penggunaann advice dan advise

Apakah kamu ingin belajar bahasa Inggris? Kalian pastinya merasa takut saat mendengar bahasa Inggris. Sebenarnya tak terlalu sulit untuk belajar bahasa Inggris. Kunci utamanya adalah dengan membiasakan diri untuk mempergunakan kata – kata bahasa Inggris sehari – hari. Ini dikarenakan adanya begitu banyak kosa kata atau vocabulary di dalam bahasa Inggris yang memiliki tulisan dan pengucapan hampir sama tetapi artinya berbeda. Sebagai contoh adalah penggunaan advice dan advise. Bagi kalian yang masih awam dengan bahasa Inggris, pastinya akan kesulitan saat menemukan kosa kata seperti ini. Kamu akan kesulitan untuk memilih kata yang tepat dalam menyusun kalimat. Lalu apakah perbedaan advice dan advise dalam bahasa Inggris?

(Baca juga: Penggunaan Borrow dan Lend Yang Benar dan Baik)

Perbedaan Advice dan Advise

Melihat sekilas dua kata advice dan advise pasti akan membuat kamu kebingungan. Kedua kata ini hanya berbeda satu huruf dan seringkali membuat kamu bingung. Bahkan pelafalannya juga hampir sama dan digunakan untuk konteks kalimat yang hampir sama pula. Manakah kata yang tepat? Semuanya sebenarnya benar asalkan kamu menggunakannya untuk kalimat yang tepat. Banyak yang tak menyadari bahwa kedua kata tersebut berbeda antara advice dan advise sehingga pemakaiannya pun juga berbeda. Tetapi, baik advice dan advise sebenarnya berbeda kelas.

Advice

Advice  /ədˈvaɪs/ adalah salah satu bentuk kata benda. Advice ini dikategorikan dalam Noun (kata benda). Kata ini berarti “opinion about what someone shall do related to a situation or problem”. Dalam bahasa sederhana, advice ini berarti nasihat untuk memecahkan masalah. Advice ini masuk dalam kategori uncountable noun atau kata benda yang tak bisa dihitung. Tentu saja ini berpengaruh terhadap pembentukan frasanya. Tak ada frasa berbentuk an advice ataupun many advices karena ini merupakan uncountable noun. Bila kamu ingin memberikan pengertian plural ataupun seolah – olah berbentuk countable noun, maka kamu bisa menambahkan a piece of, a lot of ataupun two piece of di depan kata advice.

Contoh :

  • She decided to follow my advice

( Dia memutuskan untuk mengikuti saranku )

  • Does your teacher give good advice?

( Apakah gurumu memberikan saran yang baik? )

  • My father gives a piece of advice for my online shop business

( Ayahku memberikan sebuah nasihat untuk usaha toko onlineku )

  • Good advice can change a person to be better one

( Nasihat yang baik bisa mengubah seseorang menjadi lebih baik)

Advise

Sementara itu saudara kembarnya advise merupakan sebuah verb (kata kerja). Advise /ədˈvaɪz/ merupakan kata kerja yang berarti “to give someone advice” dalam bahasa Indonesianya memberikan nasihat kepada seseorang atau memberikan tindakan advice ataupun advising. Tentu saja kedua kata ini berbeda terlebih dalah penggunaan dalam suatu kalimat.

Contoh :

  • I am advising two students for their exam

( Saya sedang menasihati dua murid untuk ujian mereka)

  • My son was advised to visit his grandmother

( Anak laki – lakiku dinasihati untuk mengunjungi neneknya)

  • People often advise depressed people to have fun outside and get sunshine

( Orang – orang sering menyarankan orang yang depresi untuk pergi keluar dan memperoleh sinar matahari )

  • She was advised to burn 10 pounds by jogging

( Dia disarankan untuk menurunkan 10 pon dengan berjalan )

Itulah tadi beberapa perbedaan penggunaan advice dan advise yang bisa kamu pahami. Walaupun pelafalannya hampir sama, tetapi kedua kata tersebut memiliki arti dan fungsi yang berbeda dalam suatu kalimat.