masih belum benar-benar paham ya 🙁
Tapi nggak apa-apa, it's okay, kamu bisa belajar lagi. Coba dilihat lagi materi di atas ya, LCers 😉
Oke, ayo belajar lebih keras lagi! 😉
Ini bukan nilai yang bagus, tapi at least kamu udah berusaha. Coba dibaca-baca lagi ya materi di atas, diperhatikan lagi materi yang belum kamu pahami 🙂
Siap, sedikit lagi!!! 😀
Wah, nilai kamu lumayan nih, berarti udah cukup paham dong. Tapi jangan berhenti di sini ya, terus asah kemampuanmu supaya bisa dapat nilai sempurna. Kamu udah hebat banget kok, tapi yuk sekarang jadi lebih hebat lagi 😀
Kerja bagus!
Bagus banget nilai kamu nih, pinter banget sih xD. Oke, ini membuktikan kamu sudah paham betul materi ini. Jangan lupa share nilaimu yang bagus ini ke teman-teman ya 😀

Share your Results:

Rekomendasi :  10 Idiom Keren dalam Bahasa Inggris

Itulah penjelasan super lengkap tentang perbedaan AM dan PM beserta contoh-contohnya buat kamu! Kalau kamu mau belajar bahasa Inggris dengan lebih seru, datang ke Kampung Inggris Pare sekarang juga! Dijamin kamu nggak akan menyesal, karena Kampung Inggris adalah tempat terbaik belajar bahasa di Indonesia!

vote
Article Rating